Cara Mempromosikan dan Seo Video


Langkah awal yang bisa kita lakukan adalah mensubmit video ke Google Webmaster agar video tersebut di index oleh google. Masukan link video om dan tante pada kotak yang ada.
Cara Mempromosikan dan Seo Video
Link video bisa dilihat di dashboard channel atau di browser (ketika menonton video tersebut).
Selanjutnya submit video url video tersebut ke bing. Caranya sama saja seperti kita mensubmit link ke google webmaster tools tadi.

Setelah itu kita bisa melakukan ping ke link video yang kita miliki. Website untuk ping sangat banyak. Salah satu yang bisa kita gunakan adalah pingler.com. Silahkan di ping videonya disana.
Keterangan,
Title : keyword yang ditargetkan untuk video tersebut
Tunggu proses ping, biasanya cepat kok. Dah beres ngepingnya? Nah maka tugas kita pun sudah beres. Cuma sampai disitu aja cara promosinya? Ga juga, ini baru awal =)) . Pada bagian selanjutnya kita akan melihat bagaimana cara-cara unik untuk mempromosikan video. Baik melalui SEO, social media dan lain-lainnya. Silahkan dilanjut…

Memberikan sentuhan SEO untuk video
Seo atau search engine optimization (optimasi pada search engine) adalah cara yang paling tepat untuk mempromosikan video. Dengan melakuan SEO, maka video kita akan lebih mudah mendapatkan posisi yang baik pada search engine atau mesin pencari. Berikut penjelasannya…

1. Memasukkan video pada status Google Plus (G+)
Om dan tante punya akun google plus kan? Kalau belum punya silahkan dibuat terlebih dahulu. Buat akun G+ dengan foto profile cewek cantik atau laki-laki ganteng saja haha. Untuk akun google plus yang masih baru, buatlah beberapa status terlebih dahulu (misal 10 status). Kemudian cari follower untuk akun google plus tersebut (minimal 5 – 10 follower). Untuk mendapatkan follower awal, ajak teman-teman kamu untuk memfollow akun google plus kamu (Publish ke facebook atau ke akun twitter atau bisa juga invite teman-teman yang ada di email kamu). Lama-lama akan banyak orang yang memfollow akun G+ tersebut, mungkin karena terpesona sama foto profilenya =)) . Semakin banyak follower tentunya akan semakin baik.

Jika sudah, submit videonya pada akun G+ tersebut. Caranya buatlah status yang agak panjang (misal 100 – 150 kata) dan di dalam status tersebut terdapat keyword yang kita targetkan. Hal ini bertujuan agar status G+ kamu tersebut bisa mendapatkan posisi yang baik di google.

Oya umur akun google plus juga cukup berpengaruh ya. Biasanya akun yang tua dan followernya lumayan banyak akan lebih bagus di search engine. Tua-tua keladi nih hehe…

2. Mensubmit video pada situs social bookmarking
Nah ini yang akan membuat posisi kita semakin baik di search engine. Submit link video kita pada situs-situs social bookmarking. Jika target dari video tersebut adalah orang-orang bule sana maka gunakanlah situs social bookmarking luar saja. Tapi jika targetnya adalah orang-orang Indonesia, maka kita bisa mensubmit video tersebut ke situs social bookmarking luar dan juga situs social bookmarking khusus Indonesia.

Om dan tante bisa mensubmit videonya ke 10 situs social bookmarking atau lebih. Untuk list social bookmarkingnya silahkan di googling saja. Jika misalnya keyword yang ditarget cukup berat, om dan tante bisa mensubmit video tersebut ke banyak situs social bookmarking, misal lebih dari 50 situs social bookmarking. Kalau misalnya merasa ribet dengan submit ke situs bookmarking ini, gunakan jasa saja. Ada kok jasanya di forum ads.id atau di fiver sana =)). Biasanya harganya murah meriah juga hehe.

3. Membuat review di website atau blog sendiri
Saya rasa om dan tante sudah memiliki blog atau website ya. Nah silahkan buat artikel yang berkaitan dengan video yang sudah kita buat. Kemudian embed video di dalam postnya dan berikan backlink ke video tersebut. Kita bisa memasang satu link yang mengarah ke video, penjelasannya…
Anchor / keyword link : Keyword yang ditargetkan untuk video
Link : Mengarah ke link video kita di youtube
Jumlah link : Maksimal satu link saja

Oya panjang kata dari artikel review ini adalah minimal 350 kata (jika target Indonesia maka artikelnya bahasa Indonesia, jika target bule ya harus Bahasa bule :D ). Jika artikelnya sudah selesai dibuat, om dan tante bisa mensubmit artikel tersebut ke beberapa situs social bookmark (misal 5 situs social bookmark).

4. Menggunakan blog dummy
Blog dummy adalah blog pendukung yang sengaja dibuat untuk melakukan SEO. Untuk blog dummy biasanya menggunakan web 2.0 (blog-blog gratisan). Nah kita bisa membuat blog-blog gratisan untuk meningkatkan rank atau posisi video di search engine.

List blog gratisan bisa dicari di google. Ketik saja di google “web 2.0” atau create free blog, Misal klik disini dan disini. Contoh web 2.0 atau blog gratisan seperti blogger.com, wordpress.com dan lain-lainnya. Setelah mendapatkan list blog dummy, silahkan buat blog gratisannya. Mungkin bisa dibuat 3 – 5 blog gratisan, lebih juga ga papa hehe.

Setelah blog gratisannya dibuat, isi blog tersebut dengan beberapa artikel terlebih dahulu, misal 5 artikel. Kemudian submit blog gratisan yang sudah dibuat tadi ke beberapa situs social bookmarking. Tunggu blog gratisannya terindex di google dulu atau tunggu saja 2 – 3 hari.

Jika sudah barulah kita buat artikel review untuk video yang kita miliki. Caranya hampir sama seperti membuat review di blog sendiri, yaitu pasang embed video di artikel tersebut dan pasang satu link mengarah ke video (dengan anchor link adalah keyword yang ditargetkan pada video). Jumlah kata pada artikelnya juga 350 kata ya, kalau bisa ya lebih.

Setelah artikel reviewnya selesai dibuat, silahkan disubmit ke beberapa situs social bookmark.

5. Membuat artikel promosi di forum-forum
Forum juga bisa kita manfaatkan. Selain dapat meningkatkan posisi video kita, artikel di forum biasanya juga akan lebih mudah mendapatkan posisi yang baik di search engine.

Silahkan dicari list-list forumnya. Kalau targetnya luar ya mau ga mau harus nyari list forum luar juga hehe. Setelah list forumnya kita dapat, siap-siap untuk membuat thread atau artikel pada forum tersebut. Panjang artikel boleh 350 kata atau lebih. Jangan lupa pasang link videonya pada artikel / thread tersebut ya. Beberapa forum yang bisa kita gunakan…
Contoh forum Indonesia,
- Kaskus
- Bersosial.com
- www.Pengusaha.co
- Lautanindonesia.com
- Forumbebas.com
- Dan lainnya

Contoh forum luar,
- V7n
- Siteownerforum
- Digitalpoint
- Sitepoint
- Devianart
- Warrior Forum
- Dan lainnya

 
Penting! Ketika melakukan promosi di forum-forum yang kita inginkan, harap baca terlebih dahulu peraturan yang ada di forum tersebut. Dan jangan lupa untuk mengedit profile, memasang foto profile dan membuat thread berkenalan. Setelah itu komentarlah di thread-thread yang ada. Kemudian tunggulah satu atau dua hari (jangan langsung membuat thread promosi), tujuannya agar ga terlihat nyepam haha. Setelah itu barulah kita buat thread untuk promosi. Jika artikelnya sudah selesai dibuat, silahkan disubmit ke situs social bookarmarking.

Note : Jika ga bisa pasang link di artikel thread, maka kita bisa memasangnya di signature saja. Yang disubmit ke situs social bookmark nantinya adalah link dari profile kamu di forum tersebut

6. Memanfaatkan situs Tanya jawab (Question & Answer)
Situs Tanya jawab juga dapat meningkatkan SEO. Tentunya kita bisa memanfaatkannya untuk melakukan SEO video yang kita miliki. Contoh situs Tanya jawab…
- Yahoo Answer
- Quora
- Question.com
- Dan lainnya

 
Carilah pertanyaan yang sesuai dengan apa yang sedang kita promosikan di situs Tanya jawab tersebut. Kalau ga ada yang nanya ya buat aja pertanyaan lalu jawab sendiri (tentunya dengan akun yang berbeda). Kemudian pasang link video sebagai referensi jawaban tersebut.

7. Tukaran link atau membeli artikel review
Selanjutnya kita bisa melakukan tehnik yang satu ini, yaitu tukaran link atau membeli artikel review. Cara ini bisa kita lakukan jika keyword yang kita targetkan tersebut cukup sulit dan merupakan keyword atau kata kunci sepanjang masa (selalu ada yang mencarinya dan bukan kata kunci musiman saja). Saya pernah melakukan tehnik yang satu ini ketika men-seokan salah satu video saya. Waktu itu video tersebut digunakan untuk bermain affiliate dan keyword yang saya targetkan cukup sulit. Yang saya lakukan adalah membeli artikel review dari blog-blog bule (saya cari di forum luar seperti digital point dan lainnya).

Harga artikel review saat itu kalau ga salah adalah sebesar $5 per artikel reviewnya (jumlah kata adalah 300 kata dan backlink yang diberikan adalalah satu backlink). Saya membeli lebih dari 15 artikel review, modalnya lumayan juga sih hehe.

Jika om dan tante ingin mencoba cara ini silahkan saja. Artikel review dapat dibeli di forum-forum seperti digital point, warrior forum dan lainnya (untuk target luar). Jika targetnya Indonesia silahkan dicari saja di forum ads.id.

Yang gratisan gimana caranya om?. Kalau mau gratisan ya tukar link aja dengan pemilik website lainnya. Pasang link website mereka di salah satu halaman website kita dan minta mereka memasang link video kita di salah satu halaman website mereka (Jangan pasang di halaman depan website ya hehe). Contohnya kita bisa meminta mereka memasang link video kita di salah satu artikel web mereka, di salah satu page atau lainnya. Tujuannya adalah agar backlink tersebut terlihat lebih natural dan tidak terkena penalty oleh google.


Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment