Jurnal Adsense

 
Orang yang ingin mengurangi berat badan sering membuat “diari makanan”. Tanpa diari makanan, maka orang mudah lupa bahwa snack yang dimakan tengah malam tadi atau tambahan gula dalam cangkir keempat kopinya. Dengan adanya diari makanan Anda bisa tetap jujur pada diri sendiri. Ia membantu Anda menemukan jawaban alasan yang sesungguhnya di balik adanya sedikit naik turunnya berat badan Anda.
Saya yakin bahwa setelah membaca buku ini, Anda akan bersemangat untuk mencoba banyak teknik pemolesan yang dibahas di sini – termasuk sebagian yang sudah Anda lakukan sendiri.
Tanpa adanya jurnal AdSense, maka kesuksesan Anda bisa terlepas,
atau mengulangi kesalahan yang pernah Anda lakukan. Ingatlah program
yang saya sebutkan sebelum ini, AdSenseDesktop. Tool ini menyediakan
segala yang Anda perlukan untuk membuat jurnal aktivitas AdSense
Anda!
Setiap teknik pemolesan kecil dihitung, namun jangan coba-coba untuk melakukan segalanya sekaligus.
Lakukanlah pendekatan step-by-step. Tulislah rencana AdSense Anda pada pekan pertama. Lakukan login ke account AdSense Anda sekali sehari, untuk melacak CTR dan pendapatan Anda.

Janganlah bersikap kaku dengan rencana Anda. Sediakan ruang untuk berinspirasi. Jika Anda mendapat ide yang sangat hebat, catatlah agar bisa diimplementasikan nantinya. Jangan implementasikan ide-ide Anda
semuanya sekaligus dan BERILAH waktu pada setiap ide yang Anda jalankan. Anda akan menemukan dalam satu hari jika Anda memiliki ribuan pengunjung yang meng-klik halaman situs Anda. Jika bukan begitu
kasusnya, beri waktu beberapa hari. Lebih baik lagi sepekan! Janganlah patah semangat dengan sedikitnya, fluktuasi harian dalam CTR dan pendapatan Anda. Ini adalah sesuatu hal yang normal dan tak ada
hubungannya dengan polesan terakhir Anda.

Bergabunglah ke sebuah forum AdSense, jika mungkin ikuti beberapa. Berbagilah tips yang Anda lakukan dengan para member lainnya. Diskusikan apa yang berjalan dan apa yang tak berjalan dengan Anda.

Kadangkala, seorang anggota forum mungkin akan mengingatkan Anda akan adanya kemungkinan pelanggaran atas AdSense TOS – Syarat dan  Ketentuan / Aturan Main AdSense. Mungkin saja itu adalah peringatan palsu, namun saya lebih suka selamat daripada menyesal!
Jika ada keraguan, layangkan email ke AdSense support di: adsensesupport@
google.com
Hampir semua email dijawab dengan cepat oleh orang sungguhan, bukan
robot penjawab. Mereka tak akan menggantungkan / suspend account
Anda bila Anda bertanya kepada mereka, namun kemungkinan hal itu
akan mereka lakukan jika Anda tak bertanya. Ada seorang pembaca yang
mengirim email ke saya dengan perasaan sangat khawatir karena mereka
akan adanya pelanggaran klik pada situs mereka. Dengan proaktif
melakukan kontak ke Google untuk menyampaikan kekhawatiran mereka,
kemungkinan besar mereka akan selamat dari risiko dihapuskannya
account AdSense mereka!
Bacalah semua yang Anda bisa dan catatlah setiap ide bagus. Ini akan tetap menjaga tingkat interest agar Anda tetap tinggi dan memberi Anda sesuatu yang baru untuk bekerja sepanjang waktu.
Setiap ‘polesan’ baru adalah batu loncatan Anda menuju ke kesuksesan AdSense.

Begitu Anda mencapai suatu tingkat tertentu, maka mudah untuk mengatakan ‘Hebat! Aku telah menemukan semua jawabannya!’ Namun peganglah kata-kata saya – Internet marketing senantiasa berubah dan
aturan mainnya pun akan berubah juga untuk Anda. Janganlah seperti dua orang kecil yang malas dalam buku “Who moved my cheese?” Teruslah mencari cara-cara baru untuk menghasilkan uang dengan AdSense. Gantilah ide-ide yang tampaknya tak lagi berjalan dengan ide-ide dan inspirasi baru. Beberapa orang yang saya kenal masih mengelus-elus bokong mereka setelah dot-com tak lagi berjalan.

Selalu lebih mudah bila kita sedang melihat suatu hal yang sedang datang, dibandingkan tatkala ia mengagetkan Anda! Ingatlah dongeng tentang ‘The Emperor’s New Clothes’? Ada satu pelajaran di sana bagi kita semua para Internet marketer, dan pelajaran itu adalah: Tak peduli berapapun banyaknya uang yang telah Anda peroleh dari AdSense atau apa pun hasil tes IQ Anda: itu tak akan berjalan hingga statistik Anda menunjukkan angka yang bagus!

Contoh Jurnal AdSense

Contoh, katakanlah Anda punya situs tentang pohon bonsai. Anda membaca buku ini dan Anda memutuskan untuk mulai menerapkan strategi-strategi yang telah saya bahas. Statistik asli Anda mungkin akan tampak seperti ini. Anda mencetaknya dan menggunakannya sebagai perbandingan:
Jurnal Adsense
Jelas, tujuan akhir Anda adalah hendak meningkatkan CTR tersebut, dan sekarang ini hendaknya Anda memiliki semua jenis ide tentang bagaimana Anda akan melakukannya. Anda menuliskan 3 hal pertama:
􀂃 3-Way Matching – Warna teks, latar belakang, dan ukuran teks.
􀂃 Layout – Menggeser iklan ke wilayah ‘above the fold’ di mana akan tampak lebih menonjol.
􀂃 Targeting ads – Mengganti judul untuk meningkatkan relevansi dan memperbaiki kata kunci.
Anda sudah menggunakan iklan dengan format 336 x 280 sehingga Anda memutuskan untuk mulai dengan 3-Way Matching dan mengubah semua iklan Anda sehingga membaur dengan halaman situs Anda. Anda membuat warna latar belakang iklan Anda ‘matching’ dengan warna latar belakang situs Anda dan ukuran dan warna teks iklan sama dengan ukuran dan warna teks di dalam konten Anda. Sepekan kemudian, statistik Anda menunjukkan seperti ini:
Jurnal Adsense

Pendapatan mingguan Anda sudah naik dari $285.71 ke $313.65 dan rata-rata CTR Anda telah naik penuh. Ini adalah awal yang bagus, namun perjalanan Anda masih cukup panjang.

Anda mencetak laporan pekan ini dan menulis di sampingnya “3-Way Matching” sehingga Anda tahu persis apa yang telah Anda lakukan untuk membuat perubahan-perubahan tersebut. Kini Anda tahu seberapa besar pengaruh 3-Way Matching atas pendapatan Anda.

Selanjutnya, Anda memindahkan iklan yang Anda tempatkan di bagian paling bawah halaman situs Anda ke area ‘above the fold’ dan menempatkannya di posisi yang menonjol. Sepekan kemudian, Anda mencetak statistik berikut ini:
Jurnal Adsense
Sekali lagi, CTR Anda telah naik dan pendapatan mingguan Anda telah meningkat hingga $341.40. Di samping hasil statistik ini, Anda menulis “Layout” dan Anda meletakkannya di dalam jurnal Anda setalh set kedua Anda.

Kini ada hal yang sedikit rumit. Iklan Anda telah membaur dengan halaman situs dan berada pada posisi yang menonjol. Namun Anda menemukan bahwa ternyata iklan yang muncul tak selalu relevan. Pada halaman situs Anda yang membahas tentang growing bonsai from cutting, misalnya, Anda mendapati bahwa Anda mendapat banyak iklan tentang scrapbooking (buku tentang cara bikin kliping).

Dengan melihat ke server log Anda mendukung firasat Anda bahwa iklan-iklan ini tak mendapat klik sama sekali. Anda membuat sebuah channel untuk halaman tersebut dan mengikuti statistik Anda selama sepekan. Statistik aslinya tampak seperti ini:
Jurnal Adsense
Hasil yang tampak cukup lemah tapi tampaknya ada sedikit pengunjung situs Anda yang tertarik dengan scrapbooking, hal itu tak terlalu mengejutkan. Maka Anda mengubah judul halaman situs tersebut dari www.bonsai.com/cuttings.html ke www.bonsai.com/tree_cuttings.html dan mengubah kata “cuttings” menjadi “tree-cuttings”, terutama di area bagian bawah kotak iklan.

Anda mengupload hasil update halaman situs tersebut, menunggu robot untuk mengindeks halaman situs baru Anda itu dan mencek bahwa kini Anda mendapat iklan dari situs-situs gardening dan hortikultura. Setelah sepekan, Anda menemukan bahwa statistik Anda untuk halaman tersebut tampak seperti ini:
Jurnal Adsense
Lagi, Anda ingin mencetak halaman ini dan menempatkannya ke dalam jurnal Anda. Sejauh ini dalam tiga pekan terakhir, polesan sederhana ini telah meningkatkan pendapatan mingguan Anda di atas $104. Dan masih banyak lagi yang bisa Anda lakukan!

Anda bisa memastikan agar setiap halaman teroptimasi, Anda bisa mencari kata kunci yang bayarannya lebih tinggi dan Anda dapat bereksperimen dengan berbagai warna dan layout, search box dan iklan berganda untuk meningkatkan pendapatan Anda. Dan tentu saja, Anda bisa membuat lebih banyak lagi halaman dan situs baru.

Perhatikanlah bahwa hanya dalam contoh terakhir (tatkala Anda mengubah kata kuncinya, memperbaiki posisi Anda dalam search engine) barulah apa pun perubahan itu berpengaruh pada impression Anda.Polesan-polesan ini dengan sederhana menghasilkan hampir semuatraffic yang telah Anda miliki! Tentu saja, jika Anda menambahkan lebih banyak lagi traffic, Anda akna menghasilkan uang lebih banyak.

Yang penting untuk diingat adalah bahwa Anda hendaknya merekam segala hal yang Anda lakukan dan selalu mengamat-amati hasilnya. Dalam beberapa pekan saja, Anda telah memiliki catatan lengkap atas semua perubahan yang telah Anda buat dan bagaimana hasilnya.
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment