7 tips untuk memulai bisnis barang impor dari China

7 tips untuk memulai bisnis barang impor dari China

APA YANG PERLU ANDA SIAPKAN?

Untuk menjalankan bisnis import produk dari China, apalagi jika Anda seorang pemula dalam bisnis ini, Anda harus menyiapkan beberapa hal. Persiapan ini sangat dibutuhkan agar bisnis yang Anda jalankan bisa lebih mudah dikelola dan dikendalikan. Dengan persiapan yang matang, resiko import yang gagal akan bias diminimalisir dan memperbesar peluang barangbarang sampai di Indonesia sesuai jadual sehingga semakin cepat bias dijual dan mendatangkan profit.

Berikut adalah 7 tips untuk memulai bisnis barang impor dari China:

I. Rencana bisnis
Rencana bisnis sering digunakan sebagai suatu rencana usaha yang menekankan pada pengkajian terhadap layak atau tidaknya suatu usaha atau proyek yang akan dilaksanakan baik yang bersifat usaha baru, pengembangan maupun rehabilitasi usaha.

Usaha merupakan daur kegiatan yang menggunakan permodalan untuk membeli barang atau jasa, kemudian merubahnya kembali menjadi uang tunai yang merupakan modal usaha. Berdasarkan pengertian tersebut, maka badan usaha dalam melaksanakan kegiatan usahanya harus menggunakan atau setidak-tidaknya mengikuti prinsip-prinsip ekonomi serta praktek-praktek dunia usaha pada umumnya.

Sekerjasama dengan uraian tersebut diatas, maka dapat dikemukakan bahwa tujuan perusahaan akan dapat dicapai apabila sasaran kegiatan usaha dapat dirumuskan secara operasional. Rencana usaha yang baik harus jelas dan ditetapkan terlebih dahulu sebelum kegiatan usaha itu dilaksanakan secara operational. Seperti telah diuraikan dalam pembahasan sebelumnya bahwa rencana bisnis adalah perencanaan kegiatan
usaha atau proyek yang menekankan kepada penelaahan atau pengkajian terhadap layak atau tidaknya suatu usaha yang akan dilaksanakan.

Penyusunan rencana bisnis sangat penting dan diperlukan, agar Anda dapat mempersiapkan usahanya dengan matang dan untuk mengetahui apakah rencananya bisnisnya layak atau tidak untuk dilaksanakan. Dengan perencanaan bisnis akan dapat dihindari kerugian-kerugian, baik yang bersifat operational maupun strategis organisasional. Pada sisi lain rencana bisnis juga sangat dibutuhkan dalam upaya untuk menguji kesiapan Anda sebelum rencana bisnis tersebut dilaksanakan.

II. Hubungi Pihak Asing dan Konsulat / Kedutaan
Hubungi konsulat atau kedutaan di negara yang Anda ingin melakukan bisnis dengan. Pada saat yang sama, hubungi konsulat negara itu di negara Anda sendiri. Kedua konsulat ingin melihat peningkatan perdagangan antara kedua negara dan dapat memberikan informasi tentang pembatasan, peluang, praktik umum, dan bahkan informasi kontak bisnis dan organisasi.

III. Tentukan Persyaratan untuk Produk Tertentu Anda
Dengan semua informasi yang Anda temukan, Anda perlu hati-hati dalam persyaratan lisensi untuk produk yang ingin Anda impor atau ekspor. Anda bisa mendapatkan produk Anda melalui bea cukai agar barang yang Anda beli tidak dianggap barang ilegal.

IV. Memahami International Shipping
Untuk menjalankan bisnis impor barang dari luar negeri, Anda harus memahami international shipping. Anda harus akrab dengan pelayaran internasional dan standar pembayaran sehingga Anda bisa dengan mudah untuk menjalankan bisnis ini.

V. Menyiapkan Letter of Credit
Pastikan Anda selalu bekerjasama baik dengan lembaga keuangan Anda dan mereka siap untuk bekerja dengan Anda dalam usaha perdagangan internasional. Salah satu bentuk yang paling umum dari pembayaran internasional adalah letter of credit, jadi pastikan Anda mendapatkannya dari bank sebelum memulai bisnis ini.

VI. Pillihlah Freight Forwarder
Jika Anda baru memulai, Anda mungkin ingin menggunakan layanan freight forwarding untuk mengatur pengiriman luar negeri Anda. Dengan demikian, Anda akan memilih jaringan pengriman yang berpengalaman dan berkualitas untuk mendapatkan tarif pengiriman yang paling menguntungkan bagi Anda.

VII.Memilih Broker Bea Cukai
Untuk memulai bisnis impor barang dari China, Anda bisa memilih broker bea cukai. Mereka akan melakukan penyiapan dokumen dan membuat semua pengaturan dan juga memudahkan Anda untuk berkonsentrasi pada bisnis Anda secara keseluruhan.


Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment