Rahasia Google Adsense : Pedoman untuk para web publisher baru

Bab 12: Apa Yang Harus Dikerjakan Sebelum Anda Mengajukan Aplikasi ke Google AdSense
Pedoman untuk para web publisher baru

 
Bayangkanlah bahwa Tuan Pemasang Iklan Besar di Google sedang berselancar di Internet, mencari beberapa kata kunci yang berhubungan dengan bisnisnya. Dengan malas-malasan dia meng-klik sebuah situs web yang aneh.

Logonya tampak amatiran. Kontennya penuh salah cetak. Bahkan beberapa link tidak berfungsi. Dan kemudian, dia melihat sesuatu yang hampir tak diharapkannya. Dia tampak membeku beberapa saat. Kedua bola matanya melotot lebarlebar dan Anda bisa melihat otot-otot pipinya menegang. Dia pun mengangkat telpon dan memutar nomor. “Saya tak percaya ini!” semprotnya, “Saya tak percaya Anda memasang iklan SAYA di situs web ITU!” Ah ha.

Google punya reputasi dalam hal menyediakan layanan kepada customer mereka dengan baik. Sebuah reputasi dalam menyediakan konten yang berkualitas, traffic yang tepat sasaran dan good value atas uang para pengiklan mereka.

Cara untuk memenuhi persyaratan ini adalah dengan menyediakan konten yang memenuhi persyaratan mereka dan satu langkah lagi dengan menambahkan sesuatu yang unik, yang mana situs lainnya mungkin tidak menawarkannya.
Sebelum Anda mengajukan aplikasi ke Google Adsense, pastikan dulu
bahwa Anda tidak ambil jalan pintas dalam hal menata layout dan
memasukkan konten yang berkualitas. Google segera menolak situs web
yang dibuat khusus untuk menarik spider atau mengakali orang untuk
meng-klik iklan AdSense.
Agar mendapat pendapatan yang besar dari AdSense, Anda perlu memiliki konten yang unik, komitmen sungguh-sungguh pada pengunjung Anda dan konten yang fokus – sehingga memudahkan para pengiklan
untuk mendapatkan target konsumen mereka. Ringkasnya, berikut ini adalah beberapa hal yang HARUS dan JANGAN dilakukan sebelum Anda mengajukan aplikasi:

12.1 Jangan membuat situs web yang khusus untuk memancing spider pencari, tanpa memiliki konten yang unik untuk pengunjung manusia.
 
Tadi sudah saya bahas tentang pentingnya membuat konten yang memang benar-benar menarik bagi para pengunjung situs Anda. Jika Anda punya konten yang menarik, Anda akan memiliki CTR yang lebih tinggi dan penghasilan yang lebih tinggi pula. Dengan begitu banyaknya cara bersih/sah untuk membuat konten yang bisa menghasilkan pendapatan, maka Anda hanya menipu diri sendiri saja tatkala Anda mengambil jalan pintas. Anda mengurangi CTR Anda dan Anda meningkatkan peluang untuk di-ban oleh Google.

12.2 Jangan membuat situs web semata-mata untuk mencari uang dari AdSense.
 
Cara terbaik untuk menghasilkan konten yang memang benar-benar menarik adalah dengan menghasilkan konten yang memang benar-benar menarik bagi Anda sendiri!

Anda mungkin merasa bahwa makin banyak halaman yang Anda buat, makin banyak pula uang yang akan Anda terima, namun jika Anda tak mampu menghasilkan jenis konten yang dapat berkompetisi dengan
perusahaan-perusahaan yang benar-benar menghasilkan materi yang bagus, maka Anda tak akan mendapat traffic ataupun pendapatan.

Namun ada banyak sekali topik yang Anda ketahui dan sukai. Itulah jenis materi yang dapat mendatangkan uang kepada Anda. Itu juga akan menjadikan usaha mendapatkan uang tadi menjadi lebih menyenangkan.

12.3 Sediakanlah konten yang tepat sasaran dan akan membantu para pengiklan di Google untuk bisa mendapatkan keuntungan dari traffic Anda.
 
Namun menulis tentang apa yang Anda sukai dibandingkan apa yang dapat membantu Anda untuk menghasilkan uang bukan berarti Anda mesti melupakan tentang menggunakan konten Anda untuk
mendatangkan iklan yang tepat sasaran.

Jika Anda tahu bahwa terdapat beberapa kata kunci tertentu dalam topik Anda yang memiliki nilai lebih tinggi lagi, maka tentu saja Anda dapat menulis tentang hal itu. Anda pun bisa memastikan untuk memasukkan banyak kata kunci dan heading agar supaya iklan tersebut tepat sasaran.

12.4 JANGAN membuat situs web khusus untuk menargetkan kata kunci yang sangat tinggi jika Anda tidak merencanakan untuk mengembangkan konten yang berkualitas!
 
Tak semua pengiklan menawar tinggi dalam lelang atas kata kunci yang sama. Sebagaimana halnya adalah ide yang buruk untuk membuat lebih banyak konten sekadar untuk menghasilkan uang yang lebih banyak,
maka adalah suatu kesalahan untuk fokus pada kata kunci tertentu untuk menghasilkan banyak uang!

Jika Anda sudah siap untuk menghasilkan konten yang bagus dan ingin agar konten tersebut mencakup kata kunci yang bernilai tinggi, salah satu laporan yang SANGAT berguna mengungkapkan kata kunci yang bernilai tinggi tersebut. Dapat Anda temukan di: http://www.adsense-secrets.com/cashkeywords.html

Rahasia Google Adsense
Jika Anda ingin membuat situs secara agresif, salah satu tool lainnya yang sangat berguna dan ingin Anda lihat adalah Top Keyword List. Ini adalah sebuah layanan yang memberi jasa ‘plug and play’ bulanan kepada member dengan menawarkan 25 market AdSense bayaran tinggi setiap pekan. Dengan sebuah aplikasi yang menghasilkan sebuah halaman sederhana, Anda dapat menghasilkan 25 halaman dengan cepat dan mudah dari update setiap pekannya. Jika Anda lebih memilih meluangkan sedikit lebih banyak waktu lagi untuk membangun situs Anda dengan artikel, mereka menawarkan tool peneliti kata kunci yang unik yang bisa membantu Anda untuk menemukan frasa-frasa kunci agar Anda bisa mengkonsentrasikan artikel Anda agar mendapat bayaran maksimal dari AdSense. Baca lebih lanjut tentang tool ini di: http://www.adsensesecrets.
com/topkeywords.html

12.5 Situs web yang memiliki ranking lebih tinggi dalam hasil pencarian Google (SERPS) akan mendapat bayaran per klik yang lebih baik dibandingkan situs web yang berada pada ranking yang lebih rendah untuk term pencarian yang sama.
 
Saya tak tahu apakah itu karena Google sekadar ingin memberi penghargaan kepada situs-situs yang memenuhi kriteria mereka untuk listing pencarian tinggi atau karena mereka berasumsi situs-situs yang memiliki ranking lebih tinggi tersebut akan memiliki pengunjung yang lebih baik untuk para pengiklan dibandingkan situs-situs yang ranking-nya lebih rendah.

Akan tetapi, apa pun itu, agaknya lebih berkaitan dengan relevansi konten. Sebuah situs web yang berada pada urutan paling atas dianggap lebih relevan dibandingkan yang rankingnya lebih rendah. Maka selalu
ceklah Google Search Ranking Anda untuk search terms tepat sasaran Anda dan bekerjalah secara kontinyu untuk mengoptimasikan situs web Anda. Konsekuensinya adalah tatkala Anda telah membuat situs Anda,
Anda perlu memperhatikan optimasi search engine.

Hal itu bukan hanya akan mendatangkan traffic gratis kepada Anda, ia juga akan mendatangkan uang yang lebih banyak atas traffic yang Anda terima. Anda bisa mempelajari lebih banyak tentang optimasi search engine pada
bab 17.

12.6 Tingkatkan ‘Kesiapan Orang untuk Membeli’
 
Para pengiklan lebih menyukai situs web yang memiliki pengunjung yang memiliki kualitas untuk membeli. Perkenankan saya menjelaskannya dengan contoh sederhana ini: Sebuah pencarian dengan kata kunci “cell phones” dapat memunculkan sebuah halaman yang menerangkan tentang bahaya radiasi telpon seluler, sebuah risalah dari seorang profesor universitas tentang teknologi messaging dan pedoman pembeli (buyer’s
guide) yang memberikan perbandingan fitur dan harga dari model telpon seluler yang paling laris.

Bagi seorang pemasang iklan yang sedang mencari sasaran para pembeli telpon seluler, terms “buyer’s guide” menawarkan spasi iklan yang paling relevan (dan dengan demikian bernilai). Inilah bagian dari membuat konten yang tepat sasaran.

Anda ingin orang meng-klik iklan Anda. Demikian juga para pengiklan. Jika Anda dapat menjaga iklan Anda fokus pada produk yang sedang dijual oleh para pengiklan Anda maka Anda mampu meningkatkan CTR Anda.

Tentu saja, menjadi tugas Google untuk memastikan bahwa iklan Anda cocok dengan konten Anda, namun jika Anda menulis tentang DVD maka memang masuk akal bila menghasilkan konten yang mendorong orang untuk membeli DVD karena itu adalah jenis iklan yang Anda ketahui akan terpampang di situs Anda! Jika Anda menulis tentang masalah beli rumah, Anda bisa merasa yakin bahwa Anda akan mendapat iklan tentang hipotik dan agen real estate.

Buatlah halaman situs tentang bagaimana menemukan hipotik yang tepat atau bagaimana mencari agen real estate dan bukan hanya membuat iklan tersebut tampak lebih relevan namun juga lebih menarik.
Trik Google Adsense
Gambar 12.2 Inilah yang diinginkan oleh para pengiklan!
Tim Carter adalah contoh nyata tentang bagaimana relevansi konten mampu membangun loyalitas. Sebagai seorang pakar di bidangnya, dia menambahkan relevansi dan kredibilitas pada iklan yang muncul pada halamannya. Coba lihat contoh ini di: http://www.askthebuilder.com/Brick.shtml

12.7 Jangan potong kompas. Periksalah adanya salah cetak, layout amatiran, link yang tak berfungsi, konten yang berkualitas rendah atau plagiatisme.
 
Para pengunjung ingin mencapai situs web yang profesional. Di situs-situs itulah mereka meluangkan sebagian besar waktu mereka di sana dan memberikan perhatian terbesar. Situs-situs itu juga yang mendapat penghargaan paling besar dari Google.

Google membayar untuk membantu peningkatan kualitas situs web Anda. Ia membayar untuk mendapatkan sebuah disain yang bagus dan sebuah situs yang menarik dan dipelihara dengan baik.
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment