Apa Itu Hosting Dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

 Hosting

Hosting jika dibaratkan pada sebuah toko atau tempat usaha, maka hosting adalah tanah dari bangunan toko atau tempat usaha tersebut. Hostinglah yang akan menjadi tempat penyimpanan file-file yang ada di website toko online anda. Jika tidak ada hosting, maka tidak akan tercipta sebuah website. Ada beberapa tipe hosting yang banyak digunakan oleh pemilik toko online, di antaranya, hosting gratis, hosting murah dan hosting berkualitas. Pada artikel ini saya hanya menganjurkan teman-teman untuk menggunakan hosting berkualitas saja.

Mengapa?, ya, hosting sangat berpengaruh terhadap penjualan bisnis kita. Semakin baik hosting yang digunakan maka loading website pun akan semakin cepat dan permasalahanpermasalahan yang biasa terjadi pada hosting (seperti website sering down, fasilitas yang disediakan tidak lengkap, dan lainnya) tidak akan terjadi. Hosting yang berkualitas tentunya hanya dimiliki oleh perusahaan hosting yang berkualitas pula.

Bagaimana cara memilih perusahaan hosting yang berkualitas?. Berikut adalah penjelasannya…
 Perhatikan umur dari perusahaan hosting tersebut, semakin lama mereka telah berdiri semakin baik pula pengalaman perusahaan tersebut.
 Perusahaan hosting tersebut harus bonafit!, bisa dilihat dari kantor mereka, tanyakan dimana alamat kantor perusahaan hosting tersebut.
 Perhatikan free service yang mereka sediakan (jika ada). Contoh untuk free service misalnya adalah free migration, free softaculous (software untuk install wordpress, dan script lainnya secara otomatis) dan fasilitas lainnya.
 Support yang diberikan oleh perusahaan oleh perusahaan hosting tersebut harus sangat baik, anda bisa menanyakan bagaimana support yang akan mereka berikan kepada para member mereka. Hal ini sangat penting apabila terjadi sesuatu hal yang mengganggu pada host anda.
 Perhatikan dimana server hosting mereka berada dan bagaimana kecepatan server hosting mereka. Anda bisa menanyakan hal tersebut pada customer support perusahaan hosting tersebut.
 Lihat dan tanyakan aplikasi atau fitur apa saja yang anda dapatkan pada hosting tersebut, contoh aplikasi yang sangat penting adalah PHP, MySQL, Perl, Webmail , cpanel dan lainnya.
 Tanyakan bagaimana sistem keamanan di hosting mereka, keamanan bisa dilihat dari segi virus dan tentunya hacker. Perhatikan dan tanya kepada perusahaan hosting yang anda inginkan apakah mereka memiliki server sendiri atau hanya reseller dari perusahaan hosting lainnya?
 Perlu diperhatikan bahwa harga dan kapasitas hosting yang diberikan haruslah sesuai, jangan terpancing dengan harga murah dan iming-iming hosting unlimited space dan brandwith karena hal tersebut sangat tidak mungkin!
 Selanjutnya anda bisa membaca review yang diberikan oleh orang-orang yang telah pernah menggunakan hosting mereka. Untuk mengetahui hal ini anda bisa langsung googling, ketik di google dengan kata kunci "review hosting (nama perusahaan hosting)" .

Cara Memilih Spec Hosting Yang Cocok Untuk Keperluan Kita
Setelah kita melihat bagaimana cara memilih perusahaan hosting yang baik, maka kita lanjut ke bagaimana cara memilih spec hosting yang cocok untuk keperluan kita. Hal ini sangat pentinguntuk kualitas dan kecepatan website kita nantinya.Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan,
 @Memiliki brandwith yang cukup tinggi, kecepatan tranfer data yang baik. Perhatikan jumlah ram yang diberikan, tanyakan prosessor yang digunakan (contoh prosessor 3,3GHz)
 @Lihat space yang diberikan. Semakin tinggi yang diberikan maka tentunya semakin baik.
@Cara lainnya untuk spek hosting ini adalah konsultasi langsung dengan customer support perusahaan hosting yang anda pilih 

Perlu anda ketahui bahwa biasanya hosting dengan fasilitas / spek yang sangat baik tentunya
harganya tidak murah (harga bisa dikatakan sebanding dengan kualitas yang diberikan). Salah
satu perusahaan hosting yang saya rekomendasikan adalah Hostgator.
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment