SEO Offpage Tingkat Pemula

SEO

Banyak orang yang ingin tahu bagaimana cara melakukan SEO Offpage agar website berada di halaman satu google. Mereka melakukan berbagai cara, dan kebanyakan dari mereka tidak peduli ntah cara itu baik atau tidak di mata search engine!. Akhirnya, website mereka pun di banned oleh search engine (google) . Perlu diketahui bahwa SEO adalah salah satu seni dunia maya, butuh kesabaran, ketekunan dan tehnik yang tepat untuk melakukannya. Oleh karena itu, saya sangat menghimbau kepada teman-teman semua, jika anda belum mengetahui bagaimana cara melakukan SEO dengan benar, jangan coba-coba untuk ingin mendapatkan hasil yang cepat!. Berikut adalah sedikit point penting dalam SEO…

a. Tidak ada “sangat cepat atau cara cepat” dalam SEO. SEO yang baik memiliki struktur, perencanaan yang jelas dan dilakukan secara bertahap. Maka SEO terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 4 – 6 bulan.

b. Tidak ada yang namanya SEO Otomatis!. Jika anda pernah mendengar atau ditawarkan hal ini, maka cepat-cepatlah pergi dari hal tersebut!. SEO yang baik dilakukan secara manual (tanpa bantuan software) dan memiliki tehnik yang jelas.

c. Tidak ada yang namanya Ribuan bahkan Jutaan Backlink akan mempercepat proses SEO. SEO itu tidak hanya jumlah backlink saja. Ada banyak hal lain yang mepengaruhinya, seperti relevansi backlink, kualitas backlink tersebut, maintenance dan lainnya.

d. SEO ITU TIDAK MURAH!. Mungkin anda mengira bahwa SEO adalah barang murah, anda salah besar!. SEO sama sekali bukanlah barang murah. Mengapa?, karena tidak semua orang dapat melakukannya dengan cara yang benar.

Semakin sulit SEO yang dilakukan maka tentunya akan semakin mahal pula harganya. Biaya yang digunakan biasanya adalah untuk pencarian backlink yang berkualitas, biaya untuk pegawai yang mengerjakannya dan lainnya. “Lalu mengapa sering kali kita menemukan SEO yang murah?”, ya memang sangat banyak penyedia jasa SEO yang menawarkan harga yang murah, tapi!, ya tapi…apakah mereka menggunakan cara yang manual?, 99% dari penyedia yang menawarkan harga jasa seo yang sangat murah adalah mereka yang
menggunakan software dan menggunakan tehnik “Ribuan Atau Jutaan Backlink Untuk Website Anda”. Jika anda menggunakan jasa tersebut, maka siap-siaplah website anda akan menjadi lebih buruk atau bahkan di banned oleh search engine.

e. Apakah dengan satu kali melakukan SEO, maka website akan terus berada di halaman satu google?. Jawabannya adalah “Tidak!”. Agar website selalu berada di halaman satu google, kita perlu melakukan yang namanya maintenance & monitoring.

f. Ada banyak hal lainnya dalam SEO yang salah diartikan oleh pemilik atau pelaku bisnis online. Oleh karena itu, jika anda ingin memahami SEO lebih dalam, pelajarilah secara perlahan tahapan-tahapan pada ilmu SEO tersebut, jangan pernah malu untuk mempelajari hal-hal baru, walaupun SEO tingkat newbie sekali pun.

Saya sengaja menuliskan poin-point di atas untuk merubah pola pikir banyak orang tentang SEO. Mungkin ada beberapa diantara teman-teman yang sebelumnya mengenal dan melakukan SEO dengan point-point di atas?, jangan tersinggung ya hehee. Yuk mari kita lanjutkan bagaimana cara melakukan SEO pada tingkat pemula ini .

1. Melakukan Blog / Web Review
Blog atau web review adalah penulisan artikel dari blog atau website yang berbeda sebagai review atau ulasan terhadap sebuah produk, jasa, website dan lainnya. Blog / web review sangat bermanfaat untuk mempercepat penyebaran informasi produk atau jasa yang kita miliki.

Blog atau web review juga akan memperkuat website kita di search engine. Pada pembahasan ini saya akan menjelaskan bagaimana cara melakukan blog atau web review dengan keadaan website yang kita miliki masih tergolong baru atau belum kuat di search engine. Trik ini adalah tahap lanjutan yang saya lakukan setelah video marketing, facebook marketing dan twitter marketing tingkat pemula. Perlu diingat bahwa blog review harus dilakukan dengan sangat hatihati serta terkonsep, karena apabila kita salah dalam melakukannya maka blog atau web review akan memberikan dampak buruk untuk website yang anda miliki. Berikut adalah langkahlangkah melakukan blog / web review (tahap pemula).

- Contoh topik artikel yang bisa anda gunakan adalah manfaat produk atau jasa yang anda miliki, cara membeli produk atau jasa yang anda miliki, atau yang lebih spesifik lagi seperti review tentang produk atau jasa yang anda miliki serta info detail perbedaan produk atau jasa anda dengan yang lainnya.
- Pada judul artikel harus disisipkan alamat website anda, misal alamat website anda adalah gazibu.com dan judul artikel yang anda inginkan adalah tempat belanja online terpercaya, maka judul artikel akan menjadi "tempat belanja online terpercaya - gazibu.com" (tanpa tanda "").
- Pada penulisan artikel harus dibuat senatural mungkin sesuai dengan topik bisnis anda (buatlah artikel yang menarik dengan penjelasan sedetail mungkin agar pengunjung mudah menangkap informasi yang ingin anda sampaikan).
- Jumlah minimal kata yang harus anda gunakan adalah sebanyak 300 kata (lebih banyak tentunya akan lebih baik). Perlu diingat hanya gunakan tanda bold, strong, underline atau tanda penegasan lainnyapada kata-kata yang dianggap penting saja (bukan untuk menandakan bahwa kata-kata yang di bold atau lainnya adalah keyword / kata kunci artikel).
- Saya rasa ada dari anda yang akan bertanya, "bagaimana dengan pengaturan seo untuk artikelnya?, apakah saya butuh software khusus untuk meningkatkan nilai seo dari artikel tersebut?". Jawaban saya adalah jangan pedulikan nilai atau skor-skor untuk seo tersebut, cukup buat artikel yang jelas dan mudah dipahami oleh pengunjung anda.
- Pada artikel tersebut, anda harus menempatkan nomor kontak anda agar pembeli semakin mudah untuk menghubungi anda apabila ia tertarik untuk membeli produk atau jasa yang anda miliki.
- Blog atau web review biasanya akan memberikan link ke website yang kita miliki, nah pada tahap pemula ini lakukanlah penempatan link dengan format di bawah ini pada artikel yang ada di blog / web review tersebut..
** anchor link : alamat website anda, misal www.immastermind.co.id
** link / url : http://alamatwebsiteanda.com, misal http://www.immastermind.co.id/
** maksimal jumlah link dalam artikel review trsebut adalah satu link ke website anda

Hal ini bertujuan untuk penguatan authority website yang kita miliki dengan tehnik yang saya sebut dengan natural review. Jangan menggunakan keyword atau kata kunci tertentu sebagai achor link terlebih dahulu pada tahap awal ini.

- Blog atau website yang ingin anda jadikan tempat review haruslah memiliki ip address yang berbeda-beda. Hal ini bertujuan untuk menghindari kecurigaan search engine khususnya google. Google sangat tidak menyukai website yang sengaja membangun network tertentu untuk melakukan promosi di search engine mereka.

- Jumlah blog / web review yang bisa anda gunakan adalah masimal 5 - 15 blog / web review.

Cara mendapatkan blog / web review Saya memiliki banyak blog dan juga website yang berbeda-beda ip address, bagi anda yang juga memiliki banyak blog atau website dengan ip yang berbeda-beda (namun masih satu topik dengan website yang akan dipromosikan), maka anda bisa menggunakan website atau blog
tersebut untuk melakukan artikel review.

Bagi anda yang tidak memiliki blog atau website lainnya, anda bisa mencari para pemilik blog atau website yang akan melakukan review terhadap produk atau jasa yang anda miliki. Saat ini sangat banyak pemilik blog atau website yang bersedia menulis review dengan harga yang terjangkau, biasanya harga blog review untuk blog / web Indonesia (milik personal berkisar di harga Rp.30.000 - Rp.250.000 per review, tergantung dari kualitas blog atau web yang mereka miliki).

Adapun cara untuk menemukan blog atau web untuk melakukan artikel review adalah…
a. Cara pertama adalah anda bisa mengunjungi forum http://www.ads-id.com kemudian bergabung menjadi member disana, lalu perkenalkan diri anda pada ruang "kenalan donk".

Baca peraturan dan komentar di beberapa thread yang ada.
** Setelah anda memperkenalkan diri dan lainnya, anda bisa masuk ke forum jual beli / trade kemudian pilih link market atau langsung saja ke link ini http://www.adsid.com/forums/forumdispla...ink-Market
** Buat thead baru dengan prefix [WTB] dan judul thread "blogpost niche (kategori usaha anda), All Pagerank, Quality Blog Only..."
Contoh judul thread : [WTB] Blogpost Bahasa Indonesia, Niche kesehatan, General, Personal, All Pagerank, Quality Blog Only Please...
** Isi penjelasan mengenai detail blog atau web review yang anda inginkan, misal...
Halo all,
Saya lagi mencari blogpost nih, berikut detailnya…
niche blog / web : personal, general, kesehatan
artikel : ditulis oleh pemilik blog
jumlah kata minimal : 300 kata
jumlah link dalam artikel : 1 link
bahasa pada artikel : bahasa Indonesia
harga per artikel review : Rp.30.000 - Rp.50.000 tergantung kualitas blog / web

Persyaratan, artikel harus selalu live selama blog atau website anda masih ada, jika tidak maka
saya akan meminta pengembalian pembayaran untuk blogpost tersebut heehe...
payment atau pembayaran akan dibayarkan via bank bca atau mandiri ketika artikel sudah
diposting di blog atau website yang saya pilih. Bagi yang berminat silahkan kirim listnya ke
email saya ya (emailanda)
Ditunggu, terima kasih…

*Anda dapat memodifikasi contoh di atas dengan yang anda inginkan
*Pilihlah blog atau web yang sesuai dengan kriteria anda
*Hanya kirimkan bayaran jika mereka telah selesai mengerjakan dan memperlihatkan kepada anda artikel review tersebut
*Anda dapat meminta pemilik blog atau website untuk melakukan pengeditan terhadap artikel review yang mereka buat jika anda merasa kurang puas.

b. Cara lainnya untuk mencari blog / web review adalah mencari secara manual blog atau website yang sesuai dengan topik produk atau jasa yang kita miliki dengan menggunakan kotak pencari google.co.id.

Misal produk yang kita miliki adalah obat herbal dan judul yang ingin kita gunakan adalah penyebab diabetes, maka silahkan buka google.co.id dan gunakan format pencarian di bawah ini pada kotak pencarian google tersebut.
Format I (Pencarian general)
- site:blogspot.com "penyebab diabetes"
- site:wordpress.com "penyebab diabetes"
- site:.com "penyebab diabetes"
- dan format web lainnya seperti .net , .org , etc
Format II (Pencarian lebih detail)
- allintitle:site:blogspot.com "penyebab diabetes"
- allintitle:site:wordpress.com "penyebab diabetes"
- allintitle:site:.com "penyebab diabetes"
- dan format web lainnya seperti .net , .org , etc

Anda bisa mencari blog atau web yang menggunakan form kontak atau nomor kontak, agar kita bisa menghubungi mereka. Kebanyakan para blogger atau pemilik website memberitahu cara pengunjung untuk menghubungi mereka yaitu pada halaman kontak kami atau pada halaman pemasangan iklan. Silahkan hubungi pemilik blog atau website tersebut dan beritahu mereka bahwa anda ingin agar mereka membuat artikel review untuk produk atau jasa yang anda miliki.

Beritahu harga atau bayaran yang anda persiapkan untuk review tersebut. Kontak mereka dengan kata-kata yang sopan dan tentunya anda harus bersabar apabila ada blogger atau pemilik website yang menolak anda untuk pembelian artikel review tersebut. Jika anda sudah mendapatkan 5 – 15 list blog atau web yang akan mereview produk atau jasa anda, minta mereka untuk melakukan review dengan menggunakan aturan-aturan yang saya jelaskan di atas. Simpan url atau link review dari blog atau web-web tersebut pada notepad atau wordpad agar anda mudah untuk mengecek kembali blog / web review tersebut di kemudian hari.

2. Mengetahui Dan Melakukan Social Bookmarking Dengan Benar
Situs social bookmarking atau social bookmarking website adalah situs yang merupakan directory dari berita, informasi, tips dan lainnya. Artikel-artikel yang ada pada situs social bookmark ini adalah artikel-artikel yang dikirimkan oleh para pemilik website. Para pemilik website dapat bergabung menjadi member di situs-situs social bookmark tersebut dan mengirimkan potongan artikel (short description) dari artikel mereka ke situs-situs social bookmarking tersebut. Pengunjung yang datang ke situs social bookmarking dan kemudian mengklik salah satu artikel yang ada di situs social bookmarking tersebut, mereka akan di bawa
ke website yang yang menjadi sumber dari artikel tersebut.

Apa fungsi dari situs social bookmarking untuk pemilik usaha / website?
  • Informasi tentang produk atau jasa yang kita miliki akan tersebar semakin luas di internet. Dengan kata lain produk atau jasa yang kita miliki akan semakin mudah ditemukan oleh pengguna internet.
  • Dengan menggunakan fasilitas situs social bookmarking, maka produk atau jasa kita akan semakin cepat terindex atau muncul pada search engine seperti google.
  • Dari segi seo, situs social bookmarking juga dapat memperkuat website yang kita miliki pada search engine, jika kita melakukannya dengan tepat.
List situs social bookmarking
Mencari situs-situs social bookmarking sangatlah mudah. Anda bisa langsung googling untuk mendapatkannya. Yaitu dengan mengetikkan “List Social Bookmarking” atau “social bookmarking site” pada kotak pencarian google. Berikut adalah beberapa situs social bookmarking yang bisa anda gunakan.

http://www.ngeteh.com/, http://www.kidepedia.net/, http://www.lintas.me/,
http://sosbok.com/, http://tunden.com/, http://rajadofollow.com/,
http://www.indofeed.com/, http://socialbookmarkingindonesia.com/,
http://www.chummy.us/, http://www.cybrinc.com/, http://www.geegla.com/,
http://webkliknet.com/, http://www.izeby.com/, http://mynameislogan.com/,
http://www.urlbookmarking.com/, http://url.org, http://www.folkd.com,
http://www.cepatnya.com/, http://www.jaditerkenal.com/, http://populerkan.com/,
http://stumbleupon.com

Cara melakukan submit ke situs social boomarking
Bagi anda yang berprofesi sebagai seorang blogger dan online earning searcher / online worker, saya rasa anda sudah terbiasa menggunakan situs social bookmarking ini (yaitu mengirimkan url atau link dari artikel yang telah anda buat). Namun saya yakin banyak juga orang-orang yang belum begitu mengerti bagaimana melakukan submit ke situs social bookmarking dengan cara yang benar.

Baik, berikut adalah caranya,
a. Buka file notepad terlebih dahulu dan buat seperti di bawah ini,
Judul : judul short artikel yang akan anda submit
Link / url : link dari sumber artikel atau sumber informasi
Deskripsi : kata-kata penjelasan tentang short atau preview artikel anda (minimal lebih dari 25 kata)
Tag : keyword atau kata kunci yang digunakan
Contoh yang baik seperti di bawah ini, title, url dan deskripsi dari website sumber (website anda)
- Title : Obat Kanker Payudara Alami Herbal, Sudah Terbukti Ampuh
- Url : http://www.informasi.me/obat-kanker-payudara-alami-herbal.html
- Desc : Obat Kanker Payudara Alami Herbal, kanker payudara adalah salah satu penyakit yang kerap kali menyerang kaum wanita. Penyakit kanker payudara ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian

Maka title dan deskripsi serta pengaturan lainnya untuk submit di situs social bookmarking adalah seperti di bawah ini (title dan deskripsi yang disubmit ke situs social bookmarking harus berbeda dengan title dan deskripsi website anda, hal ini bertujuan untuk meminalisir terjadinya duplicate)…
- Title : Obat Kanker Payudara Alami
- Url : http://www.informasi.me/obat-kanker-payudara-alami-herbal.html
- Desc / Deskripsi : Anda, saudara anda atau kerabat anda sedang terkena penyakit kanker payudara?, jangan remehkan atau bingung untuk mencari cara bagaimana mengobatinya, silahkan kunjungi website kami dan lihat bagaimana cara mengobatinya secara alami deengan menggunakan obat herbal
- Tag : obat kanker payudara, kanker payudara

Jika semua sudah benar, silahkan simpan file notepad tersebut dengan nama yang anda inginkan (bertujuan agar memudahkan anda untuk membuka kembali list yang akan disubmit ke situs social bookmarking).
b. Langkah selanjutnya adalah buka situs social bookmarking yang anda inginkan,
kemudian mendaftar menjadi member dari situs tersebut.
c. Jika sudah, ada beberapa situs social bookmarking yang mengirimkan link verifikasi ke email anda dan ada juga yang tidak, anda harus memeriksa inbox email anda jika ada link verifikasi.
d. Selanjutnya silahkan klik "send news" atau "submit news", atau "kirim berita", atau "addlink" atau "submit link" atau lainnya. Tiap situs social bookmarking terkadang memiliki nama halaman yang berbeda-beda untuk halaman submit newsnya.
e. Jika anda sudah mengklik link untuk mengirim berita atau artikel, maka anda akan melihat form yang harus diisi. Isilah form tersebut sesuai dengan data yang diminta.
Title : Judul dari artikel kiriman anda (anda bisa menggunakan keyword anda)
Description / deskripsi : penjelasan tentang artikel yang anda kirimkan
Url / link : url atau link sumber dari artikel yang anda kirim
Tag : keyword atau kata kunci untuk artikel tersebut
kode verifikasi : biasanya beberapa situs social bookmarking meminta anda untuk
memasukkan kode captcha untuk konfirmasi bahwa anda bukan bot atau robot.

f. Perhatikan kembali cara mensubmit title dan deskripsi pada situs social bookmarking. Title dan deskripsi yang akan disubmit ke situs social bookmarking harus berbedadengan title dan deskripsi sumber aslinya.
g. Setelah anda mengisi semua data yang ada, anda bisa mengklik "send news" atau "kirim berita" atau "save news" atau "submit" atau lainnya (sesuai yang ada di situs social bookmarking tersebut).

Penjelasan : Perlu dingat bahwa anda tidak boleh menggunakan title dan deskripsi untuk submit ke situs social bookmarking sama atau serupa dengan sumber aslinya. Hal ini akan menimbulkan duplicate atau copy paste detect untuk website sumber, jika tingkat kualitas website sumber lebih rendah dari situs social bookmarking, maka website anda akan dianggap buruk oleh search engine.
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment