Cara Meningkatkan Klik dan Pendapatan Adsense/Iklan PPC

Cara Meningkatkan Klik dan Pendapatan Adsense/Iklan PPC

Okay, pada posting kali ini saya akan membahas topik yang sebenarnya sudah banyak di bahas oleh blogger lain. Jika anda menemukan postingan ini lewat google, anda pasti melihat banyak postingan lain yang serupa.

Tapi, percayalah yang satu ini berbeda dengan yang lain, dan tentunya lebih lengkap! -dan panjang (2500+ kata)-. Jadi, jika saat ini anda hanya memiliki sedikit waktu untuk membaca, saran saya bookmark (CRTL+D) dulu artikel ini :). Posting ini merupakan rangkuman dari posting-posting orang lain yang saya baca, pengalaman saya dan beberapa rekan blogger lain, serta beberapa murni hasil analisa saya sendiri.

Walaupun yang dibahas lebih banyak mengenai google adsense, juga sama cocoknya dan bisa diaplikasikan untuk anda yang mengikuti PPC lain selain adsense, dengan sistem yang sama yaitu iklan PPC yang berdasarkan kata kunci.

Seperti yang kita ketahui bahwa cara paling "mainstream" untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan menjadi publisher layanan iklan Pay Per Click. Dalam hal ini, layanan PPC paling terkenal adalah Google Adsense. Dengan sistem dan program yang professional, Google adsense mampu membedakan mana situs yang berkualitas, mana yang tidak. Mana yang curang dengan mengklik iklan sendiri (fraud), mana yang fair. Dengan begini, semua publisher dituntut untuk jujur dan professional sehingga penghasilan dari iklan benar-benar murni dan biasanya kurang optimal.

Namun, hal ini tidak akan pernah terjadi jika anda melakukan optimasi pada iklan anda. Ya, dengan melakukan optimasi pada iklan yang ditampilkan di situs anda, setidaknya klik pada iklan anda akan meningkat sehingga penghasilan juga meningkat. Sebelum lebih lanjut ke optimasi iklan anda, sebaiknya anda pahami dulu apa yang menjadi faktor tinggi-rendahnya jumlah klik iklan di situs anda.

Faktor Penyebab tinggi rendahnya CTR adsense/Iklan PPC
Sejauh yang saya teliti dan analisa, ada 5 hal yang mempengaruhi tinggi atau rendahnya klik pada iklan anda.
1. Topik, Konten & keyword 3 hal ini merupakan faktor utama yang mempengaruhi banyak/sedikitnya klik iklan anda. Alasannya adalah jumlah orang yang tertarik pada topik satu dan yang lain tentu berbeda. Kualitas konten jadi faktor utama mengapa orang mau membaca dan berlama-lama di blog anda. Keyword atau kata kunci menjadi acuan iklan seperti apa yang akan ditampilkan di situs anda.
2. Traffik/Pengunjung
Siapa yang akan mengklik iklan anda? tentu saja pengunjung bukan?. Semakin banyak pengunjung, semakin banyak potensi klik iklan. Masalahnya adalah, berapa persen pengunjung yang mengklik iklan anda. Hal ini sangat ditentukan oleh karakteristik pengunjung.
3. Desain dan template
Desain dan template blog anda sangat mempengaruhi karakteristik pengunjung. Secara psikologis, sebuah desain dapat mempengaruhi mood dan kenyamanan pengunjung. Selain itu desain juga bisa membuat pengunjung fokus pada area-area tertentu di situs anda.
4. Penempatan iklan
Pengunjung tidak datang ke blog anda untuk mengklik iklan. Penempatan iklan yang baik sangat mempengaruhi potensi klik iklan. Hal ini juga sangat berhubungan erat dengan desain dan template yang anda gunakan.
5. Konten dan Tampilan iklan
Sebaik apapun anda mengoptimalkan ke-4 poin diatas, jika pengunjung membenci iklan anda, apa gunanya?. Jadi, konten dan tampilan juga sangat mempengaruhi Click Through Rate iklan anda.

Nah, setelah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab tinggi-rendahnya CTR iklan anda, langkah selanjutnya adalah mengoptimasi kelima faktor diatas dengan langkah-langkah berikut ini.

Topik, konten dan keyword 5 tips dibawah ini sebenarnya untuk orang yang belum membuat blognya.

Tapi, jika anda sudah terlanjur memilih topik anda, bukan berarti anda harus mengulang. Lakukan saja poin 1 dan 4, dan lewati poin 2 dan 3.

1. Lakukan riset kata kunci
Hal yang paling wajib jika anda membuat situs yang akan dimonetisasi dengan iklan PPC atau google adsense adalah riset kata kunci (Keyword research). Riset ini akan memberikan informasi berapa banyak orang yang menyukai topik-topik tertentu, berapa banyak orang yang mencari dengan
kata kunci tertentu di mesin pencari. Anda juga akan mengetahui seberapa banyak pesaing anda. Dengan ini, anda akan tahu topik apa yang paling cocok dan apa yang harus dilakukan ke depannya.

Riset kata kunci juga memberikan informasi seberapa mahal harga klik iklan untuk topik tertentu, yang nantinya akan mengoptimalkan penghasilan anda juga. Anda juga tidak boleh mengabaikan ini.

Namun disini saya hanya akan membahas tentang banyaknya klik, bukan harga klik, karena harga klik lebih banyak ditentukan oleh pasar/pengiklan.

Untuk melakukan riset kata kunci, silahkan kunjungi Google Keyword Planner

2. Pilih topik umum untuk orang awam
Ini sangat berhubungan dengan poin nomor satu. Pilihlah topik untuk orang awam, maksudnya topik yang bisa dinikmati oleh siapapun, baik itu orang tua, remaja, anak-anak, laki-laki, perempuan, pelajar, pegawai, dan sebagainya.Topik yang bagus untuk adsense adalah Teknologi & gadget, kesehatan, olahraga, media sosial hiburan dan sebagainya.

Sebaiknya jangan pilih topik yang pembacanya hanya dari kalangan orangorang tertentu, misalnya topik desain web. Pasalnya, sudah saya buktikan sendiri dan sangat sulit hehehe #belajardaripengalaman. Alasan saya tidak mengganti topik blog adalah karena saya tidak fokus mengoptimalkan blog ini untuk adsense, tetapi lebih pada personal branding.

3. Topik lebih spesifik
Agak sulit memang, untuk menentukan topik spesifik yang bisa dinikmati oleh siapapun. Alasan mengapa topik anda harus spesifik adalah untuk mempengaruhi konten iklan. Blog dengan topik yang spesifik biasanya akanmenampilkan iklan dengan konten bagus, yang bisa meningkatkan potensi
klik pengunjung.

Contoh topik spesifik yang bagus misalnya topik spesifikasi dan harga gadget. Untuk mendapatkan topik lain yang lebih bagus, tentu saja lakukan riset kata kunci lagi.

4. Keterkaitan dan relevansi konten
Satu hal penting lain adalah bahasan di blog anda harus saling terkait dan relevan satu sama lain. Semakin relevan satu artikel dengan artikel lain, semakin bagus. Sama seperti nomor 3, ini juga untuk mempengaruhi konten iklan. Tapi yang lebih penting adalah agar pengunjung lebih betah berlamalama di blog anda, yang berpotensi akan mengklik iklan jika iklan yang
muncul sesuai dengan kebutuhan pengunjung.


Share on Google Plus

About HASAN SHADIQ

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment