Optimasi Search Engine

Pada bab sebelumnya, saya sudah membicarakan tentang sejumlah cara yang berbeda agar Anda dapat meningkatkan traffic Anda. Namun mungkin metode yang paling penting adalah mendapatkan ranking yang
tinggi di search engine. Yaitu traffic gratis.

Lagi, ada beragam buku dan pakar yang dapat membantu Anda memperbaiki SEO Anda dan mendapatkan tempat paling atas pada sebuah situs. Saya pernah melakukan sejumlah strategi yang dapat membantu Anda memperbaiki ranking Anda. Saya ingin berbagi informasi ini dengan Anda sekarang.

Robot.txt
Hal pertama yang perlu Anda ketahui tentang pengindeksan situs Anda di search engine adalah bahwa Anda mengontrol halaman mana saja yang diindeks dan mana yang tidak. Anda melakukan hal itu dengan sebuah file yang disebut robots.txt. Robot.txt berisi tak lebih dari sebuah catatan tentang robot mana yang mesti mengindeks halaman mana.

Tanpa perlu melangkah terlalu rinci lagi, ada 2 kesepakatan umum yang dipakai dalam file robots.txt: User-agent: [mendefinisikan/menentukan robot mana yang menuju ke situs itu] Disallow: [memberi Anda kontrol untuk menentukan daftar situs atau robot yang Anda inginkan untuk dikecualikan dari pengindeksan] Secara umum, kemungkinan Anda akan menggunakan “User-agent: *” guna memastikan bahwa Anda memberi arahan kepada robot dari setiap search engine dan mungkin Anda ingin memasukkan semua halaman situs Anda (walaupun Anda mungkin ingin mengecualikan direktoridirektori Anda: “Disallow: /cgi.bin/”).

Robot.txt hanya memperbolehkan Anda mengontrol robot mana yang mengindeks halaman mana. Penting memiliki ini di dalam direktori Andanamun ia takkan benar-benar meningkatkan ranking search engine Anda.
Judul, URL dan link jauh lebih penting.

Judul dan URL
Saya sebut kembali pada bab 2 bahwa Metatag sudah tak lagi seperti dulu. Juga saya katakan bahwa yang penting adalah judul dan URL Anda mengandung kata kunci yang paling penting untuk setiap halaman situs
Anda agar tetap mendapat kiriman iklan yang relevan.

Namun judul dan URL tersebut bukan hanya mempengaruhi iklan yang Anda terima; keduanya juga mempengaruhi ranking Anda di search engine.

Sebuah halaman tentang toy cars yang diberi nama cars.html bisa mendapat ranking yang rendah tatkala seseorang mencari informasi tentang cars. Ubahlah namanya dengan toy_cars.html dan akan mendapat ranking yang lebih tinggi tatkala ada seseorang yang mencari “toy cars”.

Makin relevan URL Anda dan makin mudah dibaca, maka makin baik pula. www.domain.com/page lebih baik daripada http://www.domain.com/page.php?newsid=1234583373. Itulah sebabnya mengapa di situs web saya http://www.familyfirst.com, saya menggunakan URL seperti http://www.familyfirst.com/miss_abigails_time_warp.html dibandingkan serangkaian angka yang akan membuat bingung robot. Salah satu tempat pertama yang hendaknya Anda lihat tatkala Anda ingin memperbaiki ranking Anda adalah judul dan URL Anda.

Link
Makin banyak link yang Anda miliki makin baik. Dan makin bagus situssitus yang memasang link tersebut maka akan lebih bagus juga. Bertukar link dan meminta link adalah satu hal, namun yang paling penting adalah bagaimana agar link-link Anda bisa berada di situs-situs yang tampak bagus dan memiliki ranking yang tinggi. Sesungguhnya, bila link Anda berada di situs yang ranking-nya rendah dapat menyeret ranking
Anda ikut turun pula.

Salah satu tempat terbaik untuk memasang link guna memperbaiki ranking search engine Anda adalah di forum-forum. Ikutlah menuliskan komentar dan sertakan URL Anda beserta tanda-tangan Anda. Spiderspider Google menyukai situs-situs forum dan melakukan review ke tempat-tempat tersebut setiap pekan. Dan karena situs-situs ini cenderung punya ranking yang lumayan tinggi, maka postingan-postingan Anda tadi akan memberikan keajaiban yang luar biasa bagi ranking Anda di search engine.

Anda juga dapat membeli link di situs-situs seperti http://www.adzaar.com, http://www.adbrite.com dan http://www.linkadage.com. Ketiga situs ini memberi Anda kebebasan untuk memilih situs-situs mana saja yang ingin Anda pasangi link Anda.

Pada salah satu situs saya http://www.buyjoeldessert.com, misalnya, saya menyediakan halaman untuk memarkir link bagi orang-orang yang membelikan makanan kesukaan saya. (Saya masih lapar, maka jangan sungkan-sungkan untuk sign up dan bikin dokter gigi saya senang!)
Optimasi Search Engine
Gambar 17.1 Link-link yang dijual di BuyJoelDessert.com
Saya tahu beberapa orang rekan yang juga melakukan hal yang sama seperti saya, yaitu memberi sarana kepada para pengunjung mereka untuk menyatakan “rasa terima kasihnya” dalam bentuk yang bisa dirasakan atas kerja online mereka. Para pemilik situs yang cerdas melihat peluang dalam strategi ini sembari Anda bisa mendapatkan link yang berkualitas dengan ongkos yang agak murah. Berikut adalah
beberapa contoh lainnya:
http://www.buyleoalatte.com
http://www.buybarbaracoffee.com

Sebenarnya Anda bisa memperoleh script “Belikan Aku Minuman” yang digunakan oleh semua situs ini untuk membuat situs “Belikan Aku ---“. Klik di sini: http://jcomm.delavera.hop.clickbank.net/

Buat Gateway / Gerbang
Umumnya, link-link Anda akan langsung mengarah ke home page Anda. Di sanalah Anda melihat situs Anda pada halaman depan / awal dan di sanalah Anda ingin agar pengunjung masuk.

Tapi jika konten yang ingin dilihat oleh user ternyata berada pada salah satu halaman bagian dalam, tak ada alasan bagi mereka untuk meng-klik kesana-kemari guna mencapai tujuan mereka. Isilah halaman tersebut dengan kata kunci yang berkaitan dengan konten pada halaman itu dan halaman itu pun akan memiliki rankingnya sendiri di search engine—dan iklan yang tepat sasaran.

Maka jika Anda punya sebuah situs tentang kucing dan salah satu halaman Anda tentang makanan kucing, maka sangat logis untuk memasukkan banyak kata kunci makanan kucing pada halaman tersebut.

Dengan demikian Anda akan mendapat iklan-iklan tentang makanan kucing dan ranking yang tinggi di search engine tatkala ada orang yang mencari “makanan kucing” dibandingkan orang yang hanya ingin tahu tentang “kucing”.

Automatic Submission
Mendaftarkan situs Anda ke semua search engine dari Google dan Yahoo! terus ke bawah hingga search engine yang kecil-kecil, dan melakukan optimasi setiap halaman situs Anda agar dapat ranking yang tinggi bisa jadi pekerjaan yang sangat menyita waktu dan tenaga. Anda pun harus terus mendaftarkan situs tersebut secara teratur dan senantiasa mencek posisi Anda jika Anda ingin tetap berada di tempat yang tinggi.

Search engine selalu melakukan re-indeks dan re-organisasi / penataan ulang. Sebuah situs yang berada pada urutan paling atas pada suatu pekan bisa turun posisinya cukup jauh sepekan berikutnya. (Berita bagus jika turunnya pelan, tak begitu bagus jika Anda sudah menghabiskan berjam-jam untuk mengubah halaman situs agar naik ke atas.) Itulah sebabnya mengapa banyak webmaster melakukan outsourcing SEO mereka sehingga mereka dapat konsentrasi sepenuhnya pada konten.

Ada banyak perusahaan yang melakukan hal ini. Search Engine Blaster, misalnya, memberi Anda kebebasan untuk memilih dari sekitar 600.000 search engine namun masih ada banyak lagi lainnya.

Secara pribadi, saya pikir itu buang-buang waktu. Hanya Google, Yahoo! dan MSN saja yang penting, secara urut.
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment