Membangun Blog Dummy

Blog Dummy

a. Pengertian Blog Dummy
Pembuatan blog dummy adalah pembuatan blog-blog untuk network sendiri. Blog dummy dapat menggunakan engine berbayar ataupun yang gratisan (dengan menggunakan web 2.0 properties). Banyak orang yang sudah biasa melakukan seo, mengartikan blog dummy sebagai salah satu senjata ampuh untuk melakukan seo website yang mereka miliki. Hal tersebut bisa dibenarkan karena kekuatan dari blog dummy dapat mendongkrak atau meningkatkan authority dari website yang kita miliki. Namun ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan “oleh orang-orang yang telah biasa melakukan seo”,yang akhirnya mengakibatkan blog dummy mereka dihapus oleh penyedia blog tersebut.

Pada pembahasan tentang blog dummy di tahap pemula ini, kita akan melihat cara lain dalam menggunakan blog dummy untuk menyebarkan bisnis atau website yang kita miliki saja.

b. Fungsi blog dummy yang menjadi target kita
Adapun fungsi dari blog dummy yang menjadi target utama kita adalah...
- Mempercepat penyebaran produk dan jasa yang kita miliki melalui internet
- Membangun network yang berkualitas untuk produk dan jasa yang kita miliki
- Meningkatkan authority untuk website atau online shop yang kita
- mempermudah kita apabila ingin melakukan branding strategy melalui internet
- Dan beberapa fungsi-fungsi lainnya
c. Mencari list blog untuk dijadikan blog dummy
Setelah kita melihat apa itu blog dummy dan apa fungsinya, sekarang mari kita lihat pembahasan selanjutnya, yaitu pencarian list blog dummy. Blog dummy dapat dibuat secara gratis ataupun berbayar. Yang mana yang akan anda pilih?. Saya sendiri memiliki banyak blog dummy baik yang berbayar atau yang gratisan, yang mana yang lebih bagus?. Jika kita berbicara yang mana yang lebih bagus maka kedua pilihan tersebut
sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Saya rasa semua tergantung dari pilihan anda saja nantinya (anda boleh mencoba kedua-duanya dan kemudian memutuskan untuk yang mana yang lebih baik.

Mari kita lihat selengkapnya perbandingan antara kedua blog dengan versi berbeda tersebut.

Blog dengan domain dan hosting berbayar. Untuk blog dengan domain dan hosting berbayar (yang kita beli) berikut adalah kelebihan dan kekurangannya...

Kelebihan Blog Dummy Berbayar,
- Blog dummy yang kita buat akan aman dari penghapusan blog seperti yang biasa dilakukan oleh penyedia blog gratisan.
- Kita terbebas dari aturan-aturan dan hal-hal sulit yang biasa ada di beberapa penyedia blog gratisan. Seperti tidak bisa memasang iklan, tidak bisa menggunakan theme yang sesuai dengan yang kita inginkan dan lainnya
- Dengan membuat review pada domain TLD maka pengunjung anda akan lebih mudah percaya (seperti kata salah satu teman istri saya, ini domainnya dot com jadi saya percaya)

Kekurangan Blog Dummy Berbayar,
- Kita perlu membangun seo blog ini mulai dari awal atau dari 0. Berbeda dengan blog yang menggunakan web 2.0 (gratisan), kebanyakan blog web 2.0 sudah cukup kuat di\ search engine
- Kita harus menyediakan ip address tersendiri untuk blog yang kita buat, maksimal 1 ip address untuk 2 website (lebih bagusnya adalah 1 ip address untuk tiap blog) Blog dengan domain dan hosting gratisan (web 2.0).Mari kita lihat kelebihan dan kekurangan dari blog dummy dengan domain dan hosting gratisan.

Kelebihan Blog Dummy Gratisan,
- Blog yang menggunakan web 2.0 tentunya kita tidak perlu membayar domain dan hosting
- Hosting yang digunakan biasanya sangat bagus sehingga loading blog gratisan sangat cepat
- Blog web 2.0 biasanya sudah memiliki authority yang cukup baik sehingga mudah untuk di seokan
- Tidak perlu menyediakan atau menambah ip address khusus

Kekurangan Blog Dummy Gratisan,
- Blog dapat dihapus kapan saja oleh penyedia blog gratisan tersebut
- Terkadang banyak aturan yang dibebankan kepada pengguna
- Ada beberapa penyedia blog gratisan yang mewajibkan blog penggunanya menggunakan iklan penyedia blog
- Nilai trust pengunjung kurang apabila dibandingkan dengan blog berbayar yang menggunakan domain sendiri

d. Langkah-langkah Mencari Blog Dummy
Setelah kita melihat perbedaan antara kedua blog diatas sekarang mari kita lanjut ke topik atau pembahasan utama dari pembahasan ini, yaitu bagaimana cara mencari list blog dummy.

Blog dummy dengan domain dan hosting berbayar Apabila anda ingin menggunakan blog dummy dengan domain dan hosting berbayar, berikut adalah langkah-langkahnya...
- Gunakanlah domain yang sudah berumur agar pembangunan seo untuk domain terebut tidak terlalu sulit dan tidak terlalu lama
- Untuk mencari domain yang sudah berumur salah satunya anda bisa menggunakan salah satu tools di bawah ini (karena saya belum terlalu ahli dalam bidang domain seperti domainers lainnya, maka berikut adalah langkah-langkahnya).
* Kunjungi expireddomains.net/register-deleted-domains/
* Selanjutnya silahkan register terlebih dahulu di expireddomains.net/register/
* Jika sudah silahkan login dan cari domain yang anda inginkan dengan mengatur tahun create domain, caranya...
** Gunakan advance search atau filter yang ada
** Lihat pilihan min ABY dan pilih sesuai tahun yang anda inginkan
** Anda juga bisa memasukkan keyword yang anda inginkan pada kotak pencarian
* Jika ada domain yang anda sukai dan masih available atau free, silahkan langsung menuju ke tempat membeli domain seperti godaddy, name atau yang lainnya kemudian cek domain tersebut.
* Jika benar masih available, anda bisa langsung membeli domain tersebut
- Setelah kita mendapatkan domain maka langkah selanjutnya adalah membeli hosting untuk domain-domain tersebut, jika anda telah membeli hosting, maka tanyakan kepada support hosting tersebut bagaimana caranya jika anda ingin ip yang berbeda-beda untuk tiap domain yang ada. Harga ip address biasanya berkisar diantara $1 - $2 untuk 1 ip per bulannya
- Jika semua sudah siap, anda bisa membeli hosting untuk domain - domain yang baru saja anda beli dan menginstal wp agar domain - domain tersebut siap untuk digunakan.

Blog dummy gratisan (dengan menggunakan web 2.0)
Untuk mencari list web 2.0 anda bisa menggunakan tehnik-tehnik pencarian yang pernah kita bahas sebelumnya. Silahkan buka Google.co.id dan ketik kata-kata dibawah ini (tanpa tanda petik) pada kotak pencarian Google "Create your free Blog", "free blogging platforms", "free blog"

*Anda juga bisa memodifikasi tehnik pencarian di atas untuk mendapatkan hasil lainnya

e. Yang Harus Anda Lakukan Setelah Menemukan List Blog Dummy

Jika kita telah menemukan blog dummy baik yang berbayar atau gratisaan, berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan selanjutnya.

- Gunakanlah nama domain yang baik untuk blog dummy anda, saya sangat sarankan untuk jangan menempatkan keyword yang anda targetkan sebagai nama blog, tapi buatlah nama yang general dan mudah diingat.
- Bagi anda yang menggunakan blog dan hosting berbayar, silahkan instal wordpress untuk blog tersebut kemudian atur pengaturan selanjutnya (seperti plugin yang akan digunakan, lainnya). Untuk plugin pada blog dummy ini, kita hanyaakan menggunakan plugin yang diperlukan saja. Seperti google sitemap xml, all in one seo pack / platinum seo pack dan lainnya.
- Gunakanlah title atau judul blog yang general, usahakan jangan menempatkan keyword yang anda targetkan pada judul atau title blog tersebut. Hal ini bertujuan agar anda dapat menggunakan blog tersebut untuk yang lainnya (misal apabila anda memiliki usaha yang baru dan ingin anda promosikan).
- Saya biasanya menggunakan judul-judul yang umum untuk blog dummy yang saya miliki, contohnya tulisan ku, hanya blog biasa, informasi-informasi menarik dan lainnya.
- Pada bagian deskripsi blog, isilah dengan kata-kata yang anda inginkan dan tetap tidak menempatkan keyword yang akan kita targetkan.
- Gunakan theme yang ringan dan cukup menarik untuk blog yang kita miliki agar blog terlihat lebih bagus. Untuk blog berbayar (menggunakan wordpress) anda bisa menginstall theme yang anda inginkan. Untuk blog gratisan seperti blogger, anda jugambisa mencari template dan kemudian menginstalnya. Begitu juga dengan blog gratisan lainnya yang memiliki fasilitas install template.Jika blog gratisan tidak menyediakan fasilitas install template atau pengaturan terlalu sulit, maka cukup gunakan theme atau template yang ada saja.
- Setelah semua settingan selesai, dan blog dummy sudah terlihat bagus serta siap untuk digunakan, anda bisa memasang fanspage dan juga twitter website utama anda pada sidebar blog dummy tersebut
- Langkah selanjutnya adalah, anda dapat membuat halaman about, kontak, dislaimer dan lainnya untuk blog dummy tersebut. Hal ini bertujuan agar blog dummy kita terlihat seperti blog atau web yang sebenarnya
- Jika anda telah selesai melakukan hal-hal di atas, anda bisa mensubmit situs blog dummy anda pada situs social bookmarking dan jika anda memiliki modal yang lebih, anda bisa melakukan blog / web review untuk blog dummy yang anda miliki.
- Tunggulah 3 – 7 hari, setelah itu buatlah artikel yang berkaitan dengan produk atau bisnis anda. Pasang link website anda pada akhir artikel tersebut (dengan alamat website anda sebagai anchornya). Kemudian submit artikel tersebut ke situs social bookmark.
- Selalulah update blog dummy anda secara teratur, misal setiap 3 hari. Bertujuan agar
kualitas blog dummy yang anda miliki menjadi lebih baik.
- Anda juga dapat melakukan tukar link dengan para blogger (pemilik blog) lainnya

f. Beberapa Hal Yang Harus Diingat
- Bagi anda yang menggunakan domain atau hosting berbayar, jangan lupa untuk menggunakan ip address yang berbeda-beda untuk blog dummy yang anda miliki (maksimal 1 ip untuk 2 blog).
- Sekali lagi saya tekankan disini, jangan menggunakan atau menempatkan keyword yang kita targetkan pada judul / title dan deskripsi blog dummy tersebut.
- Jangan memasang link website anda pada blogroll, sidebar, footer atau lainnya yang bersifat sitewide (link tampil di semua halaman) pada blog-blog dummy tersebut.
- Jangan memasang link blog dummy lainnya pada blogroll, sidebar, footer atau lainnya pada blog-blog dummy tersebut.
- Pada halaman about, jangan menggunakan kata-kata yang sama untuk tiap blog dummy yang anda miliki. Anda cukup membuat penjelasan general tentang blog dummy tersebut.
- Pada halaman kontak, jangan pasang data kontak anda seperti nomor telpon, email link website utama anda dan lainnya yang berhubungan dengan data kontak anda. Anda cukup menggunakan kotak komentar yang ada saja.
- Jangan lupa untuk selalu mengupdate blog dummy anda
- Bagi anda yang menggunakan blog gratisan sebagai dummy, jangan heran atau kaget apabila tiba-tiba blog anda dihapus oleh penyedia blog gratisan tersebut hehe.

E. Memasang Iklan Pada Situs Pay Per Click (Tingkat Pemula)
Cara lainnya yang bisa kita lakukan untuk mempromosikan bisnis atau website kita di internet adalah dengan memasang iklan di situs ppc atau pay per click. Beberapa situs pay per click yang bisa kita gunakan adalah…
- International -> Google Adwords
- Local - > Klik Saya dan PPC Indo

Harga per klik iklan pada situs-situs di pay per click biasanya berbeda-beda, tergantung dari target yang anda inginkan. Anda dapat mengunjungi website-website tersebut untuk melakukan pemasangan iklan. Jika anda merasa kesulitan, maka anda dapat menggunakan jasa pemasangan iklan terlebih dahulu. Khusus untuk pemasangan iklan di Google Adwords, team halamansatu.com siap membantu anda.
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment