Title, Deskripsi Pada Video

Masih mau lanjut atau istirahat dulu nih om dan tante? Hehe. Kalau dah merasa agak cape mending santai dulu deh sambil ngeteh, tapi kalau masih merasa fit boleh deh dilanjut.

Pada bagian ini kita akan melihat bagaimana cara menyetting title atau judul video, deskripsi video dan lainnya pada video yang kita upload.

1. Title / Judul pada video
Untuk title atau judul pada video, usahakan mengandung keyword tapi tetap natural. Sebelumnya kita sudah mempelajari bagaimana cara melakukan analisa ya. Nah tempatkanlah keyword atau kata kunci yang sudah kita analisa sebelumnya pada bagian title atau judul video. Ingat agar tidak terlihat spam, maka cukup masukkan tiga keyword pada title video tersebut. Dan ingat juga, titlenya jangan terlalu panjang ya.
Contoh judul misalnya kita menargetkan keyword makanan khas bandung. Maka judul videonya bisa kita buat seperti di bawah ini…
Toko makanan khas bandung, asli dan enak
Atau…
Makanan khas bandung dan resepnya, Dijamin Enak!
Silahkan diatur ya dengan menggunakan analisa yang sudah kita pelajari sebelumnya

2. Deskripsi pada video
Untuk deskripsi pada video juga harus kita atur. Masukkan keyword-keyword pada deskripsi tersebut. Keyword bisa kita letakkan di bagian awal deskripsi. Tapi ingat kata-kata yang kita gunakan haruslah natural agar tidak terlihat spam. Kita bisa memasang nama web kita pada kotak deskripsi video tersebut. Dan kita juga bisa mengulang keyword yang kita targetkan pada bagian akhir dari kata-kata yang digunakan sebagai deskripsi video.

Contoh deskripsinya seperti di bawah ini jika kita menargetkan keyword makanan khas bandung…

Mencari makanan khas bandung asli dan resepnya yang enak?. Lihat video makanan khas bandung yang satu ini, sudah terbukti resepnya enak loh hehe.

Web : namaweb.com
Label : Masakan Bandung, Makanan Khas Bandung, Makanan Khas Bandung Asli, Makanan Khas Bandung Enak, Makanan Khas Bandung Dan Resepnya

Label di atas hanyalah sebagai penguat keyword saja. Apakah boleh seperti itu? Ya boleh asal tidak terlalu banyak keyword yang kita tempatkan di sana. Untuk contoh di atas, pada bagian labelnya saya menempatkan lima keyword yang ditargetkan.

3. Mengatur tags pada video
Untuk mengisi tags caranya cukup mudah. Kita bisa mengisi tags tersebut dengan keyword-keyword yang kita targetkan dan dengan keyword yang related atau yang masih berhubungan.

Berapa banyak tags yang bisa kita isi?. Sepertinya agak banyak juga boleh, misal 5 – 10 tag. Bolehkah menggunakan lebih banyak tag dari 10 misal 20 tag?, wah jangan terlalu juga haha.

4. Thumbnail video
Penggunaan thumbnail pada video juga harus kita perhatikan. Banyak pebisnis toko online biasanya mengggunakan gambar nomor kontak dengan background warna seadanya sebagai thumbnail video mereka. Apakah cocok menggunakan gambar seperti itu sebagai thumbnail?.

Menurut saya thumbnail pada youtube ditujukan agar orang yang melihatnya menjadi tertarik untuk melihat video tersebut. Jadi om dan tante, gunakanlah gambar yang menarik sebagai thumbnail. Misal jika kita sedang mempromosikan bisnis toko online dan ingin menampilkan nomor kontak pada thumbnail, maka kita bisa menggunakan background gambar yang menarik untuk nomor kontak tersebut.

Berikut adalah contoh-contoh dari mengatur title, deskripsi, tag dan juga thumbnail video…
Title, Deskripsi Pada Video
Title, Deskripsi Pada Video
Nah kira-kira seperi di itu pengaturan yang saya jelaskan sebelumnya. Untuk contoh gambar thumbnail, di atas adalah contoh untuk pemain bisnis toko online. Untuk affiliate dan google adsense tentunya berbeda (tidak menampilkan nomor kontak hehe). Yang penting thumbnailnya harus menarik agar memancing orang untuk menonton video tersebut. Jika setelah mengupload video ternyata thumbnail yang muncul kurang memuaskan, maka kita bisa mengupload gambar khusus yang akan digunakan sebagai thumbnail tersebut.
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment