Berbisnis Affiliate Marketing tanpa Website

Affiliate Marketing tanpa Website

Memiliki website sendiri untuk mempromosikan produk affiliasi adalah pilihan yang baik. Tapi bisakah bisnis affiliate dijalankan tanpa website sendiri? Tentu saja bisa. Ada banyak cara/metode yang dapat digunakan untuk menjalankan affiliate marketing tanpa website sendiri. Diantaranya melalui email marketing, menulis artikel ke group, bergabung dengan diskusi online di forum,dll.

Mari kita bahas beberapa metode penting untuk mempromosikan produk afiliasi tanpa harus memiliki website.

Email Marketing
Ini berlaku jika Anda memiliki list email yang banyak dan target marketnya pas. Oleh sebab itu dari awal Anda terjun ke bisnis online penting sekali untuk melakukan list building. Gunakan layanan autoresponder yang bagus agar tidak menyesal dengan kualitasnya.

Email marketing adalah kegiatan promosi melalui email. Ini artinya Anda menulis sebuah penawaran mengenai produk afiliasi yang Anda jual. Jangan lupa sertakan link affiliate Anda. Jika sebelumnya Anda sudah membangun kedekatan dengan list Anda maka konversi penjualannya akan sangat tinggi. Banyak pakar marketing online menyebut bahwa email marketing menduduki peringkat pertama untuk keampuhan menciptakan penjualan.

Adapun penyebab mereka belum membeli produk yang ditawarkan memang beragam seperti belum membutuhkannya, tidak ada uang, belum terjalin kedekatan, kalimat penawaran yang buruk, benefitnya kurang menarik, atau bahkan bisa jadi mereka bukan target market Anda alias salah orang.

Promosi Offline

Jika memungkinkan lakukanlah promosi offline misalnya melalui stiker yang dipasang di kendaraan, brosur yang dibagikan di tempat umum, sablon di kaos, pin asesoris dan sebagainya. Intinya buat sebanyak-banyaknya orang mengunjungi web penjualan. Biasanya link affiliate panjang dan sulit diingat maka stratginya adalah alamat yang Anda cantumkan di stiker, brosur, sablon dan sebagainya adalah alamat blog review Anda atau bisa juga Anda membeli domain khusus yang Anda setting agar jika dikunjungi orang akan langsung diarahkan ke alamat atau link affiliate Anda. Ini disebut dengan domain fordwarding. Alterntifnya Anda juga bisa meggunakan layanan pemendek link gratis seperti bit.ly dan lain-lain.

Ebook Gratis
Buatlah ebook gratis yang cukup informatif dan mudah dipahami dan tentu saja harus bermanfaat bagi pembaca. Topik ebook dianjurkan berkaitan dengan produk afiliasi yang Anda jual.

Strateginya adalah menambahkan penawaran beserta link afiliasi Anda di akhir pembahasan ebook. Jika mereka menyukai ebook Anda, maka kemungkinan besar mereka akan merespon penawaran Anda.

Bagikan ebook itu secara gratis di sosial media, forum, blog, dan sebagainya. Biarkan banyak orang mendownload dan membaca ebook Anda. Sebarkan sebanyak-banyaknya. Ingat produk digital sepeti ebook berapa kalipun di download tidak akan membebani Anda sebagai pemiliknya. Tidak ada biaya cetak ulang seperti halnya buku fisik di penerbit. Untuk ebook Anda cukup direpotkan saat pembuatannya di awal saja.

Upload ke media penyimpanan file secara online misalnya mediafire atau google drive, ambil alamat downloadnya maka link itulah yang Anda sebarkan. Jadi Anda tidak harus mengirim manual file ebook via email.

Join di Forum atau Grup
Mulailah bergabung di beberapa forum diskusi. Terutama forum yang berkaitan dengan produk afiliasi Anda.
Carilah forum diskusi dengan pengunjung yang cukup banyak dan selalu aktif setiap hari. Anda bisa bertanya di forum tersebut atau bisa juga menjawab pertanyaan dari member lainnya.

Pada intinya buatlah orang-orang di forum tersebut terkesan dengan Anda. Jika sudah terjalin kedekatan maka mereka akan mencari tahu tentang Anda dan buat mereka menemukan penawaran Anda.

Trik ini lebih ampuh dibandingkan Anda masuk forum masih baru dan menjadi orang asing lalu membobardir seisi forum dengan iklan dan promosi yang bombastis. Ingat semua orang tidak suka dipaksa beli melalui iklan.

Buat Artikel
Anda bisa menuliskan artikel yang berhubungan dengan produk yang dipromosikan lalu publikasikan artikel tersebut di blog (jika tidak ingin keluar biaya gunakan blog gratis) atau bisa juga posting di article directories gratis. Bisa juga gunakan fitur note di sosial media.

Buatlah artikel yang berkualitas dan informatif. Biarkan mereka terkagumkagum dengan Anda sebagai penulis artikelnya karena artikel sangat menarik dan berkualitas.

Mereka akan mencari tahu Anda secara lebih jauh. Selain itu mereka tidak akan sungkan mengklik banner iklan yang Anda pasang atau Anda sisipkan di dalam artikel tersebut.
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment