Apa Saja yang Bisa Anda Jual Menggunakan Affiliate Marketing


Bisnis Affiliate Marketing adalah bisnis dimana kita membantu menjualkan produk orang lain (bisa produk milik perorangan atau bisa juga perusahaan). Jika terjadi penjualan, maka kita akan mendapatkan komisi. Komisi itulah yang menjadi penghasilan kita.

Adapun besarnya komisi adalah tergantung dengan kesepakatan di awal (biasanya ditentukan oleh pihak pemilik produk). Ada yang memberikan komisi sebesar 10%, 20%, 50%, 75% bahkan 90%. Produk yang dipasarkan dengan program affiliate ini bermacam-macam jenisnya. Berikut adalah beberapa jenis produk yang bisa dipasarkan oleh para affiliate marketer:

1# Produk Fisik
Produk ini merupakan yang paling banyak dicari oleh pengguna internet. Lihat saja Amazon ataupun Lazada. Anda bisa join atau daftar ke network affiliate tersebut. Dan Anda bisa membantu menjualkan produk fisik di sana. Berbagai macam produk bisa Anda temukan disana seperti produk elektronik, peralatan dapur, assesories olah raga dan masih banyak lagi. Anda sebagai affiliate marketer sebaiknya memilih produk yang berkualitas dari brand ternama untuk dipasarkan agar meminimalisir keluhan konsumen.

2# Produk Digital
Produk digital adalah produk yang seringkali berupa informasi dimana tujuannya untuk mengupdate kapasitas atau kemampuan diri. Contohnya ebook, video tutorial, audio motivasi, dan sebagainya. Produk digital juga bisa berupa tools untuk memudahkan pekerjaan di komputer dan kegiatan di internet misalnya berupa software, theme, plugin, apikasi, extension, dan banyak lagi.

Produk digital tidak seperti produk fisik dimana kita bisa lihat dan sentuh jadi pasarnya biasanya bukan untuk orang awam tapi lebih kepada orang-orang menengah ke atas yang terbuka dengan perkembangan teknologi dan internet.

Meskipun pasarnya cukup sempit, tapi salah satu kelebihannya untuk seorang affiliate marketer produk digital adalah komisi penjualannya sangat besar. Biasanya antara 50% sd 90%. Berbeda dengan produk fisik dimana kita bisa mendapatkan keuntungan hanya sekitar 10% sd 30% saja.

3# Produk Jasa
Meskipun jarang, ada juga produk jasa yang dipasarkan dengan sistem affiliate (afiliasi). Contoh penjualan domain dan hosting, perusahaan pembuatan logo, jasa pembuatan website, jasa penulisan artikel, jasa desain, dan sebagainya.

Komisi untuk penjualan produk jasa ini biasanya tidak terlalu besar, tapi jika Anda memiliki list orang-orang yang sesuai dengan produk jasa tersebut maka tidak ada salahnya untuk berpromosi.
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment