Tips Anti Banned Instagram

Banned Instagram

Sebelum mulai posting, Anda harus tahu dulu berbagai kesalahan yang biasanya dilakukan spammer pemula. Jenis kesalahan yang dulu saya lakukan. Hehe. Bagian ini membahas tips menghindari banned dan block Instagram yang murni berdasarkan pengalaman pribadi.

Ketika akun Anda terkena banned, Anda tidak akan diberi informasi apaapa. Tahu-tahu Anda tidak bisa log in, dan tak lama akun Anda dihapus dari peredaran.

Sangat penting untuk mengetahui cara membuat akun yang anti-banned, supaya usaha dan waktu Anda tidak sia-sia.

Silakan disimak!

Jangan Langsung Berkomentar atau Nge-Like

Ketika akun Anda baru berumur sehari, jangan langsung berkomentar pada akun lain. Jangan pula memberi like untuk sebuah postingan.

Kenapa? Karena itulah yang biasanya dilakukan oleh spammer—seperti saya :D

Bot Instagram didesain mampu mendeteksi akun baru yang langsung melakukan like atau berkomentar. Biasanya akun Anda akan ditandai. Kalau Anda terus melakukannya, akun Anda akan diblokir selama 24 jam.

Hindari hal ini. Di hari pertama, fokus saja membuat bio dan memasang profile picture.

Jangan Memberi Like Terlalu Sering

Menurut beberapa sumber, batasnya adalah 350 like per jam. Saran saya, jangan mendekati bahkan separuhnya. Dan sesuai aturan pertama, jangan memberi like pada hari pertama.

Tunggu sampai akun Anda berumur seminggu. Ketika akun sudah lebih dari seminggu, Anda baru boleh memberi like. Namun tetap tidak bisa terlalu agresif.

Angka yang paling masuk akal berdasarkan pengalaman saya adalah 10 like per hari. Ya, per HARI. Anda tak ingin membuat akun Anda tampak spammy di mata bot Instagram. Jadi lakukan senatural mungkin.

Jangan Follow Banyak Akun Dalam Waktu Berdekatan

Menurut beberapa sumber, batasnya adalah follow 50 akun dalam kurun waktu satu jam. Ada juga sumber yang menyatakan batasnya adalah follow 20 akun per jam. Saya lebih setuju yang kedua.

Saya sendiri biasanya follow lebih sedikit dari itu. Saya hanya follow 10 akun per jam. Itu pun kalau akun saya sudah mulai berumur lebih dari sebulan.

Jangan Un-Follow Terlalu Banyak Akun Dalam Waktu Berdekatan

Sama seperti tips following, saya hanya un-follow 10 akun dalam 1 jam. Itu pun kalau akun saya sudah mencapai batas follow maksimal, yaitu 7.500 akun.

Prinsipnya, lakukan senatural mungkin! Jangan terlalu agresif, atau bot Instagram akan menghentikan langkah Anda lebih cepat dari yang Anda duga.

Jangan Mengedit Bio Anda Terlalu Sering dalam Waktu Berdekatan

Hal ini sudah saya singgung sebelumnya. Kalau Anda terlalu banyak mengedit dan menyimpan perubahan bio dalam waktu dekat, akun Anda akan diblokir selama 3-5 hari. Kadang waktunya bisa lebih. Jadi, siapkan bio baik-baik di awal seperti langkah yang sudah saya jelaskan.

Jangan Membuat Duplicate Comment

Mungkin Anda berpikir, Anda harus berinteraksi dengan akun-akun yang Anda follow. Jadi Anda berkomentar pada banyak postingan yang dibuat akun-akun lain. Dan karena bahasa Inggris Anda pas-pasan, Anda hanya berkomentar dengan satu kata: “Great!”

Anda berkomentar seperti itu sebanyak 100 kali dalam waktu kurang dari sejam. Setelah lewat beberapa jam, Anda kaget karena tidak bisa lagi berkomentar. Rupa-rupanya, akun Anda telah diblokir.

Bot Instagram sangat cepat mendeteksi komentar sama yang dibuat dalam waktu berdekatan oleh sebuah akun.

Kalau Anda memang ingin berkomentar, lakukan senatural mungkin. Buat komentar yang berbeda-beda, yang sesuai dengan postingan tentunya.

Jangan pakai satu template untuk hal ini. Juga, jangan melakukannya terlalu sering. Berkomentarlah dengan cerdas.

Jangan Posting Terlalu Sering

Kalau akun baru Anda langsung digeber 10 postingan tiap jam, jangan kaget kalau mendadak Anda tidak bisa posting selang sejam kemudian. Itu tandanya, akun Anda terkena blokir sementara.

Tapi kalau akun baru Anda tidak segera diisi postingan, atau dibiarkan kosong dalam waktu lama, bot Instagram juga akan langsung mencurigai akun tersebut.

Jadi, bagaimana sebaiknya?

Untuk seminggu pertama, saran saya posting 1-6 kali sehari. Jarak antar postingan minimal 2 jam. Pada minggu kedua, Anda bisa menaikkan frekuensi hingga 12 kali dalam sehari. Posting sebanyak 12 kali sehari itu adalah jumlah maksimal berdasarkan pengalaman saya. Anda bisa mengatur jarak postingan antara 1-2 jam.

Dengan cara itulah Anda akan terhindar dari banned yang menyesakkan dada :D

Jangan Berlebihan dalam Memakai Hashtag

Ketika posting, pakai hashtag secukupnya saja. Berdasarkan beberapa sumber, dan pengalaman pribadi, maksimal adalah 5 hashtag. Itu pun pilih yang paling relevan.

Beberapa sumber menyatakan, jumlah maksimal hashtag yang bisa kita pakai adalah 30. Tapi menggunakan hashtag sebanyak itu adalah cara paling cepat mengundang bot Instagram memblokir akun kita.

Ada trik penting untuk menghindarkan diri dari jeratan blokir. Prinsipnya, jangan pasang hashtag pada badan postingan. Pasang hashtag pada komentar di bawah postingan. Nanti akan saya jelaskan lebih detail.

Demikianlah beberapa cara menghindari banned Instagram. Bagi yang baru mulai memakai Instagram, sepintas terlihat rumit. Ada begitu banyak aturan yang harus dan tidak boleh kita lakukan. Tenang saja, sekali Anda paham dan terbiasa, Anda akan melakukannya bahkan tanpa berpikir.

Saya akan menjelaskan strategi taktis, berisi panduan harian sejak akun
dibuat sampai menghasilkan.
Share on Google Plus

About HASAN SHADIQ

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment