MEMILIH VENDOR YANG BAIK DIBISNIS IMPOR BARANG CHINA

MEMILIH VENDOR YANG BAIK DIBISNIS IMPOR BARANG CHINA

Untuk menjalankan bisnis impor barang dari China, Anda bisa memilih salah satu vendor yang benar-benar bisa dipercaya. Namun, jika Anda belum pernah menjalankan bisnis ini, Anda harus bisa memilih vendor yang tepat agar tidak terjadi kendala saat Anda benar-benar menjalankan bisnis import produk China.

Dalam dunia bisnis agar proses produksi dapat berjalan dengan cepat, banyak pelaku bisnis yang kemudian menjalin kerja sama dengan vendor atau supplier. Keberadaan supplier ini secara tidak langsung juga mempengaruhi usaha Anda, yaitu dalam kualitas produk dan keberlangsungan. Oleh karena itu agar proses produksi dalam usaha Anda senantiasa supplier atau pemasok untuk mendapatkan bahan baku usaha yang mereka butuhkan lancar, maka perlu kecermatan dalam memilih supplier. Sebelum Anda menghubungi vendor dan memulai bisnis import barang dari China, perhatikan beberapa hal dibawah ini:

Kualitas
Kualitas adalah syarat yang mutlak saat Anda memilih supplier, Anda harus mengetahui kualitas dari produk mereka. Jika kualitas bahan dari mereka buruk, maka hal tersebut juga akan berimbas pada kualitas produk yang Anda hasilkan. Sebaiknya cermati terlebih dahulu sebelum memilih. Meskipun ada yang menawarkan biaya yang terjangkau namun apabila kualitasnya tidak bagus, otomatis hal tersebut akan membuat
kualitas produk Anda menjadi jelek juga. Lebih baik mengeluarkan biaya yang sedikit lebih tinggi namun kualitasnnya terjamin.

Kuantitas
Setelah memastikan kualitas produk dari supplier yang dipilih, Anda juga perlu memastikan kesanggupan mereka memasok atua mengirim produk sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan. Pada prakteknya sering supplier merasa dapat menampung kapasitas produksi sesuai dengan permintaan, padahal mereka memiliki kemampuan yang terbatas untuk mengirim produk tersebut. Ada banyak supplier dengan kemampuan produksi yang berbeda-beda, pilihlah supplier yang mampu menjamin ketepatan waktu dan mengirimkan jumlah barang sesuai dengan yang pemesanan.

Kontinuitas
Persoalan yang paling sering muncul adalah ketika supplier sewaktuwaktu mengalami kendala sehingga mereka tidak dapat mengirimkan bahan baku yang Anda butuhkan. Proses produksi dalam sebuah bisnis pasti memiliki deadline kerja, oleh karena itu Anda harus memastikan tidak ada hal yang mengganggu kelancaran produksi usaha tersebut.. Hal ini pun kemudian berimbas bisnis Anda menjadi tidak dapat berjalan.

Tanggung jawab supplier dalam bentuk kompensasi pun tidak dapat menggantikan  kerugian bisnis Anda yang kehilangan pangsa pasar. Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus dapat memprediksi sejak awal kemampuan supplier tersebut dalam menyediakan bahan secara kontinyu. Sehingga Anda perlu memperhitungkan faktor-faktor yang memungkinkan menjadi kendala, seperti jarak, peralatan yang digunakan, jadwal kerja mereka, hingga jumlah tenaga kerja. Baiknya dalam hal ini Anda juga perlu mempelajari track record dari supplier tersebut.

Harga
Untuk menentukan supplier atau vendor yang akan Anda jadikan partner untuk bisnis import barang dari China, harga juga perlu diperhatikan. Meskipun vendor memiliki kualitas yang bagus dan kemampuan untuk memproduksi dalam jumlah tertentu secara kontinyu, jika biaya di luar kemampuan Anda maka sebaiknya mencari alternatif lain.

Vendor pada dasarnya adalah pengusaha juga, sehingga wajar jika suatu saat harga dari mereka berubah-ubah karena kondisi pasar yang tidak stabil. Ada cukup banyak pilihan vendor, ratarata mereka yang baru memulai bisnis akan terkendala dengan harga yang ditawarkan oleh vendor di luar kemampuan. Untuk para pemula sebaiknya memilih vendor yang biayanya lebih terjangkau, namun kualitasnya tidak kalah bagus.

Setelah Anda memilih salah satu vendor tersebut maka Anda bisa melakukan
beberapa hal di bawah ini untuk menghubunginya:
 Pastikan alamat vendor yang Anda pilih jelas
 Lakukan kontak melalui ponsel untuk mengetahui lebih jelas tentang vendor tersebut
 Pastikan produk yang Anda inginkan benar-benar bisa disediakan oleh vendor yang Anda pilih
 Jika Anda ragu, Anda bisa datang langsung untuk mengecek keberadaan vendor dan juga mengetahui lebih lengkap tentang vendor tersebut
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment