MANAGE DAN MAINTENANCE TOKO ONLINE

MANAGE DAN MAINTENANCE TOKO ONLINE

Kita harus memanage dan me-maintain apa yang telah kita buat atau apa yang telah kita miliki. Seperti website, video, facebook fanspage, twitter dan lainnya. Hal ini bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas dari yang telah kita lakukan sebelumnya. Jika kita melupakan point manage dan maintenance untuk ini, maka lambat laun kualitas yang telah ada akan berkurang dan bahkan akan “hilang”.Lalu bagaimana cara memanage dan melakukan maintenance untuk yang telah kita buat ini?. Berikut adalah langkah-langkahnya…

1. Produk / Barang Dagangan (Stock & Promo)
Jika anda berjualan produk nyata dan hanya berjualan 1 produk saja, maka anda harus selalu memperhatikan stock dari produk tersebut. Jika anda berjualan banyak produk yang senejis (berkaitan) maka pilihlah produk yang benar-benar “best seller” dari dagangan anda (untuk penyediaan stock). Untuk produk yang kurang banyak peminatnya, anda bisa membuat sebuah “promo” atau diskon khusus untuk produk tersebut. Anda juga bisa membuat kontes sederhana untuk produk-produk yang kurang laris tadi. Misal, bagi mereka yang memberikan testimonial, maka akan mendapatkan potongan harga sebesar 40%. Jangan takut jika anda tidak mendapatkan keuntungan pada saat itu, karena uang dari penjualan “produk yang kurang laris” tersebut bisa anda gunakan kembali untuk modal (produk yang diam akan menyusut dan akan semakin membuat anda stres, lebih baik anda melepaskannya).

Jika anda ingin mencoba mengembangkan sayap dengan berjualan produk baru, maka usahakan agar produk tersebut masih berkaitan dengan produk anda sebelumnya, karena anda telah memiliki target pasar yang jelas. Jangan ragu untuk menjual produk yang memiliki fungsi yang sama namun berbeda merk, karena terkadang banyak konsumen yang memiliki sifat “penasaran dan ingin mencoba”. Selalulah tingkatkan kualitas produk yang anda jual, baik dari segi bungkus produk tersebut, bungkus packing (pengiriman) dan lainnya.
Lakukanlah setiap 3 hari sekali
2. Domain Dan Hosting
Perlu anda ingat bahwa domain dan hosting yang telah kita beli atau kita sewa perlu diperpanjang pada jangka waktu tertentu. Banyak pemilik website yang lupa melakukan perpanjangan (khususnya domain) dan kemudian mereka kehilangan domainnya tersebut.

Jangan sampai anda juga kehilangan domain dan hosting anda dengan alasan karena anda lupa memperpanjangnya (perpanjangan biasa dilakukan sesuai dengan jangka waktu ketika anda melakukan pembelian)…
Domain biasanya harus diperpanjang setelah satu tahun pembelian
hosting biasanya diperpanjang setiap bulannya
3. Artikel website
Artikel posting pada website juga harus kita perhatikan. Anda harus mengisi artikel posting website anda secara teratur, agar kualitas website tetap terjaga. Update artikel secara teratur juga akan membuat website anda semakin baik dimata search engine. Biasanya pemilik website melakukan update artikel posting dengan ketentuan seperti di bawah ini…
  • - Buat 3 artikel setiap harinya (minimal jumlah kata adalah 300 kata). Artikel dapat tentang informasi atau tips yang berkaitan dengan bisnis anda, artikel-artikel yang bermanfaat atau mungkin artikel dicari oleh “target atau calon pembeli anda”.
  • - Setelah anda membuat artikel, submitlah artikel tersebut ke 5 situs social bookmarking.
Anda dapat menulis ketika toko online anda sudah tutup, yaitu pada pukul17.00 atau
19.00
4. Traffic Website
Kita bisa meningkatkan traffic website yang kita miliki dengan melakukan tips dan trik di bawah ini…
  • - Periksalah histats atau google analytic anda website anda. Lihat keyword apa yang paling sering dicari oleh pengunjung ketika mengunjungi website anda. Lihat posisi website anda di google dengan menggunakan keyword tersebut. Jika posisi website anda telah baik, maka abaikan saja. Tapi jika posisi website anda masih kurang baik, maka anda bisa melakukan seo offpage (tingkat pemula) untuk keyword tersebut.
  • - Analisalah keyword atau kata kunci baru yang masih berkaitan dengan bisnis anda.
Keyword tersebut tentunya adalah keyword yang “banyak dicari oleh calon pembeli anda”. Setelah itu, buatlah artikel khusus untuk keyword tersebut dan lakukanlah SEO Offpage (tingkat pemula) agar artikel tersebut berada di posisi yang baik di search engine.
Dapat anda lakukan 1 kali sebulan (tapi jika anda memiliki waktu lebih, anda dapat
melakukannya 4 – 6 kali sebulan).
5. Video Marketing
Untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan pengetahuan anda pada video marketing, maka saya menganjurkan kepada anda agar terus membuat video baru setiap bulannya, untuk bisnis yang anda miliki.

Video dapat berupa tips, informasi, atau topic lainnya yang masih berkaitan dengan bisnis anda. Anda juga dapat mengembangkan tips dan trik yang ada di video marketing ketika anda melakukan maintenane untuk tehnik video marketing ini. Semakin anda mahir dan kreatif ketika membuat video, maka tentunya kualitas dari video marketing tersebut akan semakin baik. Seihngga orang-orang yang melihat video tersebut pun akan semakin terbius untuk mengunjungi website anda dan bahkan beberapa diantara mereka akan menjadi
penggemar tetap anda (video subscribers).
Lebih baik dilakukan 1 – 2 kali setiap bulannya.
6. Facebook Fanspage
Untuk facebook fanspage, anda harus selalu menjaga agar fanspage tersebut terlihat hidup. Oleh karena itu usahakanlah anda mengupdate status-status baru setiap harinya pada fanspage tersebut (contoh : 3 status perhari, 2 pada sore hari dan 1 pada malam hari). Status dapat berupa tips-tips menarik, informasi terbaru (masih berkaitan dengan bisnis anda) dan sesekali tentang produk terbaru bisnis anda.
Update dapat dilakukan 1 status pada jam 4 sore, 1 status pada jam 5 sore dan 1 status pada jam 7 malam (lebih intense lebih baik).
7. Twitter
Untuk twitter pun hampir sama dengan facebook. Anda harus mengupdate status-status terbaru pada akun twitter bisnis anda. Contoh : 3 status per hari, 2 status pada siang / sore hari dan 1 status pada malam hari. Jika anda kehabisan ide, maka anda bisa mencari kata-kata yang menarik di situs-situs yang sesuai (berkaitan dengan bisnis anda). Kemudian modifikasi dan tulis kata-kata tersebut sebagai status di akun twitter anda.
Waktu update sama seperti facebook
8. Forum Marketing
Jika sebelumnya anda hanya melakukan forum marketing di beberapa forum saja, kini anda bisa meningkatkan tempat (forum) untuk melakukan forum marketing. Bergabunglah di beberapa forum baru dan lakukan tips dan triks yang ada di forum marketing. Jangan lupa juga untuk memanage forum marketing yang telah anda lakukan sebelumnya. Anda bisa meningkatkan reputasi anda pada forum-forum yang telah anda ikuti sebelumnya dengan cara “rajin memberikan tips dan berkomunikasi dengan yang lainnya”.
Dapat dilakukan 1 – 2 kali sebulan
9. Advertising
Untuk advertising yang telah anda lakukan sebelumnya, anda perlu memilih atau menentukan blog atau website mana yang akan anda pilih untuk perpanjangan advertising. Anda bisa memperpanjang advertising di blog atau website yang anda rasa memberikan keuntungan. Dan jika anda telah memiliki modal lebih untuk melakukan promosi, maka anda bisa menambah blog atau website lainnya untuk pemasangan iklan (lakukanlah analisa seperti pada pembahasan yang telah kita pelajari sebelumnya, yaitu pada bagian Advertising).
Dapat dianalisa setiap 1 bulan sekali
10. Blog Dummy
Blog dummy pun harus kita manage dan maintenance. Jangan pernah lupa untuk menyimpan list blog dummy yang kita miliki dan updatelah artikel blog-blog dummy tersebut.
Contoh 2 artikel per minggu.
11. Owner Plan / Business Strategy
Apa itu owner plan / business strategy?. Owner plan / business strategy adalah rencana atau strategi anda ke depannya untuk meningkatkan bisnis anda. Mengapa harus memanage hal ini?, ya tentu saja anda harus memanage hal ini agar bisnis anda selalu fresh dan tidak jenuh.

Adapun yang harus anda lakukan adalah membeli sebuah 2 buku khusus. 1 buku untuk pencatatan transaksi penjualan dan 1 buku lagi untuk catatan khusus anda. Silahkan lihat di bawah ini…
  • Selalulah catat transaksi pemasukan dan pengeluaran pada bisnis anda di salah satu buku yang telah anda beli.
  • Catatlah persoalan-persoalan yang anda hadapi ketika anda menjalankan bisnis tersebut.
  • Biasanya ketika kita sedang menjalankan bisnis, ada beberapa planning yang muncul dipikiran kita, tetapi sering kali kita lupa untuk mencatatnya. Nah mulai dari sekarang, jika planning tersebut muncul setiap hari atau setiap saat, jangan lupa untuk mencatatnya karena kita akan membutuhkannya di lain waktu.
  • Sering kali juga ketika kita menjalankan bisnis kita, tiba-tiba muncul “ide-ide gila” di pikiran kita. Banyak dari kita yang kemudian tidak menghiraukan ide tersebut padahal secara tidak sadar kita baru saja membuat diri kita menjadi “penakut” hehe. Ok temanteman, mulai dari sekarang jika muncul ide-ide gila di pikiran anda, selalulah catat ide tersebut pada buku yang anda miliki.
  • Setelah anda membuat catatan pada 2 buku tersebut, periksalah kedua buku yang ada secara detail…
  • Buku pemasukan : diperiksa setiap hari.
  • Buku catatan khusus : diperiksa setiap 7 atau 10 hari.
Saya yakin jika anda melakukan hal di atas, akan muncul strategi bisnis yang sangat brilliant setiap bulannya. Saya sangat menyarankan agar anda segera mengambil tindakan untuk ide brilliant tersebut!.
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment