LANGKAH SEDERHANA UNTUK MEMPROMOSIKAN WEBSITE ANDA

 MEMPROMOSIKAN WEBSITE ANDA

Mempromosikan dan memasarkan sebuah website adalah hal yang sangat penting yang harus kita ketahui. “Percuma saja jika kita memiliki produk dan website yang bagus jika tidak ada orang yang mengtahuinya :D “. Nah pada tahap ini kita akan membahas beberapa cara sederhana untuk mempromosikan bisnis atau website yang kita miliki. Masih bersemangat ya?

Heh. Jika semangatnya sedikit berkurang, saya ingin agar anda melakukan hal di bawah inin terlebih dahulu.
a. Pikirkan kembali cita-cita anda
b. Pikirkan kembali untuk siapa anda berjuang
c. Pikirkan kembali sudah berapa lama anda merasa “dihina dan dihina!”
Bagaimana sudah sedikit berapi-api semangatnya ? , jika sudah, yu mari kita lanjutkan!

A. Melakukan Video Marketing (Tingkat Pemula)
Video marketing tingkat pemula ini adalah langkah pertama yang saya lakukan untuk mempromosikan salah satu usaha yang saya pasarkanmelalui internet. Saya sengaja memilih video marketing ini sebagai langkah awal karena saat itu usia website saya masih tergolong sangat baru yaitu sekitar 7 hari (kita tidak dapat melakukan seo apabila umur website masih tergolong sangat baru). Langkah ini bisa dikatakan sangat efektif, terbukti sangat banyak pembeli yang datang setelah melihat video yang saya buat. Saya rasa penjelasan atau promosi produk melalui bentuk visual yang menarik akan lebih memancing calon pembeli untuk mencari
produk yang kita miliki.

Cara membuat video dengan mudah
Seperti yang anda lihat, saya membuat video sederhana yaitu dengan menggunakan gambargambar produk milik istri saya dan kemudian menambahkan model yaitu anak saya sendiri yang bernama Naresha Salsabila Emri :p. Model tambahan bertujuan agar video terlihat lebih lebihm hidup dan lebih menarik. Banyak pembeli yang mengatakan bahwa foto anak kecil yang ada di video kue kering emotion diatas membuat para pembeli merasa penasaran dan lebih terhipnotis untuk membeli kue kering tersebut. Anda juga bisa menggunakan model pada video yang akan anda buat nantinya.

Gambar atau foto-foto tersebut saya ambil dengan menggunakan handphone blackberry milik saya dan kemudian saya membuat slide gambar dengan menggunakan software movie maker.

Setelah saya membuat atau mengatur slide, menambahkan kata-kata, memasang nomor kontak dan lainnya. Langkah selanjutnya yang saya lakukan adalah memasukkan atau menambahkan musik.

Dari pengalaman saya diatas anda bisa melakukan modifikasi agar video anda terlihat lebih professional.
Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk anda.
- Anda bisa merekam video secara live dengan menggunakan camera video yang lebih profesional.
- Anda bisa menggunakan model tambahan dalam video anda tersebut, mungkin model yang telah profesional.
- Anda juga bisa membuat reality video seperti wawancara langsung dengan pembeli produk anda, wawancara diri anda sebagai pemilik dan lainnya.
- Anda bisa menambahkan logo brand, nomor kontak anda dan lainya pada video yang anda buat.
- Anda juga bisa menggabungkan beberapa video dengan melakukan pengeditan dengan movie maker.
- Bagi anda yang sudah pro dengan video editor, saya rasa anda dapat dengan mudah membuat video yang baik.

Cara Upload Video Ke Youtube
Setelah anda selesai membuat video, langkah selanjutnya adalah mengupload video tersebut ke youtube
* Untuk pemilihan judul / title video, anda dapat melakukan survey atau analisa seperti yang kita pelajari pada pembahasan pemilihan title atau judul untuk website
*Jangan lupa untuk memasang alamat website anda pada deskripsi video ketika anda mengupload video tersebut di youtube
*Anda dapat memodifikasi tips-tips di atas agar menjadi lebih baik. Sebagai contoh, saat ini sangat banyak sekali jasa pembuatan video, baik video dalam bentuk penjelasan menggunakan whiteboard, animasi dan lainnya. Anda dapat menggunakan jasa-jasa tersebut jika anda memiliki budget lebih untuk melakukan promosi.

B. Melakukan Facebook Marketing (Tingkat Pemula)
Facebook marketing, saya rasa sudah banyak teman-teman yang pernah mendengar istilah facebook marketing ini. Nah pada pembahasan ini kita akan sedikit mempelajari tentang facebook marketing, yaitu facebook marketing untuk tingkat pemula. Facebook marketing tingkat pemula (newbie) ini adalah langkah kedua yang saya lakukan untuk mempromosikan bisnis istri saya melalui internet.

Saya yakin kebanyakan dari teman-teman yang membaca tutorial ini sudah memiliki akun facebook. Sudah waktunya kita tidak hanya menggunakan facebook tersebut hanya sekedar untuk have fun atau untuk menghabiskan waktu saja, mari gunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.

Berikut adalah langkah-langkah yang saya lakukan untuk facebook marketing (tingkat pemula).

1. Membuat Fanspage Khusus Untuk Bisnis
Business page atau fanspage adalah salah satu cara melakukan promosi di facebook.Ajaklah teman-teman anda untuk bergabung di fanspage tersebut.

2. Mempromosikan Video Yang Telah Dibuat
Setelah membuat fanspage maka langkah selanjutnya adalah mempromosikan atau menyebarkan link video yang kita miliki pada fanspage yang baru dibuat dan juga pada wall facebook kita (update status). Anda bisa menambahkan kata-kata menarik pada deskripsi status ketika akan menshare video tersebut. Mintalah teman-teman anda pada facebook untuk melike video yang baru saja anda share.

3. Mempromosikan Produk Yang Kita Miliki
Langkah selanjutnya yang kita lakukan beberapa jam setelah menshare video adalah menshare foto-foto dari produk / bisnis kita. Kita dapat mempromosikan satu per satu gambar produk yang kita miliki dengan jeda waktu 3 jam per 1 foto pada status akun facebook atau fasnpage kita. Alasan menggunakan jeda adalah agar teman-teman yang ada di facebook kita tidak terlalu jenuh dengan gambar-gambar yang kita share.
Jangan lupa selalu minta teman anda untuk melike atau mengkomentari foto atau gambar yang anda share tersebut karena dengan mereka melike atau mengkomentari foto yang kita miliki maka akan menjadi viral, yaitu teman-teman dari teman anda tersebut akan ikut melihat status like atau komentar mereka.

4. Mempromosikan Website Melalui Facebook
Setelah mempromosikan video dan juga foto-foto produk, langkah selanjutnya adalah menyebarkan atau mempromosikan alamat website di wall facebook atau fanspage kita. Teman-teman anda akan melihat link website yang kita miliki, sekali lagi mintalah teman-teman ada untuk melike atau mengkomentari status tersebut.

5. Memperbanyak / Meningkatkan Like Fanspage
Semakin banyak orang-orang yang bergabung atau me-like fanspage bisnis kita, maka peluang agar bisnis atau website kita semakin dikenal pun akan semakin besar. Yang menjadi pertanyaannya saat ini tentunya adalah “bagaimana cara memperbanyak atau meningkatkan like fanspage tersebut?”. Baik, mari kita lihat bagaimana cara yang bisa kita lakukan (pada tahap awal).
- Memasang iklan pada facebook (facebook ads)
Memasang iklan pada facebook atau yang sering disebut dengan facebook ads adalah salah satu cara yang paling efektif untuk melakukan promosi pada facebook. Tapi langkah ini bisa dibilang susah-susah gampang. Ada beberapa hal yang diharuskan agar kita bisa memasang iklan pada facebook, yaitu…
a. Kita harus mengetahui bagaimana agar harga iklan menjadi sangat murah
b. Kita harus mengetahui bagaimana target yang baik pada iklan tersebut
c. Kita harus memiliki kartu kredit (credit card)
d. Kita harus memiliki akun facebook yang sudah cukup berumur dan akun tersebut aktif
e. Kita harus mengerti apa saja yang dilarang dan diwajibkan pada facebook ads
f. Dan lain-lainnya
Karena banyak para newbie (pemula) yang merasa kebingungan atau bahkan di banned oleh facebook karena mencoba memasang iklan pada facebook, maka saya tidak akan membahas secara detail cara memasang facebook ads pada ebook ini. Untuk sementara, silahkan gunakan saja jasa pemasangan iklan facebook. Saat ini sudah banyak orang-orang yang menyediakan jasa pemasangan iklan facebook, silahkan di googling saja. “Bukannya saya pelit, tetapi saya ingin anda fokus terlebih dahulu, tidak melakukan hal-hal yang sulit (yang membuat anda merasa pusing) dan agar anda terhindar dari yang namanya Banned atau AME”.
- Meminta bantuan kepada teman dan fanspage lainnya untuk menyebarkan link fanspage anda!
Nah ini adalah salah satu langkah atau cara yang sangat mudah yang bisa dilakukan oleh newbie sekalipun. Mintalah bantuan kepada teman anda atau pemilik fanspage lainya untuk mempromosikan link fasnpage anda. Promosi dapat secara gratis ataupun berbayar. Jika anda memiliki sedikit modal lebih, maka anda bisa memberikan bayaran kepada orang-orang yang membantu anda. Misal…
a. Rp.2500 per share link fanspage anda di wall akun facebook mereka (dengan syarat, mereka yang memiliki teman lebih dari 1000 orang).
b. Rp.10.000 – Rp.25.000 untuk mereka yang menshare link fanspage anda pada fanspage mereka (dengan like atau pengikut minimal adalah 25.000 like / pengikut pada fanspage tersebut)
*Pemik fanspage lainnya bisa anda temukan secara langsung (search di google) atau di forumforum seperti kaskus, ads id dan lainnya. Harga di atas hanyalah sebagai contoh saja. Yang perlu diperhatikan adalah “apakah teman-teman atau pengikut fanspage mereka adalah pengguna aktif?, semakin banyak pengguna aktif yang ada di friend list atau yang menyukai fanspage tersebut, maka tentunya akan mempercepat viral (promosi) fanspage yang anda miliki, dan tentunya harga pemasangan iklan link fanspagepun akan menjadi lebih tinggi.
- Memasang Fanspage Pada Website
Untuk memasang fanspage yang telah dibuat caranya adalah, klik disini dan masukkan link fanspage anda. Atur Heigth (tinggi) dan width (lebar) dari fanspage tersebut, kemudian klik “Get Code”. Anda bisa memasang kode tersebut pada sidebar (widget) website anda.

C. Twitter Marketing (Tingkat Pemula)
Pada pembasahan ini kita akan memepelajari tentang twitter marketing tingkat newbie atau tingkat permulaan. Twitter marketing tingkat pemula ini adalah langkah ketiga yang saya lakukan untuk mempromosikan bisnis milik istri saya di internet. Perlu kita ketahui bahwa twitter adalah salah satu tempat promosi yang sangat potensial untuk bisnis yang kita miliki.

Banyak orang yang mengatakan bahwa ada perbedaan antara pengguna twitter dengan pengguna facebook, baik dari segi kelas, pola pikir dan lainya. Hal tersebut bisa dikatakan benar tapi sebenarnya yang membedakan antara dua situs social media tersebut adalah sistem yang mereka gunakan. Di facebook terdapat banyak aplikasi sehingga membuat penggunanya dapat bersantai dan menghabiskan waktu lama di facebook. Sedangkan di twitter, kebanyakan penggunanya menggunakan twitter untuk berkomunikasi dan mencari informasi.
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment