98 Cara Untuk Mengoptimalkan Website Untuk Penjualan (5)


6. Meningkatkan konversi dengan menggunakan Google Website Optimizer

6.1 Apa yang dimaksud dengan Google Website Optimizer?
Google Website Optimizer memudahkan Anda melakukan tes atas website Anda dengan dua cara:
• Tes A/ B
• Tes Multivariable
Tes A/ B memudahkan Anda melakukan tes secara menyeluruh pada semua bagian website. Anda bisa mengubah konten, tampilan, nuansa website serta membuat modifikasi. Anda memiliki banyak kemungkinan
yang bisa dites dengan cara ini. Tes A/ B cocok untuk website yang trafiknya belum terlalu tinggi.
Multivariabel tes memudahkan Anda melakukan tes pada beberapa variable website Anda sekaligus. Misalnya, Anda bisa melakukan tes untuk judul dan isi konten promosi sekaligus dalam 3 variasi untuk menemukan mana yang paling banyak mendapatkan respon dari pengunjung website Anda. Tes multivariable ini lebih rumit namun lebih optimal dilakukan untuk website dengan trafik yang tinggi.

6.2 Slogan
Tuliskan slogan di bawah logo Anda agar terbaca oleh pengunjung website. Utamakan keunggulan perusahaan dan produk/ layanan Anda. Pengunjung website Anda akan mengetahui ekspekasi mereka dan apa yang membedakan perusahaan Anda dari kompetitor

6.3 Masih kesulitan menemukan judul yang tepat?
Buat judul artikel Anda dengan judul yang biasa muncul di media seperti Reader’s Digest atau MSN.com. Judul artikel yang biasanya menaik perhatian adalah seperti “7 Alasan Mengapa UKM Membutuhkan Website”. Anda bisa memodifikasinya dengan cara seperti “10 Tips untuk meningkatkan ………….” Sehingga pengunjung website Anda merasa menemukan solusi dari kebutuhan mereka di website Anda.

6.4 Lakukan Tes Harga
Lakukan tes pada harga rendah dan harga tinggi, karena tidak semua calon pelanggan mencari harga rendah. Pelanggan akan mencari harga yang cocok untuk mereka dan Anda pun akan menemukan harga mana yang paling pas untuk produk/layanan Anda.

6.5 Tes Harga Dengan Angka Ganjil
Lakukan tes harga dengan harga ganjil, biasanya angka ini akan lebih banyak menarik calon pelanggan. Angka seperti Rp 990.000 akan lebih menarik dibandingkan angka Rp 1.000.000 walaupun sebenarnya angka tersebut tidak terlalu banyak terpautnya.

6.6 Lakukan Tes Dengan Memberikan Penawaran yang Berbeda
Pengunjung website Anda adalah orang-orang dari latar belakang yang berbeda-beda. Untuk itu, lakukan tes dengan penawaran berbeda untuk mendapatkan konversi yang maksimal. Anda bisa memberikan penawaran-penawaran sebagai berikut:
• Free trial sebulan
• Beli satu, Gratis satu
• Dibayar dengan cicilan
• Bayar separuh harga, dan sisanya dibayar dengan cicilan
• Beli sekarang, bayar bulan depan
• Beli dua, gratis satu
• Barang dapat ditukar dalam waktu satu minggu dari pembelian
• Dan lain-lain

6.7 Klasifikasi Harga
Bagi produk/ layanan Anda dalam beberapa paket. Buat satu paket yang merupakan versi standar, buat versi premiumnya untuk layanan yang lebih baik dengan harga yang lebih tinggi. Dengan menggunakan strategi ini, ada efek psikologi yang akan dialami oleh pengunjung website Anda. Mereka tidak lagi berpikir “akan membeli atau tidak” tetapi berpikir tentang “mau membeli paket yang mana”.

6.8 Ubah Cara Anda Menjual
Cobalah untuk mengubah dan melakukan tes pada metode pemasaran Anda. Apa yang bisa Anda pilih?
• Menjual produk/layanan saja
• Menggunakan catalog penjualan
• Memberikan laporan penjualan produk atau memberikan solusi dari beberapa masalah
• Membiarkan tim marketing Anda memilih metode mereka sendiri
• Mengunakan toko online
• Menawarkan teleshopping
• Menggunakan periklanan yang massif
Hal yang harus Anda ingat adalah semakin tinggi pengeluaran Anda, semakin rendah efektivitas penjualan Anda.

6.9 Lakukan Tes Pada Beberapa Paket Premium
Cobalah untuk membuat beberapa jenis paket premium. Tes mana penawaran yang paling disukai pelanggan:
• Fitur Pelayanan yang lebih
• Hadiah dll

6.10 Lakukan Tes Pada Call to Action yang Berbeda
Call to Action adalah apa yang Anda ingin calon pelanggan Anda lakukan pada langkah selanjutnya. Sebagian besar call to action tertulis pada tombol untuk menuju ke langkah berikutnya. Lakukan tes dengan
mengubah :
• Warna tombol
• Tata letak
• Kata-kata yang tertulis dalam tombol

Contoh kata-kata yang bisa digunakan:
• Kirimkan Permintaan
• Coba Gratis
• Beli sekarang dan dapatkan diskon 10%
• Temukan penawaran lain di sini!
• Dapatkan Diskon!
• Ikuti Kompetisi ini!

6.11 Warna tombol untuk call to action
Warna tombol pada call to action harus menarik dan cukup besar sehingga mudah terlihat. Warna dan ukuran tombol untuk call to action adalah salah satum kunci menarik perhatian pengunjung website. Pilih
warna yang sesuai dengan desai website Anda sekaligus mudah terlihat dan menarik.
6.12 Mengapa membelinya sekarang?
Lakukan tes mengenai beberapa alasan mengapa pengunjung website menentukan untuk melakukan pembelian segera. Lakukan tes dengan menggunakan motivator yang berbeda untuk menarik pembelian,
misalnya: Penawaran berakhir di hari Rabu. Hanya tersedia 12 tiket Terbatas

Dalam melakukan pancingan penawaran ini, Anda tidak boleh menawarkan apa yang tidak bisa Anda berikan. Konversi pada website Anda sangat tergantung pada kredibitas Anda dan kepercayaan
pelanggan kepada Anda. Dengan demikian, perhatikan benar-benar penawaran apa yang sanggup
Anda berikan yang akan direspon dengan cepat oleh pelanggan.

6.13 Paragraf pertama
Lakukan tes pada paragraph pertama Anda. Coba gunakan kata-kata yang kuat dan dengan ukuran huruf yang lebih besar.
6.14 Lakukan tes dengan menggunakan Foto yang berbeda
Berikut ini adalah beberapa jenis foto yang paling efektif digunakan dalam web:
• Foto produk.
• Foto penggunaan produk.
• Foto yang menunjukkan kesuksesan/ solusi yang dicapai dengan menggunakan produk tersebut.
• Foto dari konsumen yang puas dengan produk/layanan Anda (lebih baik lagi disertai dengan testimoninya).

6.15 Apakah Anda memiliki website dengan halaman yang panjang?
Apakah website Anda membuat pengunjung website harus melakukan scrolling panjang? Tambahkan tombol call to action pada beberapa tempat di antara artikel Anda. Lakukan tes untuk mengetahui tombol mana yang bekerja paling baik. Pastikan tombol tersebut terlihat jelas.

6. 16 Ukuran Huruf
Lakukan tes pada ukuran huruf konten website Anda dan tentukan mana yang paling cocok, terbaca, dan sesuai dengan konten website Anda.

6.17 Warna huruf
Lakukan tes pada warna huruf. Yang paling komunikatif dan sederhana adalah warna hitam dan putih. Warna tersebut cukup familiar di mata pengunjung website. program tracking eyes dibuat untuk diaplikasikan ke website Anda namun memang merupakan program berbayar. Anda bisa melakukan sesuatu yang lebih murah dengan cara menunjukkan website Anda kepada 5 orang yang berbeda lalu tanyakan pendapat mereka. Di banyak kasus, Anda akan tahu apa saja yang mereka perhatikan pada website Anda.

6.22 Pahami Pelanggan Anda
Cari tahu di antara pelanggan Anda mengenai informasi-informasi
berikut ini:
• Mengapa mereka melakukan pembelian?
• Mengapa tidak?
• Mengapa sebagian besar tidak melakukan pembelian?
Gunakan SurveyMonkey atau formuli Google Docs untuk melakukan
survei. Anda juga bisa menelepon mereka secara personal untuk mencari
tahu.

6. 23 Lakukan Tes dan Observasi
Anda bisa saja berdiskusi dengan teman kerja Anda, atau pegawai Anda. Apa yang berhasil membuat orang membeli produk Anda, dan apa yang tidak? Mana yang lebih optimal? Apa yang membuat pelanggan yakin untuk melakukan penjualan? Mana produk/layanan yang paling unggul dalam penjualan?
Namun hasilnya akan cenderung lebih subjektif dan memakan waktu yang lama. Maka, hentikan diskusi Anda dan mulailah melakukan tes.

6.24 Perubahan
Apakah teman kerja Anda mengkritik Anda karena melakukan banyak perubahan pada website Anda? Jelaskan pada mereka bahwa Anda sedang melakukan tes, jadi perubahan yang Anda buat hanyalah untuk sementara bukan secara permanen.

Anda bisa meminta mereka untuk mengusulkan variasi yang bisa dites untuk mendapatkan solusi terbaik untuk website perusahaan Anda.

6.25 Yakinlah pada tes yang Anda lakukan
Hanya sedikit saja orang yang mau mengerti bahwa Anda harus melakukan beberapa tes untuk keberhasilan website Anda. Pada awalnya, Anda akan terasa lamban untuk menentukan hasil dari tes namun lambat laun Anda akan semakin cepat dalam menentukan apa yang orang suka dan apa yang bisa meningkat penjualan.

6.26 Bagaimana cara melakukan tes?
Pastikan Anda melakukan tes secara menyeluruh untuk meningkatkan kesuksesan bisnis Anda. Tapi bagaimana caranya? Anda memiliki beberapa pilihan:
• Melakukan tes sendiri
• Menggaji orang untuk melakukannya
• Menyewa agensi untuk melakukan tes untuk Anda
Jika Anda ingin melakukan konsultasi dan tes pada website Anda, berkait dengan akusisi pelanggan dan konversi, Anda bisa menghubungi kami untuk berkonsultasi GRATIS dan menemukan solusinya.

6.27 Apakah Anda marketer itu?
Marketer terbaik untuk bisnis Anda, adalah website Anda. Website Anda memiliki kemampuan untuk menjual kepada ribuan konsumen secara simultan. Seperti jika Anda mempekerjakan 10 orang sales. Meskipun demikian, Anda tetap harus siap dalam memberikan informasi dan keluhan pelanggan. Kata-kata yang Anda gunakan harus menarik untuk para pengunjung website. Lakukan tes untuk menemukan teks terbaik yang menarik pengunjung melakukan pembelian. Silakan memilih, menjadi marketer untuk bisnis Anda sendiri melalui website atau membayar orang lain?

6.28 Tes apa saja yang harus dilakukan?
Apa tes yang harus dilakukan dan apa yang tidak? Lakukan tes pada perubahan yang besar dan mencolok. Mengapa demikian? Ada dua alasan:
• Anda akan lebih cepat mendapatkan hasil
• Website Anda akan lebih cepat ditingkatkan
• Lebih sedikit biaya yang Anda keluarkan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan

6.29 Apa yang harus Anda lakukan jika ada penurunan konversi?
Jangan khawatir jika terjadi penurunan konversi. Jika salah satu versi yang sedang Anda tes memberikan hasil buruk, setidaknya Anda jadi tahu bahwa versi tersebut tidak baik, jadi jangan pernah gunakan versi yang demikian. Anda tidak rugi dalam melakukan tes karena Anda mendapatkan pencerahan yang bermanfaat untuk masa depan bisnis Anda.

6.30 Jangan menghentikan tes secara instan
Jalan menghentikan tes secara instan. Beberapa orang akan menyuruh untukTunggu sampai Anda memiliki data yang cukup. Lakukan tes kira-kira selama 14 hari untuk mendapatkan informasi yang cukup. Beberapa orang lain mengatakan bahwa bisa juga Anda melakukan tes selama 30 hari. Ada juga yang mengatakan bahwa lakukan berdasarkan perkiraan semata.

Jadi mana yang benar? Semuanya tidak ada yang tepat. Gunakan perangkat yang disediakan Google Adwords untuk hasil yang optimal karena dengan menggunakan perangkat statistik ini Anda akan diberi tahu ketika hasilnya sudah relevan dan data tersebut sudah cukup untuk memberikan hasil tes. Perangkat ini memberikan akurasi yang jauh lebih tepat daripada sekadar perkiraan-perkiraan tanpa dasar.

BERSAMBUNG
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment