FACEBOOK MARKETING

Bagi rekan-rekan yang belum mengenal apa itu Facebook Marketing atau yang lebih dikenal dengan istilah FB Ads, mari penulis perkenalkan terlebih dahulu dengan tools canggih ini. Secara sederhana, Facebook Ads terdiri dari 2 kata; “facebook” dan “ad” yang artinya “iklan facebook”. Atau dalam pengertian lain; “sarana beriklan yang disediakan oleh pihak facebook”.

Menurut hasil riset, FB merupakan social media terbesar yang paling banyak digunakan oleh penduduk negara-negara di dunia, termasuk Indonesia. Pengguna FB di dunia menurut data ada sekitar hampir 1,2 milyar orang. Sebuah angka yang fantastik bukan?
FACEBOOK MARKETING
 Kemudian, bagaimana dengan pengguna FB di Indonesia? Pengguna FB di Indonesia menurut data dan statistik yang diperoleh adalah sekitar 62 juta pengguna aktif. Hal itu berarti 25% warga Negara Indonesia adalah pengguna FB. Jika dilihat dari sisi bisnis, hal ini merupakan pangsa pasar yang sangat besar dan potensial.
FACEBOOK MARKETING


Berdasarkan data-data riset tersebut, maka FB merupakan media yang sangat efektif dan potensial untuk memasarkan produk/jasa yang rekan-rekan miliki.
Berikut adalah 5 alasan tambahan mengapa sebaiknya harus beriklan dengan FB Ads:
a. Tertarget:
 Bisa memilih target market berdasarkan lokasi
 Bisa memilih target market berdasarkan rentang usia (13-65 tahun)
 Bisa memilih target market berdasarkan jenis kelamin (Pria atau Wanita)
 Bisa memilih target market berdasarkan Minat (Interest)
 Bisa memilih target market berdasarkan Perilaku (Behavior)
 Dll

b. Iklan tayang dalam berbagai versi:
 Desktop; Personal Computer (PC), laptop
 Mobile; HP, Smartphone
 News Feed; Kabar berita facebook
 Right Column; Kolom bagian kanan facebook
 Jaringan iklan facebook lainnya
c. Pilihan jenis iklan yg sering digunakan (bervariasi):
 Jenis iklan postingan (PPE)
 Jenis iklan sukai halaman (PL)
 Jenis iklan klik web (CTW)
 Dll

d. Viral Effect: Efek viral karena like, comment atau share yang dilakukan pengguna Facebook. Sangat bagus untuk menciptakan “efek berantai” dalam rangka branding dan usaha untuk meningkatkan penjualan.
e. Murah: FB menawarkan iklan yang jauh lebih murah rata-rata 5 kali lipat dari media periklanan online lainnya.

Dengan banyak fitur canggih tersebut, rekan-rekan bisa mengeksplor semua ide-ide cerdas dalam mempromosikan produk masing-masing.
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment