Google Adwords vs Facebook Ads, Mana yang lebih Efektif?

Google Adwords vs Facebook Ads,

Google Adwords atau Facebook Ads, mana yang lebih efektif? Biasanya pertanyaan itu akan muncul dibenak seorang pebisnis online yang berusaha menjadikan iklan online sebagai sarana promosi bisnisnya.
Terutama bagi yang sedang merintis usaha, iklan online akan menjadi media promosi yang efektif.

Google Adwords dan Facebook Ads merupakan penyedia iklan terbesar di jagad internet dan bersaing ketat.

Google dan Facebook memang membuat sebuah program iklan berbayar yang mengarahkan pengunjung/visitor untuk melihat iklan yang akan dipasang di sana. Keduanya memiliki pangsa pasar yang luas. Google sebagai search engine/mesin pencari, menggunakan hasil pencarian sebagai media untuk
menampilkan iklan.

Sedangkan Facebook sebagai media sosial, dengan jumlah penggunanya terbesar diseluruh dunia, bisa dijadikan sebagai tempat yang potensial untuk meletakkan iklan Anda.

Keduanya sama bagusnya tapi untuk menentukan mana yang lebih efektif ada baiknya Anda kenali dulu iklan seperti apa yang akan Anda pasang. Garis bawahi dulu Google sebagai mesin pencari terbesar dan Facebook sebagai media social terbesar.

Disinilah letak perbedaannya, jika Anda mengenal dengan baik iklan yang akan Anda buat baik target maupun tujuannya maka Anda akan lebih mudah menentukan yang mana yang lebih efektif.

- Jika iklan Anda bertujuan untuk meningkatkan sales/penjualan maka sebaiknya menggunakan Google Adwords. Pengguna Google menggunakan mesin pencari Google karena mereka memang mencari produk/jasa yang mereka butuhkan. Jadi visitor Anda benarbenar tertarget, inilah keuntungan Google Adwords.

- Jika iklan Anda bertujuan untuk meningkatkan Brand Awareness/kesadaran terhadap merek Anda maka yang terbaik gunakan Facebook Ads. Facebook merupakan media sosial, sebenarnya mereka tidak benar-benar membutuhkan produk/jasa pada iklan tersebut. Tapi, dengan iklan mereka akan memperhatikan
produk/jasa yang Anda tawarkan sambil melihat postingan atau update status.

- Jika iklan dari produk yang Anda tawarkan berupa produk fashion maka Facebook Ads terbukti lebih efektif.

- Jika iklan dari produk berupa waralaba, jasa konsultasi, property,dll maka pilihannya adalah Google Adwords.

Pada dasarnya baik Google Adwords maupun Facebook Ads sama-sama efektif untuk pemasangan iklan. Baik Google maupun Facebook merupakan sumber traffic yang berlimpah.

Google Adwords berbasis visitor yang tertarget sedangkan Facebook Ads berbasis interest/ketertarikan pengguna.

Dari segi tampilan Facebook Ads lebih memungkinkan gambar lebih besar dan beragam sedangkan Google Adwords tampilan gambar kecil dan gambar hanya tampil di website yang bekerja sama dengan Adsense.
Baik Facebook maupun Google menyediakan pengelolaan iklan yang bisa Anda atur sendiri.

Besaran budget yang Anda keluarkan bisa Anda kontrol. Untuk mendapatkan iklan yang efektif maka Anda harus mencoba, mencoba dan mencoba lagi.

Nanti Anda akan menemukan format dan strategi iklan yang efektif yang sesuai dengan bisnis Anda.

Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment