RAHASIA SUKSES IMPOR BARANG CHINA

RAHASIA SUKSES IMPOR BARANG CHINA

Di Artikel ini saya akan menjelaskan beberapa tehnik dan beberapa tips khusus yang sering dpakai oleh para pengusaha importir China yang sudah sukses.

Pertama saya akan memberikan pengelompokan cara untuk bertransaksi dengan vendor dari negara China, mana yang harus anda lakukan dan mana yang harus anda hindari. Berkut pengelompokannya:

HARUS DILAKUKAN :
 Bekerjasama dengan sebuah perusahaan dan bukan dengan perorangan
 Dapatkan informasi detail tentang perusahaan terlebih dahulu
 Tanyakan sebanyak mungkin pertanyaan dan berkomunikasi melalui telepon jika perlu
 Tanyakan apakah perusahaan tersebut memiliki agensi di luar negeri yang bisa Anda hubungi
 Cek ricek dengan mengunjungi situs perusahaan, tampilan barang dan informasi perusahaan melalui situs panduan bisnis atau melakukan pencarian untuk nama perusahaan mereka
 Tanyakan ke pembeli lain di dalam forum bisnis atau di internet tentang pengalaman mereka yang sudah mencoba membeli di perusahaan tersebut.
 Dapatkan sampel barangnya dulu, dengan anda mencoba membeli 1 produk dari perusahaan tersebut sehingga Anda dapat melihat pelayanan mereka.

JANGAN DILAKUKAN :
 Mentransfer uang selain menggunakan Transfer Bank atau Paypal.
 Bertransaksi meskipun Anda belum melihat sampelnya. Jangan bekerjasama dengan perusahaan yang tidak mau memberikan sample barangnya..
 Membeli pesanan yang banyak tanpa bernegoisasi terlebih dahulu tentang spesifikasi produk, cara pengemasan, cara pembayaran dan cara pengiriman dengan detail.
 Bekerjasama dengan perusahaan yang membuat barang tiruan dengan menggunakan merek terkenal.
 Mempercayai perusahaan yang menekan Anda untuk melakukan pempembelian dengan segera.

Catatan Penting:
a. Jika Anda sudah terlanjur mengirim uang ke China dan merasa sudah ditipu, anda akan sulit untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah di situ. Mereka mungkin akan menerima laporan Anda tetapi tidak akan segera memprosesnya.
b. Jika Anda sudah menunggu kiriman pesanan belum sampai-sampai lalu berpikiran bahwa Anda telah ditipu, mungkin itu Tidak Begitu. Mungkin pihak mereka cuma agak terlambat di dalam memproses transaksi Anda. Bersabarlah dan mencoba untuk menghubungi mereka lagi.
c. Jika ada sengketa dari segi barang, harga atau syarat. Coba jelaskan posisi Anda dan jangan terus menerus melakukan komplen dan intimidasi, karena akan menyebabkan korjasama Anda dengan mereka akan dihentikan begitu saja.

TEHNIK BERBAHASA DALAM KOMUNIKASI
Mengimpor dari negara China tidak sesulit seperti sebelumnya dan tidak sesulit seperti apa yang dibayangkan oleh banyak orang. Salah satu alasan utama mengapa banyak pengusaha suka menyuplai barang dari dalam Indonesia karena mereka merasa aman dan nyaman untuk melakukan transaksi dengan warga Indonesia sendiri mengingat bahasa perantara yang digunakan adalah sama.

Jika semuanya berjalan lancar dalam transaksi Anda dengan vendor dari negara Indonesia, lalu buat apa mau melakukan transaksi dengan negara luar?

Seperti yang telah saya bagikan sebelumnya, kelebihan membeli dari negara China adalah harga pempembelian yang jauh lebih rendah!

Namun demikian, ada beberapa persoalan lain yang mungkin Anda ingin tanya seperti:
 Bagaimana saya ingin bekerjasama dengan warga negara China jika mereka tidak bisa berbahasa Inggris?
 Apakah perusahaan negara China pernah melakukan transaksi dengan negara luar?
 Bisakah saya mempercayai Vendor dari negara China?
 Bisakah vendor dari negara China bekerjasama dengan baik dengan saya?
 Bagaimana dapat saya ketahui apakah vendor negara China dapat membantu memenuhi kebutuhan saya?
 Apakah vendor negara China diperbolehkan untuk mengekspor ke Indonesia?

Semua persoalan ini adalah persoalan yang baik dan jika Anda sudah berpikir tentang persoalan-persoalan tersebut, maka Anda berada di jalur yang benar. Anda harus waspada dan berhati-hati di dalam transaksi impor dan export seperti ini. Saya akan mencoba menjawab semua persoalan Anda dengan sebaik mungkin.

Banyak perusahaan negara China tersedia di internet dan mereka sering menampilkan barang yang sebenarnya sulit mereka berikan atau seringkali pelayanan mengekspor mereka tidak berjalan dengan lancar. Banyak pengusaha baru yang terpedaya dengan mereka dan melakukan kesalahan dengan berbisnis dengan mereka.

Akhirnya mereka merasa kecewa dan mungkin akan kehilangan uang. Jadi, hal penting di sini adalah ketika Anda menjalin kerjasama dengan setiap perusahaan negara China, Anda perlu menjalin kerjasama komunikasi yang kokoh dengan mereka terlebih dahulu.

masyarakat negara China butuh komunikasi yang banyak dengan tujuan untuk membangun kerjasama yang baik. Jika Anda berkomunikasi dengan jelas dan positif kepada vendor Anda, maka Anda tidak akan menghadapi masalah di dalam transaksi bersama mereka.

Ketika Anda bekerjasama dengan masyarakat negara China, Anda harus memberikan gambaran yang baik dan positif agar kerjasama bisnis Anda dengan mereka dapat terjalin dengan baik. Hal ini sangat penting bagi warga negara China. Komunikasi Anda harus bijaksana dan positif.

Berikut adalah beberapa tip untuk berkomunikasi dengan warga negara China:
 Selalu mengatakan "Thank you". Katakan "Sorry for disturbing" dan "Is this a good time to call you?" Di dalam email katakan "I appreciate your help [Nama individu tersebut]".

 Jadikan komunikasi Anda bersifat pribadi dan gunakan nama orang yang Anda hubungi. Jika Anda berbicara melalui telepon, awali pembicaraan tentang hal lain dulu sebelum berbicara tentang tujuan utama Anda dalam menelepon orang tersebut. Anda juga dapat menggunakan nama Anda seperti "Hi, Ahmad here from Indonesia. I am the person who ordered the handphones from you last month ", agar memudahkan mereka mengingat Anda, karena Ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan pelayanan yang lebih ramah dari mereka.

 Jangan cepat memberitahu mereka kalau sesuau itu salah. Kepada warga negara China, jika Anda mengatakan "YOU'RE wrong!" Atau "That is not true", Anda akan membuat masalah dan menjadi tidak harmonis. Jika Anda tidak setuju tentang sesuatu, gunakan cara diplomasi untuk mejelaskannya. Jika Anda membuat situasi konfontasi, mereka akan menghentikan pembicaraan dan tidak akan bekerjasama
dengan Anda lagi.

 Satu hal lagi, jika Anda menanyakan sesuatu pertanyaan ke masyarakat negara China yang mana mereka tidak mengetahui jawabannya, mereka akan menghindari mejelaskan yang mereka tidak tahu. Setelah Anda biasa berkomunikasi dengan mereka, cepat atau lambat Anda akan dapat mengetahuai jelas siapa yang dapat membantu Anda, dengan cara yang paling tepat untuk mendapatkan informasi dari mereka tanpa melukai perasaan mereka yang tidak memiliki informasi.

 Apabila berbicara tentang uang, Anda harus bernegoisasi dan bukan memaksa. Sentiasalah mencari lebih banyak informasi yang bisa Anda gunakan di dalam diskusi Anda dengan mereka dan informasi-informasi yang dapat membantu Anda untuk mendapatkan harga yang lebih rendah. Bersikap keras kepala dan tidak ingin mengalah akan membuat mereka tidak tertarik untuk bekerjasama dengan anda.

 Jangan meninggikan suara Anda di dalam telepon dan jangan gunakan HURUF BESAR di dalam email Anda! Itu tidak akan membantu di dalam kerjasama Anda. Pastikan Anda baca kembali semua tips tadi karena itu akan banyak membantu jika Anda masih baru/awam tentang transaksi di negara China.

BERSAMBUNG : BAGIAN 2
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment