98 Cara Untuk Mengoptimalkan Website Untuk Penjualan (3)

Mengoptimalkan Website Untuk Penjualan

4. Konten Website

4.1 Seberapa pentingkah judul?
Judul adalah elemen yang SANGAT penting untuk meningkatkan konversi. Jika pengunjung website tidak menyukai judul pada konten Anda, maka mereka tidak akan membacanya. Tidak peduli apakah itu website Anda, newsletter, blog, artikel, ataupun keterangan produk/ layanan Anda, jika judulnya tidak menarik, maka pengunjung website tidak akan membacanya.

Berikut ini kami berikan beberapa teknik yang sederhana tetapi efektif untuk menarik pengunjung website agar membaca konten Anda. Buat kalimat yang menjelaskan keuntungan yang akan didapatkan pengunjung dan bukan menitikberatkan pada keunggulan produk atau layanan Anda saja:
1. Informasikan kepada pengunjung website bahwa mereka bisa mendapatkan yang mereka inginkan dengan mudah
2. Pastikan informasi yang Anda berikan berdasarkan bukti yang nyata
3. Gunakan informasi yang spesifik

4.2 Apa yang Anda tulis
Apa yang Anda tulis lebih penting daripada apa yang Anda sampaikan. Peningkatan konversi akan terasa ketika Anda mengubah judulnya, meskipun tanpa mengubah konten maupun pernak-pernik dalam konten
tersebut. Buatlah tes dengan dua judul yang berbeda dan amati respon pengunjung website Anda dan tentukan mana yang bisa lebih banyak menambah konversi.

4.3 Jaminan
Berikan jaminan untuk pelanggan Anda untuk meraih kepercayaan mereka. Tetapi Anda harus memastikan bahwa apa yang Anda janjikan benar-benar mampu Anda berikan.

Untuk membuat orang lain percaya kepada Anda, maka yang harus Anda lakukan adalah percaya pada diri Anda sendiri. Tingkatkan kredibilitas Anda serta kepercayaan pelanggan dengan menjanjikan jaminan atas produk atau layanan Anda.

4.4 Bagaimana menonjolkan keunggulan?
Anda tidak tahu bagaimana cara menonjolkan keunggulan produk atau layanan Anda?
Lakukan latihan ini: bayangkan Anda adalah seorang calon pelanggan dan baru saja membuka email atau newsletter dari Anda kemudian bertanya, “mengapa saya harus tertarik dengan produk/layanan ini?” Jawaban dari pertanyaan ini akan berisi tentang keunggulan-keunggulan produk Anda. Jangan ragu-ragu untuk menuliskannya di website Anda.

4.5 Ulasan dari Pelanggan
Tambahkan ulasan dari pelanggan Anda yang puas dengan produk dan layanan Anda. Secara umum, testimonial berupa video akan lebih membawa pengaruh daripada gambar dan teks. Pernyataan yang dibuat dengan menampilkan nama pemberi ulasan juga lebih member pengaruh daripada pernyataan dari pelanggan tanpa memberikan nama. Dengan menampilkan ulasan dari pelanggan Anda akan meningkatkan kredibilitas usaha Anda di mata calon konsumen. Anda tidak tahu bagaimana caranya mendapatkan ulasan dari pelanggan yang puas? Jaga komunikasi Anda dengan pelanggan Anda, secara reguler, tanyakan pendapat mereka tentang produk atau layanan Anda. Buat video testimoni mereka untuk kebutuhan marketing Anda.

4.6 Tautan yang Menarik
Pada dasarnya, pengunjung website suka mengeklik tautan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Maka sediakanlah tautan tersebut! Berikan tautan-tautan ke halaman-halaman penting di website Anda dan pastikan tautan tersebut terlihat jelas sehingga pengunjung website Anda mengerti bahwa itu adalah tautan menuju ke informasi yang spesifik.

4.7 Pernyataan Media
Tambahkan pernyataan dari media ke website Anda. Anda tidak memiliki pernyataan pers tentang produk/layanan Anda? Tawarkan produk/ layanan gratis kepada media dan mintalah kepada mereka untuk memberikan opini mereka tentang produk Anda di media. Gunakan opini ini untuk membangun kepercayaan calon pelanggan Anda.

Mudahkan awal media meliput bisnis Anda. Kirimkan juga kepada mereka artikel-artikel menarik seputar bisnis Anda. Bukan tidak mungkin, mereka akan mempublikasikan liputan mengenai bisnis Anda secara gratis.
4.8 Kumpulkan pernyataan puas dari pelanggan Anda
Buat sistem di website Anda yang memungkinkan untuk mengumpulkan pernyataan kepuasan pelanggan. Edukasi karyawan Anda untuk menanyakan kepada pelanggan Anda mengenai kesan-kesan mereka, maka Anda akan mendapatkan pernyataan-pernyataan positif dari para pelanggan. Kirimkan e-mail kepada pelanggan Anda untuk meminta testimoni mereka. Sebagai balasan, Anda bisa memberikan produk/
layanan Anda secara gratis. 4.9 Tunjukkan hal-hal yang penting Tunjukkan hal-hal yang penting terkait dengan produk/ layanan Anda kepada pelanggan Anda. Buat supaya hal-hal tersebut langsung terbaca.

Bagaimana cara untuk menonjolkan hal-hal penting tersebut?
1. Tekankan bagian teks dan kata kunci
2. Gunakan huruf miring (Italics)
3. Beri highlights pada kata-kata yang penting
4. Anda bisa membuat gambar sketsa dan letakkan pada website Anda. Gambaran manual (sketsa tangan) akan menarik perhatian pengunjung website
5. Gunakan kata-kata yang bisa memberikan efek langsung menarik perhatian pembaca

4.10 Buang Pengganggu
Bayangkan jika ada terlalu banyak hal yang menyesaki website Anda. Tentu saja ini bukan hal positif yang mendukung konversi. Buang hal-hal yang tidak penting dan gunakan ruang di website Anda untuk hal-hal
yang mendukung penigkatan konversi.

4.11 Letakkan konten terbaik pada landing page Anda
Letakkan konten paling menarik dan paling penting pada landing page website Anda. Ini akan menghindari kesia-siaan. Coba bayangkan jika ada seorang pengunjung website datang ke landing page Anda dan menemukan bahwa konten yang ada pada landing page Anda tidak menarik dan tidak menjawab kebutuhannya. Dia akan langsung meninggalkan website Anda. Tentu saja ini bukan hal yang baik, bukan?

4.12 Apa yang harus ada di landing page?
Bagaimana cara untuk memilih konten terbaik untuk diletakkan di halaman landing page? Tulis daftar konten yang dicari oleh pengunjung website Anda. Bagi konten-konten tersebut dalam kategori-kategori dan sub kategori. Buat kategori berdasarakan popularitasnya (disukai atau tidak) oleh pengunjung website terkait dengan bisnis Anda.

4.13 Produk Best Seller
Ada baiknya Anda membuat daftar produk/ layanan yang banyak diminati pada website Anda. Ini akan
memberikan keyakinan kepada pengunjung website Anda untuk membelinya karena sebelumnya produk/ layanan tersebut sudah dibeli oleh banyak orang sebelumnya. Perusahaan serta produk/ layanan Anda akan mendapatkan kredibilitas dari penampilan Produk Best Seller ini.

4.14 Hindari tautan yang tidak tepat
Hapus tautan-tautan yang tidak tepat pada website Anda. Apa yang dimaksud dengan tautan yang tidak tepat? Tautan tidak tepat adalah tautan yang membawa pengunjung website pada tempat yang tidak mengarahkan mereka pada konversi atau pada tempat yang salah .

Cek semua tautan pada website Anda dan segeralah hapus tautan-tautan yang tidak tepat tersebut. Satu hal lagi, terkadang baik juga menunjukkan di website siapa mitra Anda, namun Anda pasti ingin konsumen membeli produk/layanan dari Anda, bukan dari mitra Anda. Jadi Anda harus pertimbangkan baik-baik apakah perlu mencantumkan mitra kerja Anda.

4.15 Kalimat pertama pada teks
Tulis kalimat pertama dalam teks Anda dengan huruf yang kecil tetapi berwarna. Huruf kecil yang berwarna akan lebih mudah dibaca daripada huruf capital. Jika kalimat pertama mudah dan menarik untuk dibaca, maka pengunjung website akan senang melanjutkan membaca kalimat-kalimat berikutnya.

4.16 Zoom
Berikan pengunjung website Anda pilihan untuk memperbesar (zoom) gambar produk Anda. Tambahkan gambar dengan resolusi yang tepat dan lebih baik dalam bentuk gambar vector agar tidak pecah ketika gambar tersebut dibesarkan. Pastikan pula Anda menampilkan gambar-gambar yang berkualitas baik.

4.17 Deskripsi foto
Tambahkan deskripsi di bawah foto yang Anda unggah. Para pengunjung website cenderung selalu membaca semua diskripsi foto.

4.18 Berapa konten yang bisa dianggap cukup
Sering sekali didiskusikan berapa jumlah konten yang bisa dianggap optimal untuk sebuah website. Secara umum, kami merekomendasikan Anda menambahkan artikel sebanyak yang Anda butuhkan. Artikel-artikel Anda haruslah cukup meyakinkan pengunjung website Anda pada produk/layanan Anda. Jadi penekanannya lebih pada kualitas artikel Anda, bukan pada kuantitasnya.

4.19 Bahasa
Gunakan bahasa yang sederhana dan kalimat-kalimat pendek namun meyakinkan untuk pengunjung website Anda.

4.20 Keuntungan
Jangan hanya berikan detail produk/layanan Anda, tapi tonjolkan keuntungan/kelebihan produk atau layanan Anda pada pengunjung website.

4.21 Informasi Transaksi
Berikan informasi yang detail yang terkait dengan bagaimana pengunjung website bisa melakukan transaksi. Buatlah informasi tersebut sejelas mungkin untuk menghindari interpretasi yang berbeda-beda. Anda harus membuat informasi ini menarik dan mudah dimengerti. Letakkan informasi ini di tempat di mana pengunjung website akan membutuhkannya. Anda tidak yakin akan menempatkannya di mana? Lakukan tes pada posisi yang berbeda dan pada konten yang berbeda! Temukan di mana lokasi yang paling efektif.

4.22 Keluhan
Buat sebuah layanan khusus untuk menerima keluhan pelanggan dalam bentuk suatu alamat email tertentu. Bagaimana Anda harus menangani keluhan pelanggan? Buatlah daftar prioritas berdasarkan kategori keluhan dan berdasarkan tingkat kepentingan mana yang harus direspon segera.

4.23 Membuat Daftar
Pada setiap akhir konten Anda, berikan daftar yang memberikan kesimpulan dari konten Anda (bisa dalam bentuk daftar) yang memuat kelebihan produk atau layanan Anda. Konten yang berupa daftar atau checkmarks cenderung lebih banyak menarik pengunjung untuk membaca.

4.24 Scanning/ Membaca
sekilas Banyak pengunjung website yang tidak membaca seluruh konten artikel Anda. Mereka hanya melakukan scanning atau membaca sekilas saja. Maka Anda pun harus menyusun artikel berdasarkan kebiasan pengunjung website ini. Bagaimana caranya? Gunakan model daftar, seperti pada penjelasan sebelumya, dan gunakan kata-kata persuasi untuk menarik pengunjung website.

4.25 Konten Audio
Konten yang berupa audio memiliki keunggulan dalam mendukung penjualan. Coba letakkan konten dalam bentuk audio untuk membantu meningkatkan penjualan Anda. Namun demikian, buatlah konten audio yang tidak mengganggu dan jangan berlebihan.

4.26 Video
Video memiliki pengaruh yang lebih besar daripada konten audio. Cara paling mudah untuk menambahkan konten video pada website adalah dengan menambahkan embedded content. Anda bisa mengunggah konten tersebut pada youtube kemudian meletakkannya pada website Anda. Video yang Anda buat sebaiknya berisi tentang produk atau layanan Anda, serta testimoni dari pelanggan yang puas dengan produk/
layanan Anda.

4.27 Menuliskan kembali
kelebihan produk/ layanan Anda Tulis kembali keungulan produk/ layanan Anda pada bagian “kereta belanja” atau formulir permintaan. Banyak pengunjung website klik pada “kereta belanja” hanya untuk melihat total harga produk/ layanan Anda. Jangan lewatkan kesempatan untuk meyakinkan mereka kembali agar membeli produk/ layanan Anda.

4.28 Ikon pada “Kereta Belanja”
Berikan foto kecil untuk menunjukan produk/ layanan yang sudah mereka pilih. Gunakan hal ini untuk meyakinkan pelanggan Anda bahwa mereka telah memilih produk/ layanan yang tepat.

4.29 Informasi
Ketika Anda membutuhkan dan meminta informasi dari pelanggan Anda, berikan penjelasan mengapa Anda membutuhkan informasi tersebut. Berikan juga jaminan bahwa Anda tidak akan menyalah gunakan informasi yang pengunjung website Anda berikan.
Contoh:
Kami tidak akan mengirikan email spam ke alamat Anda. Alamat email Anda tidak akan diberikan kepada pihak lain. Anda bisa meletakkan pernyataan ini dekat dengan “Order Now” untuk memastikan bahwa calon pelanggan Anda membacanya.

4. 30 Berbagai jenis penawaran / kontrak
Tawarkan beberapa jenis penawaran, misalnya penawaran melalui formulir kontak, telepon, email, maupun fax. Setiap calon pelanggan memiliki cara pilihan tersendiri dalam memilih penawaran yang menarik bagi mereka. Terkadang memberikan nomor telepon kontak Anda adalah cara yang efektif bagi calon pelanggan

4.31 Kode Diskon
Riset dan statistik menyatakan bahwa kode diskon juga mempengaruhi pengunjung website untuk melakukan pembelian. Pengunjung yang memiliki kode diskon merasa istmewa dan lebih tertarik melakukan transaksi karena merasa memiliki prioritas dalam pembelian.

4.32 About Us/ Tentang Kami
Coba lakukan tes dengan membuat beberapa versi halaman about us untuk mencari tahu mana bentuk yang paling tepat untuk segmen target pasar Anda. Letakkan foto-foto staf Anda dengan wajah yang ceria dan bersahabat. Jangan letakkan foto-foto yang kaku dan terlihat kurang bersahabat.

4.33 Konsistensi
Jaga konsistensi Anda dalam menjawab pesan pada website Anda. Lakukanlah dengan aktif. Konsistensi menjawab pesan adalah salah satu kunci meningkatkan penjualan karena meningkatkan kredibilitas di mata calon pelanggan.

4.34 Setelah melakukan pembelian
Jika konsumen melakukan pembelian, manfaatkan kesempatan ini. Tawarkan produk/layanan tambahan Anda pada akhir proses pembelian. Ini bisa saja menarik pelanggan untuk membelinya juga.

4.35 Rekomendasikan ke teman
Pada bagian thank you page / halaman terima kasih, tambahkan tombol “bagikan ke teman”. Anda bisa menautkannya ke akun media sosial mereka. Dengan merekomendasikan kepada teman, pelanggan ini telah
membantu Anda untuk meraih lebih banyak calong pelanggan lainnya.

4. 36 Produk Terkait
Tambahkan halaman website yang memuat produk yang terkait. Anda bisa meningkatkan penjualan produk lain dari ketertarikan pelanggan pada satu produk saja. Dalam istilah penjualan biasanya disebut cross-selling.

4.37 Mengirimkan Pesan Personal ke Teman
Buatlah teman Anda merekomendasikan produk Anda ke teman-teman mereka yang lain. Gunakan jaringan terdekat Anda untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Kebanyakan calon pelanggan akan lebih mempercayai rekomendasi orang yang mereka kenal daripada iklan. Gunakan fenomena ini untuk meraih pelanggan dari rekomendasi teman.

4.38 Gunakan sistem penawaran
Sistem penawaran yang terbaik adalah yang paling sesuai dengan target pasar yang dituju. Lakukan riset terhadap target pasar Anda dan sesuaikan sistem penawaran Anda untuk hasil yang terbaik.

4.39 Posisi bisnis Anda
Apa yang membuat produk/layanan Anda lebih baik dari competitor Anda? Tonjolkan keunggulan Anda di website. Biarkan pengunjung website menilai keunggulan mana yang menjadi perhatian mereka.

4.40 Berkomunikasi dengan jelas
Buatlah daftar 5 hal paling penting yang ingin Anda sampaikan kepada calon pelanggan Anda. Implementasikan pada konten website Anda. Pastikan 5 hal tersebut tersampaikan kepada pelanggan Anda dengan jelas.

4.41 Menghadapi Klien yang berbedapbeda
Ingatlah selalu bahwa pelanggan Anda memiliki kepribadian yang berbeda-beda dalam menghadapi apa yang Anda sajikan dalam websiteAnda. Lakukan pengamatan dan sesuaikan.Jika hal tersebut sulit dilakukan, lakukan segmentasi dasar berdasarkan tipikal calon pelanggan berdasarkan  kelas sosial sesuai dengan target pasar Anda.

BERSAMBUNG
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment