Perbedaan Google Adwords dan Google Adsense

Google Adwords dan Google Adsense

Anda pastinya pernah mendengar tentang Google Adwords dan Google Adsense, bukan?

Bagi pemula di dunia internet marketing keduanya mungkin tampak membingungkan dan terkadang membuat mereka keliru.

Padahal perbedaan keduanya sangat jelas. Berikut perbedaan keduanya :

Google Adwords
 
Google Adwords adalah strategi pemasaran iklan yang menggunakan mesin pencari Google. Iklan Anda akan muncul pada halaman hasil penelusuran Google yang relevan dan jaringan situs mitra Google.

Sampai saat ini Google Adwords masih menjadi sumber pemasukan utama Google di bidang periklanan.

Google Adwords memungkinkan kita beriklan di Google.com, Google jaringan penelusuran dan jaringan display Google.

Tujuannnya untuk mendapatkan traffic atau pengunjung ke website pengiklan dengan harapan dapat mengkonversi penjualan yang lebih besar.

Pengiklan akan membayar Google setiap iklan yang dipasang di klik oleh pengunjung. Sebenarnya, Google Adwords mempunyai beberapa metode pembayaran iklan, yaitu:

a. Cost Per Click (CPC) / biaya per klik
Anda akan dikenakan biaya jika iklan Anda diklik pengunjung, namun jika tidak ada yang meng-klik iklan Anda maka Anda tidak akan terkena biaya.
b. Cost Per Thousand Impressions (CPM) / biaya perseribu tayang
Anda akan dikenakan biaya setiap 1000 tayang / iklan Anda tampil.
c. Cost Per Acquisitions (CPA) / biaya per akuisisi
Anda akan membayar jika sasaran iklan Anda terpenuhi, misalnya : pendaftaran member, penjualan, lama waktu kunjungan, dll.

Google Adsense
 
Google Adsense adalah program kerjasama periklanan yang diselenggarakan oleh Google kepada para pemilik website.

Melalui program periklanan Google Adsense, pemilik website atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman website mereka.

Google Adsense memungkinkan pemilik website/blog memonetize website/blog mereka untuk mendapatkan penghasilan dari iklan Adwords yang ditampilkan dalam konten website mereka.

Pemilik website menerima pmbayaran setiap kali iklan tersebut di klik oleh pengunjung. Jika website/blog Anda memiliki banyak pengunjung/ pembaca setia tentu saja Adsense bisa menjadi salah satu ladang pendapatan Anda.

Sistem pada Google Adsense yaitu :
1. Sistem Pay Per Click (PPC), Pemilik website atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung website.
2. Google Adsense juga menyediakan Adsense untuk pencarian (Adsense for Search) dan iklan arahan (Referral).
3. Pemilik website dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Disini Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak
pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian.

Pada iklan arahan, pemilik website akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pengiklan tersebut.

Kesimpulan:
Google Adwords ditujukan kepada produsen/pemilik produk, pengiklan membayar Google untuk memasang iklan mereka.

Sedangkan Google Adsense ditujukan kepada pemilik website/blog untuk membantu menayangkan iklan dari Google dan pemilik website/blog akan dibayar oleh Google.
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment