PERATURAN DAN ETIKA DALAM BBM MARKETING

Dalam dunia BBM marketing ada beberapa peraturan dan etika yang harus kita patuhi. Jangan sampai kita melakukan kesalahan atau langkah yang fatal. Customer Anda adalah “aset” Anda. Jika Anda salah langkah bukannya customer Anda mau mebeli atau bertambah tapi malah justru membuat customer Anda lari menjauh dari Anda . Berikut ini beberapa peraturan yang harus Anda patuhi dalam koridor BBM Marketing:
Peraturan 1 : Hati-hati dalam Broadcast!.
Usahakan jangan melakukan Broadcast BBM yang berkaitan dengan penawaran produk Anda. Sekarang begini, Apakah Anda pernah punya kontak yang hampir setiap hari membroadcast penawaran produk? Bagaimana persaan Anda? Apakah terganggu? Jengkel? Risih? Apa yang Anda lakukan jika Anda menerima pesan BC penawaran produk?

Pasti kebanyakan rata-rata langsung “End Chat”. Hanya beberapa orang yang membacanya. Kadang orang iklan melalui fasilitas broadcast (BC), sangat menyebalkan bahkan anda sangat beresiko di hapus (delcon) dari daftar kontak karena orang yang di daftar kontak tidak menginginkan info dagangan anda, jadi jangan lakukan metode seperti ini lagi yang ada hanya menambah dosa anda sudah membuat orang lain mengumpat. Kecuali Anda membroadcast info- info yang sekiranya bermanfaat,dan sekiranya memang orang lain perlu tahu info dari isi broadcast tersebut. Disarankan kalau sekedar info-info yang tidak penting dan alay apalagi hoax sebaiknya jangan di broadcast atau di forward.

Jadikan BBM sebagai sarana komunikasi saja tidak perlu broadcast yang membabi-buta yang justru malah menjadikan image Anda kurang baik dimata customer, nanti malah kesannya Anda kurang orderan sehingga melakukan BC terus-terusan. Kecuali Anda sudah punya reseller-reseller resmi Anda di kategori kontak khusus, dimana Anda hanya

memberitahukan kepada reseller atau mitra Anda seputar informasi produk yang sekiranya para reseller anda perlu mengetahuinya, missal cuci gudang dan promo. Namun ingat hanya broadcast kepada reseller-reseller resmi Anda yang sekiranya membutuhkan informasi tersebut. Lebih idealnya Anda membuat semacam Term of Service (TOS) dan pemberitahuan sebelumnya bahwa jika ada kontak BBM yang menawarkan diri menjadi reseller Anda, usahakan Anda tanya dahulu atau kasih konfirmasi terlebih dahulu apakah reseller atau custumer Anda tersebut bersedia menerima BC info tentang produk-profuk Anda. Jika “ya” atau setuju
Anda bisa masukkan kedalam daftar kontak langganan BC.
Ingat “HARAM” hukumnya Anda mem-BC penawaran produk atau yang berkaitan dengan produk TERKECUALI anda sudah melakukan konfrimasi sebelumnya dengan kontak Anda bahwa kontak tersebut bresedia menerima BCBC dari Anda.
 Peraturan 2 : Jangan sembarang Invite PIN,
Terkecuali Anda sudah tahu Pin yang Anda Invite adalah prospek Anda yang sudah tertarget. Misal Anda jualan sandal wanita tapi Anda asal invite sehingga yang bukan target prospek Anda malah di invite juga. Hal tersebut hanya akan memenuhi daftar kontak pin Anda. Intinya percuma kontak PINnya banyak tapi kalau tidak produktif alias tidak banyak menghasilkan penjualan (selling) buat apa. Invite pin siapapun juga itu sah-sah saja asal Anda harus lebih menyeleksi prospek Anda apalagi kalau jualan Anda sudah banyak reseller/customernya.

Disarnkan lebih baik Anda yang di invite dari pada Anda yang Invite karena biasanya jika Anda yang di invite mereka yang butuh kepada banrang Anda. Intinya bersikaf arif lah dalam meng-invite pin. Begitu juga sebaliknya yang menginvite Anda kadang justru menawarkan produk kepada Anda betul? Terus gimana atuh? Ok lanjut saja jangan berhenti bacanya. Setelah Anda baca semua pasti nantinya “ngeuh” juga hee.

 Peraturan 3: Diusahakan jangan membuat status di profil BB Anda yang tidak penting. Misal Anda kesal dengan salah seorang teman Anda, atau customer Anda, nah sebaiknya tidak usah orang lain tahu. Pada intinya jangan membuat status yang galau, apalagi menyudutkan pihak tertentu. Bersikaplah sebagai seller yang professional. Jangan campurkan masalah pribadi ke dalam bisnis Anda. Gunakan status profil Anda hanya untuk kepentingan bisnis Anda saja. Dianjurkan juga jika dana Anda mencukupi usahkan Anda minimal punya 2 HP BB sehingga Anda punya 2 PIN BBM dan pisahkan antara PIN BBM untuk komunikasi pribadi dengan PIN BBM untuk bisnis Anda. Selain itu biar gampang memilah dan memilih mana kontak reseller, mana kontak customer, mana kontak family, mana kontak teman dan lain-lain.

Peraturan 4: Jangan biarkan Anda punya kontak PIN yang “mubadzir” artinya pastikan Anda
menjalin komunikasi dengan mereka dan berteman baiklah dengan mereka, tanya kabar, tanya mereka jualan apa (jika mereka juga jualan produk selain Anda), saling sapa sehingga Anda punya ikatan emosional dengan mereka. Ingat ini PENTING. Dari pada Anda GALAU sepinya orderan tapi kontak BBM

 Anda nyampe ribuan kontak mending Anda coba sapa mereka satu-satu dan bersilaturahmi dengem mereka. Tanya bagaman jualannya? Atau Anda bisa bertanya bagaimaina cara mereka jualan sehingga Anda pun dapat ilmu baru dan pengalaman baru. Yang paling penting adalah tanya kebutuhan mereka apa? Bisanya setiap pebisnis Olshop punya jaringan reseller tersendiri dimana setiap reseller/olshop jualan produknya beda-beda dan customernya pun beda-beda. Karena berbeda-beda itulah PASTINYA mereka akan saling membutuhkan satu sama lain.

Belum ngeuh? Ok Lanjut. PERCAYA sama saya dan PERCAYA sama Tuhan jika Anda menjalin hubungan yang baik orderan Anda pasti meningkat. DIJAMIN. Dengan catatan komunikasi Anda sudah masuk ke dalam teritori hubungan emosional. Kalo hanya sebatas say hello ga akan ngaruh sist/gan... kalo perlu tanya kapan hari lahirnya kemudian catat, atau Anda cari tahu di facebooknya kemudian Anda ucapkan selamat ulang tahun dan doakan mereka tentunya pada hari ulang tahunnya. Jangan sampai karena Anda sudah baca ebook ini dan saking semangtnya Anda buru-buru mengucapkan selamat ulang tahun padal ulang tahunnya 6 bulan lagi hee.. Kalau reseller Anda juga sudah beli ebook Rahasia BBM Marketing pasti dia akan bilang gini.. “pasti kamu baru beli ebook Rahasia BBM Marketing ya..?” wkwkwk... :D

 Intinya adalah jangan ada kontak BBM Anda yang tidak Anda kenal, Anda harus kenal mereka, meraka
jualan apa, asal kota darimana, kalao perlu Anda tahu siapa nama kucing peliharaannya hee lebay...Terorinya adalah jika Anda dan kotak BBM Anda punya hubungan emosional yang kuat dan nyaman berteman dengan Anda walaupun tidak pernah bertemu meraka akan sukarela membeli dan order produk Anda. Kalau mereka punya kebutuhan apalagi yang berkaitan dengan produk Anda mereka tidak akan nyari kesiapa-siapa pasti akan order kepada Anda.DIJAMIN. Memang hal ini perlu proses dan tidak akan beres hanya dengan hitungan hari.

Apalagi yang kontak BBM nya udah ribuan. Ya daripada Anda GALAU ga ada orderan Anda sapa mereka, Anda tanya mereka. Jadilah supplier atau seller yang “nyaman” bagi mereka. Wokeh... ? Just Do it..

Peraturan 5: Gunakan bahasa yang sopan dan ramah, hindari kata-kata yang kurang difahami, dan
ambigu. Karena kita akan berkomunikasi dengan lintas agama dan budaya, setiap daerha dan budaya punya bahasa masing-masing dan anatara setaip dareh dengan satu daerah lainnya biasanya akan ada kata atau istilahnya sama tapi pengertainnya berbeda. apalagi kata-kata alay hee.. tujuannya supaya komunikasi nyaman dan lancar saja.


 Paraturan 6: Hindari membicarakan atau membuat status BBM yang mengundang kontroversi apalagi
“kontroversi hati” heee, misal yang berbau SARA atau politik. Kenapa karena setiap orang punya
pemikiran dan pendapat yang berbeda-beda sehingga persepsinyapun akan berbeda pula.
Jangan sampai Anda berdebat dengan kontak Anda sehingga musuh-musuhan apalagi kontak Anda itu
adalah customer Anda. Hindari juga Anda mengutarakan keluhan Anda di personal Messege misal ada customer Anda yang “Hit and Run” kemudian Anda buat Personal Messge tentang customer Anda yang Hit n Run tersebut. Sebaiknya jangan karena akan membuat customer Anda, “ill feel”.

Peraturan 7: Sebaiknya Anda memisahkan Antara PIN BBM untuk bisnis dan PIN untuk kepentingan
pribadi. Dengan begitu Anda aman mau membuat ststus GALAU juga di PIN BBM khusus untuk pribadi
Anda. Selain itu Anda bisa lebih fokus ke PIN BBM khusus bisnis Anda. Karena PIN BBM pribadi Anda dengan PIN BBM Bisnis Anda terpisah artinya PIN Bisnis Anda akan bisa menampung lebih banyak kontak. Sebenarnya jika Anda penguna Android Anda bisa menginstal beberapa aplikasi BBM dalam 1 HP

Android sehingga Anda punya beberapa pin. Dan sudah saya buktikan sama assisten saya. Enaknya Anda tidak perlu membeli 2 atau 3 hap untuk punya 3 PIN BBM hany dengan 1 HP saja sudah cukup,
namun HP Android Anda harus yang besar kapasitas RAM nya misal 1GB, baru mantap. Kalo Cuma 512MB paling Cuma bisa 2 PIN BBM. Ok nanti saya buat Tutorual khusus untuk cara membuat 1 HP Android bisa untuk beberapa PIN BBM. Ingat hanya bisa diinstal untuk 1 HP.Berikut penampakannya.
PERATURAN DAN ETIKA DALAM BBM  MARKETING
Itu adalah peraturan dan etika yang harus Anda jaga dalam BBM Marketing. Peraturan ini mungkin bisa saja berubah kedepanya tergantung perkembangan infromasi dan zaman tentunya. Cuma intinya bersikaf ariflah dalam berkomunikasi. Intinyakan kita BBMan adalah berkomunikasi betul.
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Saya biasanya yang paling ga suka kalau ada BC..hhddechh..

    ReplyDelete