Cara Iklan Bekerja Di Social Media

Iklan disebut efektif jika tepat sasaran. Adanya audience yang melihat, membaca, dan diharapkan menjadi calon pembeli potensial bagi produk anda.

Social media menjadi media yang sangat diperhitungkan di Indonesia. Di beberapa social media, pengguna dari Indonesia meraih posisi teratas dari jumlah kesuluruhan. Sebut saja Facebook, Twitter, Instagram, dan Path.
Cara Iklan Bekerja Di Social Media
Jumlah pengguna aktif yang jumlahnya luar biasa ini membuka ruang bagi mereka yang ingin mempromosikan produknya ke social media. Ciri khas social media yaitu berbagai hal yang diposting di halaman pribadinya akan muncul di timeline/feed lingkaran pertemanan mereka.

Misalnya di Twitter, jika saya menuliskan tweet, maka tweet tersebut akan muncul di timeline
teman-teman follower saya. Karenanya peluang dibaca oleh mereka pun semakin besar.

Ada 2 cara yang umum dilakukan ketika beriklan di social media.

Pertama menggunakan ‘Jasa Promote’. Yaitu mempromosikan produk di sebuah akun yang
memiliki follower/fans dalam jumlah banyak. Cara mempromosikannya bisa ‘Direct Promo’
yaitu langsung promo menggunakan kaidah promosi. Contoh: “Sepatu ini unik gak pasaran. Cek koleksinya sekarang di website SepatuKaca.com”
Cara Iklan Bekerja Di Social Media
Atau dengan cara ‘Buzzing’ yaitu akun/seseorang tersebut tidak secara langsung menawarkan produk tersebut (samar-samar). Contohnya, tweetnya menyebutkan: “Habis main ke Outlet Wakai. Pengen nambah koleksi lagi.” .
Cara Iklan Bekerja Di Social Media
Seolah-olah dia hanya menuliskan tweet biasa, tapi sebenarnya yang dilakukan adalah memberikan sugesti kepada followernya untuk mengenalkan sebuah produk.

Kedua, dengan beriklan di fitur yang disediakan social media tersebut. Pada Facebook menggunakan Facebook Ads. Siapapun bisa beriklan di Facebook dengan target pasar yang bisa ditentukan sendiri secara spesifik.

Iklan di Facebook menggunakan “Post Page Engagement”
Beriklan di social media menjadi jalan keluar yang jauh lebih hemat dan efektif daripada beriklan di media konvensional seperti surat kabar dan televisi yang membutuhkan biaya cukup besar.

Iklan di Facebook menggunakan “Post Page Engagement”
Terdapat beberapa jenis iklan yang ditawarkan oleh Facebook. Anda dapat lihat masing-masing jenisnya di gambar berikut.
Iklan di Facebook menggunakan “Post Page Engagement”
Untuk mencobanya anda bisa klik ke halaman ini: https://www.facebook.com/ads/ Salah satu yang paling diminati bayak pemasang iklan adalah jenis “Post Page Engagement”.

Secara sederhana, anda hanya perlu posting status/link/gambar/video di Page anda lalu Facebook akan menampilkan posting anda di Feed siapapun yang menjadi target market anda. Untuk bisa beriklan disini hanya perlu biaya minimalN10ribu saja. Murah bukan?

Keunggulan beriklan di Facebook Ads, anda dapat menentukan secara detail karakteristik target market yang bisa melihat iklan anda. Ini efektif karena anda benar-benar berpromosi tepat sasaran.

Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment