Beberapa Hal Yang Harus Anda Persiapkan Untuk Bisnis Online Anda

Beberapa hal yang akan saya jabarkan ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi saya dalam menjalankan bisnis dan mempromosikannya melalui internet. Berikut adalah beberapa hal yang harus kita persiapkan untuk bisnis kita (bisnis skala perorangan, skala kecil dan home industri).

- Nomor Khusus Untuk Kontak
Anda harus menyiapkan nomor khusus untuk bisnis anda tersebut. Jangan menggunakan nomor yang sama dengan nomor pribadi anda. Mengapa?, karena dengan menggunakan nomor khusus anda bisa membangun contact list tersendiri untuk bisnis anda tersebut.

Pengalaman saya, gunakanlah 2 nomor untuk 1 bisnis anda, misalnya 1 nomor adalah untuk cellular atau mobile dan 1 lagi adalah nomor lokal. Saran saya pilihlah nomor yang cukup bagus (tidak asal-asalan) dan nomor tersebut mudah diingat oleh orang yang datang ke website anda.

Mari kita bandingkan nomor di bawah ini...
a. Cellular : 0821 5555 9999 Vs 0821 6525 7853
b. Lokal : (021) 765 99999 Vs (021) 765 58982

Anda tentunya akan memilih nomor yang bagus dan yang teratur diatas bukan?. Ya, itu karena anda masih normal hehehe. Sekarang saya pikir mungkin akan timbul pertanyaan di pikiran anda, “nomor yang bagus kan mahal?”. Ya memang nomor yang bagus cukup mahal, dan pemikiran seperti itu juga dipikirkan oleh pengunjung yang datang ke website anda. Secara tidak langsung nomor kontak yang digunakan akan menambah atau mengurangi penilaian dari pengunjung yang datang ke website anda terhadap bisnis anda.Berikut contoh yang akan dikatakan oleh pengunjung ketika melihat nomor kontak yang ada di sebuah website…
  • Jika Nomor Kontak Bagus : “Nomor kontaknya saja sudah mahal, produknya pasti bagus dan websitenya terpercaya nih!”.
  • Jika Nomor Kontak Asal : “Nomor kontaknya susah banget, harganya 5000an kayanya nih. Masa jual produk mahal tapi nomor kontaknya 5000an!. Katanya website terpercaya, terpercaya apanya!”.

- Persiapkanlah Handphone Khusus Untuk Nomor Kontak Tersebut
Dengan adanya nomor khusus tentunya anda juga harus mempersiapkan handphone khusus untuk nomor-nomor tersebut. Anda tidak perlu khawatir karena saat ini sangat banyak handphone dengan harga terjangkau. Cukup gunakan handphone yang biasa-biasa saja.Untuk nomor cellular gunakanlah handphone blackberry atau android. Bertujuan agar anda juga dapat menggunakan blackberry messenger untuk bisnis anda tersebut. Saat ini sangat banyak masyarakat yang menggunakan blackberry messenger dan kita harus memanfaatkan hal ini.

Banyak orang yang menggunakan BBM atau blackberry messeger dengan alasan chat tanpa biaya dan dapat dengan mudah mengirimkan gambar atau data lainnya secara cepat.Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan tersendiri kepada kita sebagai pemilik usaha, karena kita dapat menjaring orang-orang yang memang akan membeli. Saya sering menyebut orang-orang tersebut dengan sebutan orang-orang yang tertarget. Ke depannya kita akan sangat mudah menyampaikan promo, produk baru dan lainnya kepada list contact yang ada di BBM tersebut.

Untuk nomor lokal, gunakanlah kartu dan handhone CDMA agar mudah dibawa kemana-mana.

- Buat akun yahoo messenger khusus untuk live / online chat
Alasan menggunakan akun yahoo messenger khusus hampir sama dengan alasan kita menggunakan nomor telepon / handphone khusus yaitu agar terlihat lebih profesional dan secara tidak langsung kita akan membangun list contact khusus untuk bisnis yang kita miliki. Anda bisa membuat akun yahoo messenger deengan nama cs.domainanda@yahoo.com atau cs.domainanda@yahoo.co.id

- Persiapkan email khusus untuk website anda
Anda tentunya pernah melihat akun email dengan format support@domain.com atau info@domain.com dan lainnya. Banyak orang yang sudah mengetahui bagaimana caranya tapi saya yakin ada beberapa orang yang kesulitan untuk melakukan hal tersebut, berikut adalah langkah-langkah mudah untuk membuat custom email.

*Cara di bawah ini adalah hanya untuk usaha perorangan, ukm dan usaha kecil menengah. Anda bisa menggunakan email account yang ada di cpanel (dulu kita masih bisa menggunakan google apps secara free, tapi sekarang sudah tidak bisa lagi). Untuk corporate atau perusahaan, anda bisa menggunakan email hosting atau google apps saja.

Berikut adalah langkah-langkah membuat email khusus yang ada di cpanel…
1. Silahkan masuk ke cpanel website anda, domain.com/cpanel
2. Klik pilihan email accounts yang ada di bagian kiri atas
cpanel
3. Selanjutnya silahkan isi form yang ada sesuai dengan yang anda inginkan dan klik create account
cpanel website
4. Setelah anda mengklik create account anda berarti telah membuat custom email. Sekarang mari kita coba akses email tersebut dengan mengklik pilihan more > access webmail yang ada pada bagian kanan pilihan email anda.
 mengklik create account
5. Anda akan di bawa ke halaman form login untuk email anda, silahkan masukkan email dan juga password anda kemudian klik Log In.
 mengklik create account
6. Langkah selanjutnya adalah untuk mengatur foward option, silahkan klik pilihan fowarding option yang ada di bagian kiri bawah.
 Persiapkan Untuk Bisnis Online Anda
7. Anda saat ini sedang berada di fowarding option, klik tombol add fowarder yang ada di bagian bawah.
 Persiapkan Untuk Bisnis Online Anda
8. Selanjutnya masukkan email yang sering anda gunakan pada kotak yang ada dan klik add fowarder.
 Persiapkan Untuk Bisnis Online Anda
9. Selesai, setiap email yang masuk ke custom email anda tadi akan difoward ke email yang sering anda gunakan (anda juga bisa menambah beberapa email lainnya).
- Sekarang mari kita lanjut tentang cara membalas email yang masuk ke custom email

**Untuk membalas pesan yang masuk ke email custom anda, silahkan masuk ke email custom
anda tadi dengan format url di bawah ini...
https://domainanda.com:2096/login/ (ganti domainanda.com dengan alamat domain anda)
**Klik pilihan roundcube atau "Read Mail Using RoundCube"
**Anda akan melihat email yang masuk, silahkan klil email yang ingin anda balas lalu klik reply yang ada di bagian kiri atas
 Persiapkan Untuk Bisnis Online Anda
**Setelah anda menuliskan kata-kata balasan untuk email tersebut, klik tombol send yang ada pada bagian kanan atas
 Persiapkan Untuk Bisnis Online Anda
**Selesai
- Mempersiapkan hal-hal khusus untuk perencanaan

a. Untuk Pebisnis Yang Baru Memulai Usaha
Banyak para pengusaha kecil menengah atau ukm yang tidak menggunakan atau mempersiapkan perencaan dalam menjalankan bisnis mereka, dan akhirnya mereka pun kebingungan ketika bisnis menjalankan bisnis mereka. Berdasarkan pengalaman saya dan orang-orang yang saya survey, maka berikut adalah beberapa point yang harus kita persiapkan sebagai perencanaan...

1. Persiapkan orang-orang yang akan membantu kita ketika bisnis sudah mulai berkembang. Anda bisa menuliskan beberapa nama orang yang anda kenal (dan mereka butuh pekerjaan) pada list tersebut. Hal ini akan sangat berguna agar anda tidak kebingungan lagi mencari orang yang cocok untuk bekerja dengan anda ketika bisnis sudah mulai maju dan berkembang.
2. Siapkan perhitungan kasar untuk pengeluaran yang akan dilakukan ketika anda menjalankan bisnis anda tersebut. Semisal berapa biaya yang akan dikeluarkan setiap bulannya untuk pembelanjaan (jika ada), berapa biaya untuk karyawan, berapa biaya untuk promosi dan lainnya.
3. Point yang penting selanjutnya adalah persiapkan rencana anda untuk melakukan strategi pengembangan bisnis misal nantinya. Apakah akan menggunakan tehnik reseller, dropship, promo bulanan dan lainnya.
4. Yang ke empat adalah anda harus mempersiapkan buku khusus untuk mencatat transaksi (untung / laba bisnis anda dan anggaran yang dikeluarkan). Setiap transaksi, baik transaksi pemasukan ataupun pengeluaran harus dicatat se-detail mungkin.
5. Selanjutnya persiapkan buku khusus untuk menyimpan data dari klien atau orang-orang yang membeli produk atau jasa anda. Anda bisa mencatat orang-orang yang sudah atau orang-orang yang sudah membeli produk / jasa yang anda jual pada buku tersebut. Ke depannya nanti anda bisa menghubungi mereka apabila ada promo, produk baru dan lainnya.
6. Langkah ke enam adalah, persiapkan orang-orang yang akan anda ajak bekerja sama baik untuk pengembangan bisnis (modal, pemasaran dan lainnya). Hal ini bertujuan agar anda dapat lebih mudah untuk mengembangkan bisnis yang anda jalani nantinya.
7. Hal selanjutnya yang harus anda persiapkan adalah “apa yang harus anda lakukan jika ternyata bisnis anda akan gagal”. Dengan melakukan persiapan untuk hal ini, maka anda sudah sangat siap dan telah memiliki rencana serta jalan keluar, jika bisnis yang anda jalankan menemui kesulitan dan kesulitan tersebut diperkirakan akan membuat bisnis anda “gagal”.

b. Bagi anda yang sudah memiliki bisnis yang sudah berkembang atau bisa dikatakan
cukup maju dan memiliki beberapa karyawan yang membantu anda, saran saya adalah...

1. Lakukan metode khusus untuk mengelola atau memanage karyawan-karyawan tersebut. Jangan ragu untuk menggunakan sistem bonus jika karyawan tersebut bekerja dengan sangat baik. Hal ini akan memancing karyawan lainnya untuk meniru karyawan yang bekerja sangat baik tersebut.Sebaliknya, jangan ragu pula untuk memberhentikan karyawan yang pekerjaannya tidak baik karena karyawan yang tidak baik tersebut akan menularkan hal yang sama kepada karyawan yang lainnya.
2. Untuk perluasan bisnis, jangan ragu untuk mengambil tindakan (tentunya setelah analisa yang jelas). Analisa biasanya dilakukan dengan perhitungan perkiraan keuntungan terendah yang akan didapat dikurang pengeluaran tertinggi yang akan dikeluarkan.
3. Anda juga bisa mengatur sistem yang ada di bisnis atau usaha anda (seperti waktu kerja dan lainnya), apabila dirasa sistem yang digunakan selama ini kurang maksimal, maka cepatlah untuk merubah dan memodifikasi sistem tersebut.
4. Sudahkah anda memiliki pegawai khusus untuk customer support, pegawai khusus untuk keuangan, team leader (leader para karyawan), dan lainnya?. Jika belum maka anda bisa mempersiapkannya dari sekarang.
5. Yang terakhir yang harus anda persiapkan adalah sama seperti pada point 7 di pembahasan untuk pebisnis baru. Yaitu mempersiapkan langkah-langkah dan solusi jika bisnis sedang mengalami masalah yang cukup berat dan bahkan diprediksi akan gagal (bangkrut).
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment