5 Modal Dasar Menulis Artikel Blog

5 Modal Dasar Menulis Artikel Blog

Dari mempelajari biografi singkat para blogger yang juga penulis tenar, paling tidak 5 hal utama yang harus dipelajari. Saya menyebutnya modal dasar menulis artikel. Mengapa harus punya modal? Sebenarnya tanpa menghiraukan poin-poin di bawah ini Anda tetap dapat mengupdate artikel blog. Tetapi tentu beda dong tulisan yang dimodali ilmu dengan yang kosongan. Oke, apa saja 5 hal tersebut. Ini dia…

1. Kemampuan Teknis. Hal ini berupa kemampuan mengetik di komputer, laptop, notebook dan bekerja dengan internet. Jaman dulu, orang masih mengandalkan mesin tik dalam menulis. Sekarang perannya sudah diambil alih oleh komputer. Kalau tidak punya komputer di rumah, Anda bisa rental atau kredit sekalian. Harga laptop makin terjangkau kok. Kalau beli nggak perlu memaksakan yang mahal-mahal. Biarpun murah asal bisa memberi manfaat nyata.

2. Mindset Sukses. Ibaratnya, inilah nyawa seorang penulis. Mindset ini berupa semangat, tekad dan kemauan keras disertai kerja cerdas. Memproduksi tulisan tidak sama dengan memperbanyak barang retail. Tidak ada mesin cetak yang bisa bekerja otomatis. Ini murni hasil proses input panca indera yang diolah oleh otak Anda hingga berupa media tulisan yang bisa dibaca orang lain.

3. Kebiasaan Membaca.
Seorang penulis sukses mempunyai kebiasaan atau budaya membaca sebagai kebutuhan hidup sehari-hari. Bahkan di salah satu buku yang pernah saya baca, mereka bisa menghabiskan 3 jam per hari untuk aktivitas membaca buku. Dengan perincian 2 jam untuk menambah ilmu di bidang yang kita geluti, sementara 1 jam lagi untuk membaca buku yang berkaitan dengan hobby. Pendek kata, mereka selalu haus informasi.

4. Kemampuan Intelektual. Kemampuan ini berkaitan dengan wawasan ilmu pegetahuan, logika, daya nalar dan visi akademis. Artinya, menulis berdasarkan fakta yang ada di lapangan, bisa dibuktikan kebenarannya, nggak asal gembar-gembor dan bisa memberikan solusi alternative bagi pemecahan masalah. Dan satu lagi, penulis hebat tidak akan mencampur aduk masalah pribadi dengan topic yang sedang dibahas. Anda boleh sensi kepada seseorang, tetapi ada aturan main supaya tidak kelihatan frontal.

5. Adaptif Terhadap Perubahan Jaman. Setahu saya, nggak ada ceritanya penulis itu kuper dan gaptek. Tapi bukan berarti mereka harus bergaya anak gaul, allay, lebay dan sejenisnya. Saatnya KTP Blogger berperan. Dibutuhkan sifat supel, bisa menyesuaikan diri, baik hati, rajin menabung dan tidak sombong. Pokoknya yang baik-baik saja deh.
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment