7 Hari Jadi Juragan ( Bagian 3)

7 Hari Jadi Juragan

Hari ke4 Gantikan 'modal' dengan 'nego'

Hindari  kata ‘modal’. Gantikan  kata 'modal' dengan 'nego'. Bukankah modal itu untuk membeli perlengkapan, sewa tempat, gaji, dan lainnyal?

Misalnya ada 100 hal yang anda perlukan: gerobak, tempat, sign board, peralatan masak, brosur, panggangan dan perlatan lainnya. Mana yang bisa Anda adakan dahulu tanpa modal?

Nego gratis
Tempat bisa Anda dapatkan dengan nego gratis 3 bulan, bahkan 2 tahun (saya sudah buktikan dan ceritakan di buku pertama saya). Saya juga pernah dapat sewa gratis di salah satu mal di Mangga Dua selama setahun. Caranya gimana?

Buat proposal: 10 Alasan kenapa usaha Anda layak menjadi tenant anchor disana..!
Tokcer..!

Jika toh Anda tak mendapatkan gratis, Anda bisa mendapatkan lebih murah atau sistem pembayaran yang ringan. "Masa' mereka mau sih Mas J..?" >> coban dulu baru komentar. Kalau gak mau gimana? Ya cari ke tempat lain, sampai ada yang mau..!

Bayar mundur
Kalau gak bisa gratis, bisa minta diskon dan bayar mundur atau cicil ringan ke pemilik tempat, kontraktor, atau supplier Anda. Dengan begitu aliran kas jadi sehat. Ingat: negosiasi bayar mundur ini tidak hanya berlaku saat awal Anda tak punya duit saja, tapi akan berlaku seterusnya. Jangan saat Anda punya duit,
kemudian jor-joran dengan membayar semuanya tunai, kemudian saat 'hujan' tiba, Anda tak punya 'payung'.

Minta DP
Siapa pun yang terlibat dalam proses bisnis Anda bisa menjadi investor, termasuk pelanggan Anda. Anda bisa meminta uang muka (down payment) baik secara cuma-cuma  atau  dengan  iming-iming  diskon  atau  bonus  tambahan. Dengan demikian uang muka tersebut bisa digunakan untuk membayar kewajiban lain yang jatuh tempo.

Jika opsi bayar mundurdan uang muka digabungkan, maka Anda akan mendapati 'lumbung kas' Anda selalu terisi. Kas Anda adalah darah Anda. Jika kehabisan, bangkrut adalah ancamannya.

Tukar guling atau bantal
B anyak  jalan  menuju  Roma. Gak  punya  tunai, bisa  bayar  dengan  barang atau tenaga (jasa) yang kita miliki. Prinsipnya sama-sama membutuhkan dan menguntungkan. Saya  pernah  nego  beli  mobil  dengan  sebagian  bayar  pakai training saya. Begitu juga sewa gedung YEA Bandung pertama kali, harga 9,6 juta menjadi 1,5 juta ditambah training. Sudah masuk akal?

Orang lebih percaya jika Anda sudah mulai Misalnya Anda berhasil mendapatkan tempat gratis dan gerobak bayar mundur, maka Anda lebih mudah untuk negosiasi berikutnya.

“Tempat? Kita sudah ada. Gerobak? Sudah dipesan. Kita hanya perlu tambahan modal sedikit lagi..” >> lebih punya posisi tawar dibanding: “Rencananya kita mau buka di depan Mal YubiYubi. Rencananya akan beli gerobak. Rencananya juga mau mulai promosi, kalauuuuuuu… sudah dapat investor” >> calon investor juga ragu dengan kesungguhan dan kegigihan Anda. berdagang sebagai jembatan Ada yang tanya, “Mas J, apa bedanya pebisnis dengan pedagang?”. Saya jawab, “Gak penting tentang definisi, yang penting kamu bisa mandiri deh..”. Belajar bisnis bisa dimulai dari berdagang, seperti yang Nabi lakukan. Kenapa berdagang? Karena belajar untuk memasarkan itu utama. Hindarilah produksi saat pertama kali  usaha. Setelah  aliran  uang  lancar, silakan  merambah  ke  produksi  untuk memaksimalkan keuntungan.

Bersambung
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment