Ide Dan Keyword Pada Video

Pembahasan yang satu ini saya rasa cukup penting untuk kita lakukan. Tujuannya adalah…
- Agar kita lebih mudah fokus di niche atau kategori yang kita inginkan
- Agar video kita lebih mudah mendapatkan posisi yang baik di google atau di youtube
- Dan yang terakhir adalah agar perjuangan yang kita lakukan tidak menjadi sia-sia (percuma saja videonya berada di posisi yang baik tapi keywordnya ga tepat haha)
Bagaimana cara yang lebih detail untuk melakukan analisa? Berikut adalah penjelasannya…

A. Cara sederhana melakukan analisa
Saya sering kali menyarankan ke orang-orang yang bertanya tentang cara melakukan analisa, saran saya ke mereka cukup sederhana. Yaitu cukup tanyakan saja ke orang-orang yang kita kenal atau posisikan diri kita sebagai seorang yang sedang membutuhkan hal tersebut.

Tanyakan kepada orang-orang tersebut apa yang biasanya mereka cari, apa kata-kata yang digunakan di google ketika mencari hal tersebut dan mengapa mereka mencarinya. Dengan bertanya ke orang-orang secara langsung biasanya kita akan mendapatkan beberapa ide yang cukup menarik. Kita juga bisa memposisikan diri kita sebagai seseorang yang sedang membutuhan informasi. Biasanya akan timbul beberapa ide setelah kita memposisikan diri kita sebagai orang yang sedang membutuhkan informasi tersebut. Misal jika kita sedang mencari tentang membuat blog. Maka yang akan kita cari biasanya adalah cara membuat blog, cara membuat blog dengan menggunakan blogger, cara membuat blog dengan wordpress, panduan membuat blog dan lain-lainnya.

Kumpulkan atau catat ide-ide yang sudah kita dapatkan dan kembangkan ide-ide tersebut dengan menggunakan kata-kata lainnya.

B. Mengintip website-website yang berkaitan
Pada pembahasan sebelumnya saya sempat menjelaskan tentang cara memantau website-website yang berkaitan, kata lainnya mungkin mengintip ya hehe. Nah ini juga bisa kita lakukan jika kita ingin melakukan analisa. Penjelasannya seperti ini…

1. Jika kita bermain bisnis toko online
Kita bisa mengintip website-website lawan kita. Misalnya kita ingin berjualan kue kering. Masukkan keyword atau kata kunci toko kue kering pada kotak pencarian google.co.id dan lihat website-website yang muncul pada pencarian tersebut.

Kunjungi beberapa website yang ingin kita intip lalu lihat page sourcenya (tekan control + u). kemudian lihat keyword-keyword yang mereka gunakan (tekan control + f lalu ketik keyword).

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melihat judul atau title website mereka dan juga judul atau title artikel yang ada di website mereka. Darisana kita akan mendapatkan ide hehe.

Yang terakhir kita juga bisa mengecek website-website lawan tersebut dengan menggunakan website alexa.com. Masukkan alamat website-website yang ingin kita cek pada alexa.com. Nanti kita akan melihat kata kunci yang mereka gunakan dan pengunjung banyak datang dari kata kunci tersebut.
Contohnya seperti gambar ini…
Ide Dan Keyword Pada Video
2. Jika kita bermain affiliate
Untuk bermain affiliate sebenarnya tidak jauh berbeda seperti pada bisnis toko online sebelumnya. Kita juga bisa mengecek website-website yang berkaitan dengan produk yang sedang kita promosikan dan kita juga bisa mengecek website official dari produk tersebut.

Caranya sama saja, silahkan dilihat keyword yang digunakan website-website tersebut dengan mengintip page sourcenya dan dengan cara mengintipnya pada alexa.com.

Oya yang lebih asiknya nih jika kita bermain affiliate, kita bisa langsung meminta ide-ide keyword yang bagus dan tepat sasaran kepada pemilik produk yang sedang kita promosikan. Langsung saja kontak pemilik produknya hehe. Saya pernah mencoba cara ini ketika mempromosikan beberapa produk clickbank dan beberapa produk lokal.

Kebanyakan dari mereka membantu saya dengan memberikan ide-ide kata kunci atau keyword yang bisa digunakan. Dan kadang mereka juga ga segan-segan memberitahu keyword-keyword yang menjadi andalan mereka untuk mendapatkan penjualan.

3. Jika kita bermain google adsense
Bermain google adsense saya rasa akan lebih mudah untuk ngintip-ngintip ini. Maklum kayanya para pemain google adsense dah terbiasa dengan yang namanya ngintip, mulai dari ngintip backlink sampai ngintip keyword yang ramai dicari =)) . Sebelumnya saya menjelaskan bahwa kita bisa melihat website-website yang membahas tentang niche atau kategori yang kita pilih, nah itu bisa juga kita lakukan.

Silahkan cari di google website-website yang membahas tentang kategori yang kita pilih kemudian lihat artikel terpopulernya (yang paling sering dibaca, yang paling banyak mendapatkan komentar dan lainnya).
Kita juga bisa melakukan trik seperti sebelumnya yaitu mengecek keyword dari website-website yang berkaitan tersebut dengan cara melihat page sourcenya dan dengan cara menggunakan website alexa.com.
Yang paling penting untuk pemain adsense adalah selalu mengupdate dirinya dengan informasi-informasi yang banyak dicari atau informasi terbaru yang sedang banyak dibicarakan. Yuk selalu update dirinya dan rajin-rajinlah mengintip, #eh .

C. Memanfaatkan hasil pencarian langsung dan juga yang berhubungan
Untuk menambah ide, kita juga bisa memanfaatkan hasil pencarian keyword yang ada di pencarian google atau pencarian youtube. Coba cari kata kunci yang kita inginkan.

Contoh misalnya kita ingin mencari kata kunci masakan, maka hasilnya seperti ini…

Pada Youtube,
Pada youtube kita bisa melihat keyword atau kata kunci yang sering digunakan oleh user lainnya pada hasil pencari sebuah keyword (misalnya keyword makanan tadi).
Ide Dan Keyword Pada Video
Nah judul yang digunakan oleh para user tersebut biasanya mengandung kata kunci atau keyword yang mereka targetkan. Silahkan dilihat mulai dari halaman pertama hingga halaman akhir. Kita bisa menambahkan keyword atau kata kunci tersebut sebagai ide video nantinya.
Pada Google.co.id bisa dilihat related keyword (lihat di bagian paling bawah hasil pencarian keyword yang sedang kita cari. Di bawah ini adalah related keyword masakan)
Ide Dan Keyword Pada Video
Jika salah satu related keyword / kata kunci yang masih berhubungan tersebut di klik lagi maka kita akan melihat related keyword / kata kunci yang berhubungan lainnya. Seperti gambar di bawah ini, jika mengklik related keyword masakan sunda.
Ide Dan Keyword Pada Video
 Jika di klik lagi mungkin akan muncul keyword atau kata kunci yang berhubungan lainnya. Nah bisa ditambahkan ke ide / keyword untuk membuat video deh. Simple ya hehe.

 D. Menggunakan keyword suggestion Google & Youtube
Keyword suggestion biasanya muncul ketika kita sedang mengetik sebuah kata di kotak pencarian google atau kotak pencarian youtube. Keyword suggestion adalah kata kunci yang disarankan dan biasanya banyak dicari oleh pengguna google dan pengguna youtube tersebut.
Sebagai contoh kita gunakan kata kunci masakan lagi ya hehe. Berikut gambarnya…
Pada google…
Ide Dan Keyword Pada Video
 Pada Youtube…
Ide Dan Keyword Pada Video
Kita bisa menggunakan kata kunci yang disarankan tersebut sebagai tambahan ide. Om dan tante juga bisa mencobanya sendiri ya. Boleh juga menggunakan mesin pencari lainnya seperti bing dan lainnya. Hasil suggestion atau yang disarankan biasanya akan berbeda-beda  .

E. Mengembangkan ide atau keyword yang sudah didapatkan
Setelah kita mendapatkan ide atau keyword, maka kita bisa mengembangkannya dengan menggunakan lawan kata, sinonim / persamaan dan juga turunan dari kata-kata pada keyword tersebut. Misal seperti ini (keyword atau kata kunci masih masakan)…
  • Topik utama : Masakan
  • Salah satu keyword Related atau suggestion yang didapat adalah masakan sunda
  • Kata-kata turunannya bisa menjadi masakan sunda yang enak, masakan sunda yang pedas, masakan sunda di bandung, masakan sunda di bogor, masakan sunda asli sukabumi (menggunakan nama kota) dan lainnya.
  • Lawan katanya juga bisa kita gunakan, misalnya masakan sunda yang manis, masakan sunda yang tidak pedas, masakan sunda yang aneh, masakan sunda yang tidak enak, dll
Untuk tehnik ini imajinasi dan kreatifitas sangat dibutuhkan hehe. Silahkan dicoba…

F. Mengecek persaingan kata kunci yang akan kita gunakan
Jika kita sudah mendapatkan ide keyword yang akan kita pakai untuk video nantinya. Selanjutnya adalah mengecek persaingan keyword atau kata kunci tersebut. Caranya sangat mudah, masukkan kata kunci yang ingin kita gunakan pada kotak pencarian google dengan menggunakan tanda petik (“”) atau langsung cari di kotak pencarian youtube.
Ide Dan Keyword Pada Video
Mungkin om dan tante akan bertanya jumlah persaingan berapa sih yang mudah dan jumlah berapa yang sulit?. Saya rasa tergantung dari kitanya aja ya. Bagi saya yang tingkat kesulitannya medium itu yang persaingannya diatas lima ratus ribu, di bawah itu mudah. Yang sulit bagi saya di atas satu juta persaingan. Nah mungkin untuk om dan tante yang masih pemula bisa dikurangi lagi jumlah persaingannya, misal yang medium itu yang persaingannya diatas seratus ribu, di bawah itu mudah. Dan yang sulit adalah yang di atas lima ratus ribu

G. Menggunakan tools untuk menambah ide dan melakukan analisa
Selanjutnya kita juga bisa menggunakan tools-tools untuk melakukan analisa atau untuk menambah ide. Contohnya Seperti tools-tools yang ada di bawah ini…
- Google trend (id) , Google trend (global)
Tools ini berguna untuk melihat apa yang sedang trend atau apa yang sedang banyak dibicarakan oleh pengguna internet khususnya para pencari google.
- Topsy , Trendsmap
Tools yang satu ini berguna untuk melihat apa yang sedang banyak dibicarakan orang-orang di social media twitter. Istilahnya trending topik kali ya hehe.
- Youtube Trend
Dengan memanfaatkan youtube trend kita bisa melihat apa yang sedang ramai di youtube. Tentunya akan menambah ide om dan tante untuk video-videonya ;) .
- Spyfu
Tools ini dapat kita gunakan untuk mencari related keyword dan juga melihat website-website yang sesuai dengan topik yang sedang kita fokuskan.
- Google Trend Explore
Google trend explore ini akan membantu kita untuk melihat apa saja yang ramai pada kategori-kategori dan pada waktu-waktu tertentu. Tutorial google trend exlore ini sudah saya bahas di pembahasan tentang membuat video untuk adsense, silahkan dibaca lagi.
- Wordtracker
Wordtracker sangat berguna untuk mencari keyword suggestion atau keyword yang disarankan

Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment