Space dan Konten Untuk Meningkatakn CTR Adsense

Space dan Konten Untuk Meningkatakn CTR Adsense

Ketika desain dan template anda sudah tepat, maka langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan peletakan iklan anda.

1. Iklan dibuat sticky
Lihat iklan tinggi di sebelah kiri anda? ya, itulah yang disebut sticky. Elemen sticky adalah elemen yang luput dari scrolling. Seperti yang sudah saya buktikan sendiri, iklan disamping adalah iklan yang paling banyak menerima klik. Tentu saja, karena iklan itu terus mengikuti ketika anda menscroll
halaman blog ini.

Update : Untuk google adsense, iklan jenis sticky melanggar kebijakan. Jadi, jangan gunakan untuk PPC google adsense. Iklan sticky dimodifikasi menggunakan javascript. Untuk membuatnya elemen sticky di blog, silahkan baca posting ini.

2. Iklan diletakkan pada konten
Iklan yang diletakkan pada konten memiliki potensi klik yang tinggi. Hal ini karena konten adalah fokus utama pengunjung. Apalagi jika iklan tersebut diletakkan di tengah-tengah konten, dan lebih menonjol dari konten itu sendiri. Tapi, perlu dicatat bahwa jangan terlalu berlebihan menempatkan
iklan pada konten, karena ini akan berefek pada kaburnya pengunjung anda. Iklan boleh ditempatkan pada konten asal tidak mengganggu.

3. Iklan dibawah menu
Elemen lain yang paling diperhatikan setelah konten adalah menu. Menu adalah pintu keluar/masuk pengunjung di blog anda. Nah, menempatkan iklan di depan "pintu" tentu saja akan berpotensi pada klik iklan bukan?. Jadi tempatkanlah iklan horizontal tepat dibawah menu di blog anda.

4. Iklan dibawah konten
Ketika pengunjung anda baru beberapa detik selesai membaca artikel di blog anda, mereka tidak mempunyai fokus lagi. Mereka akan melakukan "klik" untuk mencari konten atau halaman lain. Nah, manfaatkanlah kekosongan fokus ini dengan menampilkan iklan anda, sebelum mereka beralih ke halaman lain atau pergi dari blog anda. Gunakanlah iklan horizontal, atau 2 iklan berbentuk persegi besar.

5. Iklan ditempatkan pada halaman yang tepat
Selain meletakkan iklan pada posisi yang benar, anda juga harus menempatkan iklan di "ruangan" yang tepat. Dalam hal ini, tepat berarti yang paling ramai atau banyak dikunjungi. Jadi, jangan sia-siakan popular posts di blog anda, tapi manfaatkanlah seoptimal mungkin menjadi ladang penghasilan anda.

6. Iklan di sidebar kiri
Seperti yang saya katakan pada bagian pengoptimalan desain, sidebar kiri lebih baik untuk blog dengan bahasa LTR (Left to Right). Nah, manfaatkan sidebar kiri menjadi tempat untuk iklan. Iklan di sidebar kiri adalah iklan yang menerima fokus paling tinggi untuk jenis iklan yang sama sekali tidak beresiko mengusik kenyamanan pengunjung.

Iklan yang bagus untuk ditempatkan di sidebar kiri ini adalah jenis iklan besar dan vertikal (memanjang kebawah).

Penampilan dan konten iklan
Iklan boleh saja menjadi fokus utama dan menjadi perhatian setelah konten, tapi bagaimana jika iklan tersebut dibenci pengunjung? semua langkah diatas tidak akan ada gunanya!. Nah, bagian ini adalah bagian agar pengunjung tidak membenci iklan anda.

1. Kombinasi teks dan gambar
Kombinasi teks dan gambar pada iklan sangat mempengaruhi fokus pengunjung dan kualitas iklan tersebut. Gambar pada iklan berfungsi agar iklan tersebut menarik dan enak dilihat. Teks pada iklan berfungsi untuk memikat pengunjung agar mengklik iklan tersebut.

2. Iklan animasi
Jika teks dan gambar belum memikat, maka "gerakkan" teks dan gambar tersebut sehingga lebih interaktif dan menarik. Iklan animasi lebih menarik dan memikat seehingga memiliki potensi yang lebih tinggi untuk di klik. Tapi animasi disini adalah animasi yang dibuat secara professional, bukan
animasi yang kedap-kedip dengan warna alay. Yang seperti ini justru merusak mata pengunjung. Jadi, tidak boleh sembarangan.

3. Konten iklan sesuai dengan konten blog
Bagaimanapun, konten iklan lebih penting daripada desainnya. Sebaik apapun desain iklan, jika kontennya buruk tidak akan ada gunanya. Nah, salah satu konten iklan yang baik adalah yang relevan dengan topik blog tersebut. Jika pengunjung suka dengan topik artikel blog anda, konten yang relevan pada iklan juga pasti disukai, atau setidaknya tidak akan dibenci.

4. Iklan responsive
Perlu anda ketahui bahwa jumlah orang yang menggunakan smartphone untuk mengakses web meningkat dari tahun ke tahun. Karena ini, buatlah iklan yang tampil di blog anda responsive. Iklan tampil di HP secara baik biasanya lebih berpotensi di klik ketimbang iklan yang tampil di desktop.

Pasalnya, pengguna mobile yang mengakses blog anda melihat setiap elemen di blog secara berurutan dengan menggeser layar. Alhasil, ada kala dimana seluruh tampilan smartphonenya tertuju hanya pada iklan sehingga memicu klik.

Terlebih lagi, jika pengguna website anda memang kebanyakan menggunakan mobile maka ini akan menjadi ladang yang subur untuk pendapatan anda. Untuk penempatan iklan responsive, anda harus
menempatkannya di bagian atas konten, atau pada tengah-tengah konten karena bisa dijamin pengguna smartphone tidak akan menghabiskan waktu untuk melihat keseluruhan halaman sampai ke bagian paling bawah.

5. Ukuran iklan : lebih besar lebih baik
Ada satu aturan mutlak untuk ukuran iklan yang anda pasang : Lebih besar, lebih baik. Iklan dengan ukuran yang besar akan terlihat lebih menonjol dan juga memiliki konten serta desain yang lebih menarik. Namun, ukuran iklan yang besar sangat tidak cocok jika ditempatkan pada konten. Iklan dengan ukuran besar cocoknya diletakkan di sidebar di blog anda.

6. Konten iklan berupa solusi
Mungkinkah iklan yang anda pasang justru merupakan konten yang dicari pengunjung? Tentu saja sangat mungkin. Tapi, sangat sulit untuk mendapatkan iklan yang benar-benar bermanfaat untuk pengunjung. Iklan jenis seperti ini juga biasanya di pengaruhi oleh topik.

Untuk Google adsense, jenis iklan seperti ini contohnya adalah iklan pada blog pariwisata. Iklan pada blog pariwisata biasanya menampilkan iklan hotel, dan paket liburan yang mana sangat bermanfaat dan menjadi solusiuntuk pembaca yang datang karena mencari informasi untuk jalan-jalan.

Hal yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan konten iklan jenis ini adalah dengan mengetahui kebutuhan pengunjung, lalu menulis artikel yang dibutuhkan pengunjung. Konten iklan nantinya akan mengikuti.

Itulah  tips ampuh untuk meningkatkan pendapatan google adsense anda. Dari beberapa  poin di atas, anda tidak harus menerapkan semuanya dalam blog anda jika justru menimbulkan kerancuan desain atau ketidak-nyamanan pengunjung. Terapkan satu persatu, yang penting maksimal. Setelah itu,
evaluasi.

Bagaimana menurut anda? punya pendapat lain? jangan ragu untuk berkomentar. Semoga bermanfaat. (syakirurohman.net)
Share on Google Plus

About HASAN SHADIQ

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment