98 Cara Untuk Mengoptimalkan Website Untuk Penjualan

1. Tentang Konversi
1.1 Apa yang dimaksud dengan konversi?
Konversi pada online marketing (terutama pada periklanan online) berarti sebuah kegiatan yang membuat pengunjung website Anda berlangganan newsletter, mengisi formulir kontak, atau mengisi pertanyaan survei, atau membeli produk Anda. Selain itu, konversi juga dapat berarti transaksi melalui website Anda.

2. Mengukur konversi dengan sistem periklanan Google Adwords

2.1 Apa yang dimaksud dengan Google Adwords ?
Google Adwords adalah sistem periklanan yang memudahkan pengguna internet menemukan Anda di mesin pencarian (searchengine) Google. Google Adwords memungkin website Anda ada di peringkat atas pada halaman pencarian tersebut. Mengapa hal ini penting? Ini karena 80% calon pelanggan Anda mencari informasi di sana dan jika website Anda berada di peringkat atas, maka lebih mudah ditemukan.

2.2 Bagaimana cara kerja periklanan Google Adwords?
1. Pertama, Google akan melakukan analisa pada website Anda berdasarkan pada kata kunci yang Anda pilih untuk menarik pelanggan potensial.
2. Google Adwords
akan membuat satu kampanye iklan dan menggunakan kata kunci yang Anda pilih.
3. Ketika pelanggan potesial Anda memasukkan salah satu kata kunci, iklan Anda akan muncul
4. Ketika pengguna internet klik iklan AdWords Anda, maka dia akan dihubungkan ke website Anda atau ke halaman di mana Anda meletakkan penawaran Anda.
5. Selama masa kampanye iklan, Anda bisa mengamati statistik
AdWords Anda (jumlah klik, CTR, rata-rata CTR, konversi dan lain-lain).
6. Berdasarkan hasil kampanye yang terlihat dalam data statistik, Anda bisa melakukan modifikasi untuk membuat iklan Anda lebih efektif dan menghasilkan konversi yang lebih tinggi.

2.3 Mengapa Anda Harus Menggunakan Google Adwords?
Tanpa Google Adwords untuk membantu iklan Anda, akan sulit bagi Anda untuk mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak ke website Anda. Jika website Anda tidak mendatangkan banyak pengunjung, maka tidak banyak pula konversi yang akan terjadi.

Jika website Anda tidak menghasilkan konversi yang baik melalui website Anda, maka website Anda memiliki efektivitas yang rendah. Anda harus melakukan evaluasi karena sebenarnya jumlah pengguna internet yang mengunjungi website Anda dan kemudian tertarik untuk menjadi konsumen Anda adalah kunci kesuksesan bisnis online.

Anda masih kesulitan menggunakan Google Adwords untuk meraih kesuksesan usaha Anda? Silakan hubungi kami dan kami akan dengan senang hati membantu Anda untuk membuat lebih banyak orang mengunjungi website Anda dan tertarik untuk menggunakan produk /layanan Anda.

2.4 Konversi dan periklanan Google
Karena konversi adalah hal penting yang ingin dicapai dalam sistem periklanan Google, maka Anda harus mempersiapkan formulir kontak, halaman terima kasih (thank you page) dan kode koversi. Periklanan Google Adwords menawarkan kesempatan baik untuk meningkatkan kesempatan perusahaan Anda untuk memperluas usaha dan mengundang lebih banyak pengunjung website (pelanggan potensial) ke website Anda.

Konten website dan desainnya adalah kunci penting untuk membuat
pengunjung website melakukan transaksi. Dengan demikian, Anda harus
memperhatikan warna, navigasi yang mudah, callto action yang jelas,
yang akan membuat pengunjung untuk mengisi inquiry (formulir
penawaran) ataupun berlangganan newsletter, dan lain-lain.

2.5 Apa yang dimaksud dengan kode konversi?
Kode konversi adalah kode yang diletakkan pada elemen di mana konversi terjadi, contohnya pada thank you page (halaman terima kasih) atau pada formulir lain. Kode konversi berfungsi untuk menghitung jumlah pengunjung yang datang melalui klik iklan Google Adwords yang akhirnya mengisi formulir atau melakukan transaksi online.

2.6 Apa yang dimaksud dengan conversion rate (rata-rata konversi)
Selama periode kampanye iklan, Google Adwords akan mengukur konversi Anda (yang disebut conversion rate) yang menunjukkan hubungan antara jumlah konversi dengan jumlah total pengunjung website Anda.

Covertion Rate tersebut tertulis dalam bentuk persentase yang dihitung dengan rumus berikut ini:
Semakin tinggi persentase conversion rate, maka semakin tinggi tingkat kesuksesan kampanye iklan Anda. Meskipun jumlah conversion yang
terekam oleh Google tidak 100% tepat, namun angka tersebut dapat Anda jadikan acuan untuk mengevaluasi kampanye iklan yang Anda jalankan.
Coba kita lihat contoh berikut ini:
Seseorang klik iklan Google Adwords Anda, lalu mengunjungi website Anda, tetapi karena sesuatu hal, dia meninggalkan website Anda. Namun pada suatu saat dia kembali lagi ke website Anda tanpa melalui klik iklan Adwords kemudian dia melakukan transaksi. Statistik konversi ini tidak akan tercatat sebagai faktor dalam conversion rate Anda.

2.7 Apakah Anda menyediakan produk/layanan yang dicari pengunjung website Anda
Banyak pengunjung website meninggalkan website Anda tanpa melakukan transaksi atau kontak karena Anda tidak menyediakan layanan yang mereka cari. Untuk mengatasi hal ini, pilihlah kata kunci yang tepat sehingga pengunjung website yang terarah ke website Anda adalah yang benar-benar mencari produk/layanan yang Anda tawarkan. Jika Anda juga menggunakan SEO (optimasi), maka sesuaikan konten
website Anda agar membantu lebih banyak orang menemukan website Anda dengan kata kunci yang tepat.

 2.8 Lakukan tes iklan dan kata kunci Anda
Google Adwords memperbolehkan Anda untuk membuat beberapa variasi iklan, kata kunci dan landing page. Dengan demikian, Anda bisa melakukan tes untuk mengetahui mana yang bisa memberikan Anda konversi yang lebih banyak dan mengetahui mana yang bisa Mendatangkan pengunjung lebih banyak.

BERSAMBUNG
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment