Cara Praktis Jualan di Facebook

Jualan di Facebook

Untuk mendapatkan 5 juta pertama anda dari facebook, saran saya, setelah membaca sampai selesai semua isi artikel ini, anda tidak berhenti begitu saja, saya ingin anda mempraktekkannya, mencobanya, lakukan penuh semangat dan pantang menyerah. Jangan berhenti sebelum berhasil.

Semoga artikel ini adalah jawaban dari kegelisahan dan kegalauan anda selama ini karena belum berhasil, meski sudah mencoba beberapa ilmu dan mempraktekkannya. Berikut ini langkah-langkah yang harus anda
lakukan...

Langkah Pertama Mulailah dengan Angka

Bayangkan dahulu target yang ingin anda capai dalam berbisnis online melalui facebook, tetapkan penghasilan pertama yang ingin anda capai, tulis di sebuah kertas dan tempel di tempat-tempat yang mudah di lihat. Di meja kerja, di dalam kamar, di pintu rumah atau jadikan wallpaper di handphone anda.

Misal anda targetkan 5 juta pertama,lanjutkan tetapkan tanggal nya, bulannya,nah.... ini sangat penting, kapan dan berapanya. Ayo... coba tulis! Tulis angka-angka nya... lebih besar pun boleh.

“5 juta pertama akan saya dapatkan setelah 2 bulan praktek tanpa pernah mengeluh dan menyerah. Terus belajar dan memperbaiki kekurangan” 5 juta akan saya dapatkan pada tanggal 10 Juni 2016.

Lalu mari kita cari tahu, bagaimana 5 juta ini bisa terkumpul dan masuk ke rekening. Ini adalah target yang harus anda capai dan buktikan.

Sebelumnya pahami dulu ini:
Kenapa kita bisa mendapatkan uang sebesar 5 juta? Rumus Jualan untuk mendapatkan 5 juta:
1. Jualan 1 barang yang untungnya 5 jt
2. Jualan 2 barang yang untungnya 2,5 jt
3. Jualan 5 barang yang untungnya 1 jt
4. Jualan 10 barang yang untungnya 500 rb
5. Jualan 25 barang yang untungnya 200 rb
6. Jualan 50 barang yang untungnya 100 rb
7. Jualan 100 barang yang untungnya 50 rb
8. Jualan 200 barang yang untungnya 25 rb
9. Jualan 500 barang yang untungnya 10 rb
10. Jualan 1000 barang yang untungnya 5 rb

Nah.... banyak jalan untuk menuju Roma dan China, eh salah, banyak cara untuk mendapatkan 5 juta pertama.

Langkah Kedua Mau Jualan Barang Apa?

Tentukan barang yang mau anda jual, jangan bingung dan pusing, dan jangan bertele-tele.
Caranya adalah:
  • Bisa jualan barang yang sekarang anda jual secara offline.
  • Bisa jualan barang baru yang anda cari referensinya dari marketplace seperti tokopedia, yukbisnis.com atau dari bukalapak. Lihat dan cari barang yang paling laku alias laris.
  • Paling mudah kalau anda bingung adalah dengan cara menjadi reseller atau dropshipper.
  • Jualan ilmu dan buku yang anda menguasai materinya.
  • Barang untuk jualan itu banyak, bahkan semua barang yang ada disekitar andapun bisa dijual.
  • Berpikirlah untuk sedikit lebih kreatif
  • dan action oriented.
Nah,,,, tentukan sekarang juga, tetapkan, pilih 1 dan jalan. Fokus pada 1 produk anda
dahulu.

Oh ya... di artiekl ini saya tidak akan membahas detail teknis mengoperasikan facebook, karena saya yakin anda semua sudah memahami itu, kalaupun belum paham, coba anda sedikit bekerja keras untuk
mencari tutorial gratisan di google. Yakin.. pasti banyak bertebaran ilmu ini.

Langkah Ketiga Jualah Pada Orang yang Tepat

Jualah barang atau produk anda pada orang yang membutuhkan dan mau membeli. Bahasa lainnya adalah target market anda harus benar dan tepat. Ini adalah kunci larisnya jualan anda, jangan asal menjual dan menawarkan kepada siapapun.

Sebagai contoh, anda menjual produk pakaian bayi dan perlengkapannya. Maka saran yang paling bagus adalah fokus menawarkan produk anda kepada ibu-ibu yang memiliki bayi, dengan cara mencari tempat mereka biasa berkumpul. Nah... ini maksudnya jualah pada orang yang tepat.

Untuk itu, setelah kita mempersiapakan semua produk dan jualan kita, kita harus melakukan langkah-langkah praktis ini:

  • Ketahui terlebih dahulu siapa calon konsumen kita (target jualan)
  • Temukan mereka berada di mana (cari grup facebook tentang ibu menyusui, konsultasi bidan, konsultasi dokter anak, grup ibu dan bayi, grup makanan untuk bayi sehat, begitu juga fanpage nya)
  • Cara praktis lebih cepat adalah kita cari grup atau fanspage orang lain (pesaing) yang menjual produk yang sama dengan kita.
  • Lalu selanjutnya adalah add mereka, jadikan teman friends kita.
  • Selanjutnya jangan langsung jualan, tapi bangun komunikasi dan kedekatan, saling menyapa dan berkomentar dengan mereka.
  • Sabar jangan jualan dulu, lakukanlah posting hal-hal yang bermanfaat.
  • Nah sampai sini dulu ya. Jangan jualan dulu. Tetap sabar, ada waktunya.

Tips praktis mendapatkan target jualan yang tepat yaitu silahkan anda mencari di facebook produk yang anda jual, meskipun berbeda merk tidak masalah.

Contohnya jika kita menjual madu maka carilah grup yang jualan madu juga, jika kita menjual jilbab, bergabunglah dengan grup orang-orang yang menjual jilbab, atau jika kita menjual produk-produk edukasi bisnis seperti buku, maka bergabunglah dengan grup penulis nya, grup jualannya juga.

Anda tidak perlu berlama-lama mencari teman yang tertarget, karena mereka sudah berkumpul di tempat yang tepat. Silahkan add mereka menjadi teman anda. Cek Jumlah Friend Facebook Anda Ingat, kita ingin jualan, pastikan teman kita lebih dari 1000 orang, bila sudah mencapai angka itu, silahkan tambahkan sebanyak mungkin teman kita. Semakin banyak semakin baik, apalagi jika itu semua target market
yang pas untuk jualan kita. Maksimal pertemanan dalam 1 akun adalah 5000 teman, maka maksimalkan ini, kalau kita add sendirian maka akan lama dan capek juga, caranya adalah buat diri kita di add oleh orang lain. Memang bisa?

Ya... tentu aja bisa dan mungkin, caranya adalah dengan membuat postingan-postingan yang menarik dan mengandung viral (efek menyebar luas) hingga akhirnya orang penasaran dan mendapatkan manfaat lalu
akhirnya meng-add kita untuk jadi temannya. Target teman kita di akun facebook juga bisa dibagi-bagi, dari total 5000 itu, alokasikan untuk mencari teman yang loyal dalam hal LIKE, KOMEN dan SHARE sebuah postingan. Misal anda meng-add sekitar 500-1000 orang yang suka sekali ngasih like, komen dan share. Caranya gampang sekali, coba anda cari dan bergabung dengan fanspage populer (motivator, ustadz dan artis) ketika mereka membuat postingan, biasanya langsung banyak yang like, komen dan share statusnya.

Tugas anda adalah meng-add mereka beberapa menit setelahnya. Tujuannya apa? Tujuannya adalah ‘memanfaatkan’ mereka yang menyukai kata atau postingan yang bermanfaat dan mereka loyal untuk like,
komen dan share. Ini berguna ketika kita nanti membuat postingan tentang hal serupa, hingga akhinya postingan kita pun berpotensi mendapatkan share, like dan komen dari mereka.
Nah...pahamkan

Langkah Keempat Manajemen Posting yang Tepat

Jangan hanya membuat status postingan yang isinya jualan terus, orang lain yang ada di pertemanan kita akan bosan juga, seperti kita ketahui, jarang sekali ada orang yang suka ditawari terus jualan dan iklan. Maka dari itu diperlukan manajemen postingan yang tepat.

Buatlah postingan berdasarkan jam dan hari dalam 1 minggu, lalu ulangi terus. Bolehkan
jualan nantinya? Ya tentu saja boleh, memang ini tujuan kita mendapatkan 5 juta pertama tadi.

Buat komposisi postingan yang elegan, menarik dan tidak membosankan. Anda bisa menceritakan di dalam status anda hal-hal seperti ini:
  • Postingan inspirasi baik tentang kehidupan ataupun inspirasi semangat.
  • Buatlah postingan pengalaman anda yang menarik, misal pengalaman berbelanja, jalan-jalan tapi dapat hikmah atau pembelajaran.
  • Buat juga postingan tentang do’a, mendo’akan dan minta dido’akan oleh teman di facebook anda.
  • Buat juga postingan tentang strategi jualan dan pengalaman anda berbisnis.
  • Lakukan juga postingan yang sifatnya memberikan sesuatu yang gratis atau bonus, dengan syarat tertentu atau tanpa syarat.
  • Dan lain-lain.... coba pikirkan dan cari referensi lain.

Tips... agar postingan kita tidak umum adalah buatlah status dari pengalaman kita sendiri, bisa juga sesekali share status bermanfaat milik orang lain, seperti tokoh atau public figure. Agar status kita bisa viral dan menyebar, disukai oleh orang lain.

Jangan lupa juga, biasakan untuk loyal kepada list teman kita, lakukan aktifitas like, komen dan share untuk status mereka yang bermanfaat. Ingin diberi harus memberi dahulu. Jangan pelit dalam berkomentar, memberi like dan men-share status orang lain.

Curi perhatian mereka dan ambil hatinya, kalo sudah jatuh hati mereka akan percaya dan mudah berbagi, berbagi duit ketika anda jualan, alias tidak sungkan membeli. Komposisinya agar tidak terlalu terlihat jualan
adalah 80 : 20 atau 70 : 30 maksudnya adalah dari total semua postingan kita dalam sehari 20% atau 30% nya adalah jualan atau menawarkan produk, sisanya 70% atau 80% sebelumnya adalah komposisi postingan bermanfaat di atas. “Postinglah status yang bermanfaat, seperti status informasi, motivasi dan share pengalaman. Jangan hanya fokus jualan.”

Langkah Kelima Branding Diri Anda

Ini berhubungan dengan kepercayaan dan rasa nyaman orang lain ketika nanti berhubungan dengan kita, saat bertransaksi ataupun sekedar silaturahmi.

Dengan kata lain tujuan lain dari branding diri adalah agar orang lain mempunyai pandangan dan persepsi yang positif dan baik, hingga nantinya mereka percaya, kita memiliki trust yang cukup tinggi. Hasil akhirpun sama, mereka tetap nyaman ketika ditawari jualan. Mudahnya, arti mem-branding diri adalah bagaimana kita memasarkan diri kita dan ingin dikenal sebagai apa dan siapa.

Untuk tujuan menjual dan mendapatkan target 5 juta pertama, maka upayakan langkah mem-branding ini disesuiakan dengan apa yang akan kita jual, saran sederhananya adalah, jadilah anda seorang ahli dan
menguasai produk dan seputar ilmu-ilmu produk yang anda jual nantinya.
ü Ketika kita akan menjual produk pakaian, maka jadilah ahli dibidang ini, langkahnya, buatlah postingan tentang seluk beluk bahan pakaian, tutorial merawan dan memakai pakaian, buat info seputar pakaian yang bermanfaat. Kuasai ilmu tentang ini semua.

ü Ketika anda menawarkan jasa desain web dan grafis, maka sering-seringlah berkomunikasi dengan membuat serangkaian postingan yang mencirikan bahwa anda ahli di bidang itu. Tulis kegiatan anda sedang mengerjakan proyek A, B dan C lalu share.

ü Ketika kita menjual paket produk kecantikan dan pelangsing, maka jangan hanya fokus ke jualannya saja. Anda bisa berbagi tips merawat kulit dan wajah, tips memilih kosmetik yang asli, tips berbelanja online yang aman, dan tips lainnya. Ceritakan juga pengalaman anda menggunkannya.

ü Dan lain-lain, ayo berkreasi dengan kreatifitas tanpa batas, otak kita akan terlatih bila diberi beban berfikir, sama halnya dengan otot. Maka seringseringlah berlatih melakukan step by step langkah-ini. Branding diri yang paling baik adalah yang berhasil mencapai tujuan kita, yaitu selain menghasilkan trust juga menghasilkan jualan.

Langkah Keenam Jualan yang Elegan

Sekarang saatnya anda berjualan yang menghasilkan pendapatan. Jangan sampai gagal dan menyerah ketika mendapat hambatan. Kuncinya adalah ingat selalu pada impian dan target yang kita tetapkan.

Dalam menawarkan barang jualan, kita harus memiliki strategi dan teknik yang beragam, jangan hanya 1, gunakan lebih dari 1 strategi karena teman kita banyak dan memiliki kebiasaan dan karakter yang berbeda-beda.

Seperti yang sudah disinggung di langkah kedua, tentang produk apa yang ingin dijual, ada banyak sekali jenisnya yaitu bisa berupa produk fashion, gadget, aksesoris, kesehatan, kecantikan, properti, seminar, pelatihan, buku, paket tour & travel dan lain-lain.

Tips praktis jualan laris
Berikut ini beberapa hal yang bisa kita lakukan dalam menawarkan jualan:
  • Langkah kedua sampai langkah kelima adalah cara agar jualan anda laris, maka praktikkan!
  • Perhatikan waktu yang tepat untuk menawarkan jualan, bukan jam sibuk kerja atau jam malam ketika orang ingin tidur dan istirahat.
  • Gunakan foto terbaik dan desain yang menarik.
  • Buat penawaran yang membuat orang lain sulit menolak.
  • Gunakan testimoni dari custumer dan tokoh.
  • Berikan bonus tambahan yang berhubungan dengan produk.
  • Dan masih banyak lagi.
Pelajari ilmu-ilmu yang mendukung agar semakil laris dan eksis:
  • Belajarlah ilmu copywriting (kata atau kalimat penawaran) yang bisa menggerakkan orang lain untuk membeli. Bisa belajar dari mas Dewa Eka Prayoga, Dewa Selling.
  • Belajarlah ilmu covert selling (ilmu bejualan tapi tanpa penawaran) katanya ini ilmu ghaib, ilmu ini diajarkan oleh seorang yang bernawa Ki Jendral Nasution, silahkan cari di facebook.
  • Belajarlah ilmu kombur selling (Ilmu jualan dengan jurus cakap-cakap dan ngobrol) lebih detail bisa belajar bersama Bang Try Mhd Habibie. Boleh dicari nama ini di facebook juga.
  • Gunakan media pendukung seperti foto produk dan desain produk yang menarik.

Sampai langkah keenam ini saja ketika saya mempraktikkannya sudah mendapatkan penghasilan yang saya targetkan. Sekarang giliran anda yang membuktikkannya. Masih ada 1 langkah lagi yang akan membuat
target dan penjualan kita menjadi semakin banyak dan berlipat.

Pesan saya.... ayo, jangan sampai anda berkata bahwa ilmu ini sudah biasa, yang saya harapkan adalah anda membiasakan ilmuilmu ini dalam praktik anda berjualan. Anda sudah tahu kan, bahwa jualan adalah cara tercepat untuk mendapatkan penghasilan. Jadi tunggu apalagi? Percayalah tidak akan anda temukan ilmu-ilmu yang instan di luaran sana, apakah tidak bosan mengumpulkan buku-buku, ikut seminar, ikut webinar, beli produk digital, dan ikut kelas premium selama ini?

Yang harus kita lakukan adalah melatih 1 jurus ilmu dan mempraktikkannya berulang kali sampai berhasil.... Oke.. Bismillah, Mulai!

Langkah Ketujuh Jangan Jualan Sendirian

Jualan sendirian memang gak masalah, tapi kalo ingin cepat dan target kita mudah dicapai, gunkanlah kekuatan tim penjualan. Silahkan anda kerahkan pasukan untuk membantu penjualan anda, seperti membuka
peluang Agen, Reseller dan Dropshipper untuk produk yang anda jual.

Prinsip sederhananya adalah berbagi keuntungan dan saling tolong menolong, ini juga ilmu melipatgandakan penghasilan yang sangat powerful.

Lebih baik jual 100 pcs dalam sehari dengan keuntungan 15 ribu rupiah dengan tim penjualan dari pada anda menjual 10 pcs dengan keuntungan 30 ribu dengan jualan sendirian.

Lihat ini....!
Sendirian : 10 x 30.000 = 300.000
Tim penjualan : 100 x 15.000 = 1.500.000


Sip ya.... sampai sini dulu ilmu jualan online melalui facebook. Semoga target anda untuk mendapatkan 5 juta pertama tercapai, bahkan yang menargetkan lebih pun bisa tercapai.

Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment