MELEDAKKAN OMSET JUALAN DI INSTAGRAM

Saya mau sedikit bercerita tentang pengakuan sahabat saya yang sukses meningkatkan omset melalui instagram. Namanya Kang Aat, beliau ini menjual produk hijab grosiran dan eceran dengan dibantu istrinya tercinta. Sebelumnya Kang Aat dan istri memang sudah berjualan melalui instagram pribadi. Jadi pembelinya pun masih sekitar teman dekat dan keluarga yang kenal saja, belum merambah ke pasar yang lebih luas seperti dari luar daerah.

Suatu hari Kang Aat curhat tentang perkembangan bisnisnya, terutama dalam sisi marketing online. Saya memberikan beberapa saran umum perihal internet marketing, cara membidik market dan cara mengoptimalkan kata kunci produk. Kemudian Kang Aat mengaplikasikannya di instagram. Hasilnya? Luar biasa, dari pendapatan rata-rata 4 jutaan dalam satu bulan, kini sudah bisa menikmati profit rata-rata 9 – 14 juta rupiah dalam satu bulan.

Saya sendiri sangat kaget mendengar pengakuannya. Kemudian saya tanya hal-hal apa saja yang sudah dia lakukan sehingga memberikan dampak yang cukup signifikan. Ternyata formulanya sangat sederhana, jika dalam prinsip komunikasi marketing, cara yang Kang Aat gunakan adalah pendekatan Reciprocity (timbal balik).

Jujur saja, saya menjadi tertarik dengan pengakuan Kang Aat. Karena selama ini saya menggunakan instagram hanya sebatas untuk katalog saja, penggunaannya tidak dioptimalkan untuk meningkatkan sales (penjualan). Akhirnya saya penasaran, dimulailah membuat riset kecil-kecilan. Hasilnya? Dalam waktu dua hari follower instagram saya tembus sampai 1000 follower lebih.

Mau tahu kan caranya? Yuk lanjutkan membacanya, kemudian jangan lupa untuk take action, praktek setelahnya!

Peluang Bisnis di Instagram

1. Jasa Endorse
Siapa kira bahwa dengan membuka jasa endorse produk bisa memberikan penghasilan tambahan untuk Anda. Syaratnya sudah pasti akun instagram Anda harus memiliki banyak follower aktif sehingga para pemilik produk/merk tertarik untuk mengendorse Anda menggunakan produk mereka.

Anda bisa pasang tarif perfoto menggunakan produk klien. Tarifnya beraneka ragam tergantung seberapa banyak follower yang Anda miliki dan seberapa besar minat calon klien. Semakin banyak follower tentu saja Anda bisa memasang tariff lebih besar lagi.

Enaknya lagi, Anda bisa bekerjasama dengan klien yang berada di luar kota. Mereka mengirimkan produk kepada Anda, kemudian Anda upload foto sedang menggunakan produknya dengan menambah caption berupa kesan atau komentar terhadap produk klien. Pembayaran? Mereka bisa melalui transfer bank lokal atau bisa berbentuk pulsa dan lainnya tergantung kesepakatan.

Salah satu contoh akun instagram yang menerima endorse adalah @ayuindriati. Pemilik akun ini adalah seorang fashion blogger yang gemar selife di instagram. Penampilan dirinya yang good looking membuat follower betah dan klien tertarik untuk mengendorse dirinya dengan tarif Rp 100.000 per post.

MELEDAKKAN OMSET JUALAN DI INSTAGRAM
2. Buzzer
Buzzer adalah istilah yang sering digunakan untuk penerima jasa iklan di instagram. Anda bisa menjadi buzzer jika memiliki follower dengan jumlah yang banyak. Buzzer dengan endorsement berbeda dari beberapa hal.
Pertama, jenis akun. Jika endorsement menggunakan akun atas nama pribadi, sedangkan buzzer menggunakan akun publik dengan mengangkat topik tertentu, misalnya humor, berita dan informasi, ataupun inspirasi/motivasi.

Kedua, Jika endorsement memberikan kesan sebagai tester, yaitu orang yang pernah mencoba produk klien yang akan diiklankan. Sedangkan buzzer tidak. Mereka memposting produk klien secara langsung dengan tambahan kata-kata promosi, mengajak followernya untuk follow atau membeli produk klien pengiklan.
Buzzer memang lebih potensial untuk melakukan promosi, karena jumlah follower yang sudah ratusan ribu bahkan jutaan. Salah satu akun buzzer besar adalah @dagelan. Dengan tarif buzz iklan tidak tanggung-tanggung berkisar 2-4 juta per post.

JUALAN DI INSTAGRAM
3. Jualan Produk
Point ketiga ini merupakan topik utama pembahasan kita. Bagaimana membuat dan mengoptimasi akun instagram untuk jualan? Silahkan lanjutkan saja untuk membaca. Saya akan bongkar di ebook ini khusus untuk Anda.

Membuat Akun Instagram untuk Jualan

Sebelum kita mulai, mungkin masih ada diantara Anda yang masih belum mempunyai akun instagram. Maka mari kita awali pembahasan ini dari cara download aplikasi hingga proses pendaftarannya. Bagi Anda yang sudah memiliki akun instagram silahkan untuk melewati bagian ini.

a. Melalui Hp Android Anda, silahkan masuk ke playstore
GOOGLE PLAY
b. Sentuh tombol pencarian, lalu ketikkan pada kolomnya “instagram”
PLAY STORE
JUALAN DI INSTAGRAM
c. Silahkan untuk klik tombol warna hijau “install”
JUALAN DI INSTAGRAM
d. Langsung saja klik accept
MELEDAKKAN OMSET JUALAN DI INSTAGRAM
e. Proses download dan instalasi
DOWNLOAD INSTAGRAM
Sampai disini proses instalasi instagram di smartphone Anda sudah selesai. Sekarang Anda lanjutkan untuk membuat akun instagram untuk jualan.

Pengaturan akun instagram untuk jualan

Ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan sebelum membuat akun instagram. Harap diingat tujuan dari pembuatan akun ini adalah untuk jualan, bukan untuk pribadi. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

 Username
Username adalah identitas yang digunakan untuk login. Ini ibarat alamat rumah, orang-orang bisa menemukan Anda dengan username. Maka sebaiknya, jangan berganti-ganti.

Pilih username menarik yang mewakili jualan Anda. Misalnya Anda akan menjual kerudung instant, maka Anda bisa memilih username kerudunginstantmurah, atau kerudunginstantonline. Usahakan dua kata pertama adalah kata kunci produk Anda.

 Name/Nama
Pilih name instagram yang menjelaskan siapa dan apa yang Anda jual. Gunakan kata-kata yang menarik, jelas dan mudah dipahami. Misalnya Sepatu Pria Online, atau Jual Hijab Cantik. Name ini berbeda dengan username yang point pertama tadi. Name bisa berganti-ganti, tanpa harus merubah username.

Meskipun mungkin Anda sudah memiliki merk produk sendiri, untuk penggunaan di sosial media sebaiknya jangan dulu digunakan sebagai identitas utama. Karena belum tentu orang tahu, maka gunakan kata-kata umum saja agar mudah ditemukan ketika dicari oleh pengguna instagram lainnya.

Untuk lebh jelasnya kita mulai saja bagaimana caranya mendaftarkan akun instagram melalui smartphone Anda.

Sebenarnya ada cara yang lebih mudah yaitu mendaftar melalui facebook. Tapi untuk Anda yang mungkin saja tidak memiliki akun facebook bisa mendaftar menggunakan email. Saya akan jelaskan cara mendaftar menggunakan email saja.

1. Masukkan email Anda
MASUK INSTAGRAM
2. Tulis Nama Toko Online
MELEDAKKAN OMSET JUALAN DI INSTAGRAM
Masih ingat tips memilih nama toko online yang baik? Saya sarankan selipkan kata kunci atau jenis produk yang Anda jual. Kemudian klik “selanjutnya”

3. Pilih Username
MELEDAKKAN OMSET JUALAN DI INSTAGRAM

Username adalah identitas instagram untuk Anda login. Biasanya, instagram akan memberikan beberapa alternatif yang berkaitan dengan nama Anda yang dipilih pada langkah 2 sebelumnya.

4. Verifikasi SMS
MELEDAKKAN OMSET JUALAN DI INSTAGRAM
Masukkan nomor hape Anda yang masih aktif. Ini sebagai verifikasi akun oleh pihak instagram yang akan mengirimkan kode unik melalui sms.

5. Klik Sunting Profil Anda
MELEDAKKAN OMSET JUALAN DI INSTAGRAM
Akun instagram sudah jadi, kini Anda harus melengkapi data yang meliputi situs web, dan bio atau deskripsi

6. Isi Data Lengkap
OMSET JUALAN DI INSTAGRAM
- Jika Anda tidak memiliki website, bisa diisi dengan URL fanpage facebook, atau URL twitter Anda.
- Pada bagian Bio, silahkan diisi keterangan umum mengenai kelebihan toko online Anda disbanding yang lain. Sertakan juga kontak BBM atau SMS agar calon buyer bisa menghubungi Anda.
- Jangan lupa juga untuk menambah foto profil. Anda bisa menggunakan foto salah satu produk ataupun foto lain yang sesuai dengan produk yang akan dijual.

BERSAMBUNG KE BAGIAN 2

Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment