Google Adwords dan Peringkat SEO

Peringkat SEO

Menurut Wikipedia, Search Engine Optimization (SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang berujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari
menuju website tertentu, dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan SEO adalah menempatkan website pada posisi teratas atau pada halaman tertentu untuk hasil pencarian kata kunci tertentu.

Tentu tidak mudah mengejar posisi halaman pertama bahkan teratas, butuh perjuangan dan konsistensi.
Google sangat menyukai website dengan konten yang terupdate dengan baik dan berkualitas.

Pada halaman hasil pencarian Google Anda akan melihat hasil pencarian organik dengan SEO dan Google Adwords dibagian atas dan bagian sebelah kanan layar monitor Anda. Berikut perbedaan Google Adwords dan SEO :

Google Adwords
- Hasil cepat, baik untuk promosi, dapat memasang iklan seketika
- Dapat menargetkan banyak kata kunci
- Dengan Adwords Anda dapat beriklan di situs Google dan situs lainnya dan website/blog yang menggunakan Google Adsense
- Traffic berbayar
- Terletak di bagian atas dan sebelah kanan Google Search
- Bersifat sementara
- Tingkat pesaingan rendah, persaingan tinggi untuk keyword potensial
- Membutuhkan uang/biaya

SEO
- Menghabiskan banyak waktu
- Fokus pada beberapa kata kunci
- Hanya tampil pada hasil pencarian Google Search saja
- Traffic gratis
- Optimasi semaksimal mungkin, tampil pada pencarian organic
- Tidak menjamin berada diposisi tertentu sepanjang waktu
- Bersifat jangka panjang
- Tingkat persaingan hampir selalu tinggi untuk keyword tertentu
- Gratis atau tidak membutuhkan uang/biaya

Lantas apakah Google Adwords berpengaruh untuk meningkatkan peringkat SEO? Jawabannya iya, Google Adwords dapat membantu meningkatkan peringkat SEO website Anda. Mengapa demikian?

Karena dapat meningkatkan authority, Google paling suka advertiser yang menggunakan tools mereka sehingga domain atau website yang dipromosikan akan mendapatkan high quality authority, hal ini tentu akan
sangat menguntungkan bagi advertiser.

Adwords sangat ideal bagi start-up maupun perusahaan baru yang mau mendapatkan traffic bertarget cepat untuk penjualan, dapat digunakan untuk riset keyword menemukan pelanggan baru atau menguji produk mereka, prosedur efektivitas website dan komponen lain dalam penjualan atau proses pemasaran.

Kampanye iklan dengan Google Adwords akan memperoleh hasil yang lebih cepat, tapi harus diingat Anda juga harus mulai bekerja dengan SEO, pemasaran konten, dan media sosial untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. 3 tools inilah yang Anda butuhkan untuk meraih sukses secara online dalam jangka waktu panjang.

Google Adwords dan SEO sebenarnya bukanlah saingan, keduanya merupakan suatu alat yang tersedia di pemasaran digital, keduanya bisa berjalan seiringan.

Gunakan Google Adwords ketika Anda menginginkan traffic yang cepat tetapi Anda perlu SEO untuk traffic yang bisa bertahan dalam jangka panjang dan berkelanjutan.

Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment