MELEDAKKAN OMSET JUALAN DI INSTAGRAM (3)

Cara Meningkatkan Penjualan

Testimoni yang baik adalah yang datang secara alami. Anda tidak perlu membuat testimoni palsu. Biarkan saja berjalan dengan sendirinya. Buyer yang puas dengan kualitas dan pelayanan secara sukarela akan member respon positif tanpa perlu diminta.

Jika Anda mendapatkan respon positif dari BBM chat atau Line, boleh untuk di screenshot, kemudian upload ke instagram. Agar menjadi penguat citra atas pelayanan dan kualitas produk Anda. Lebih bagus lagi saat posting testimoni Anda tag juga username instagram pembeli Anda.

Give fisrt then you get
Ada pepatah mengatakan jika Anda ingin dihargai maka Anda harus terlebih dahulu memberi penghargaan kepada setiap orang. Ini juga berlaku pada saat Anda jualan di instagram.
Apa yang bisa Anda berikan kepada calon pembeli?

 Pelayanan ramah
Seringkali yang membuat seseorang memutuskan untuk membeli produk Anda justru bukan karena kualitas atau harga produk, tapi karena perasaan nyaman dan aman. Terlebih lagi antara Anda dan calon pembeli tidak bertatap muka secara langsung.

Jika calon pembeli sudah merasa aman bahwa Anda adalah orang baik-baik, ini akan menjadi penentu deal transaksi. Saya pernah berbincang dengan sesama penjual online yang merasa kesal terhadap salah satu calon pembeli yang sudah banyak bertanya namun tidak juga terjadi closing (transaksi pembayaran).

Akhirnya membuat dirinya bersikap tidak ramah terhadap orang yang sedang diprospek. Kalau sudah begini, jangan harap orang tersebut akan membeli produk, apalagi menjadi pelanggan setia.
Ingatlah, melayani calon pembeli dengan ramah sudah menjadi bagian pekerjaan Anda selaku penjual online. Masalah deal or no deal itu urusan rejeki dan karunia-Nya kepada Anda. Tugas Anda teruslah memberi pelayanan terbaik. Manusia hanya bisa bekerja, tapi tidak bisa mendatangkan rejeki. Setuju?

 Cepat Tanggap
Kecepatan memberikan informasi yang dibutuhkan calon pembeli menunjukkan bahwa Anda adalah seorang penjual yang serius dan menguasai materi produk knowledge yang baik.

Jangan biarkan calon pembeli menunggu terlalu lama atas respon Anda. Segeralah berikan informasi yang akurat kepada mereka yang sudah menghubungi Anda.

Karena sehebat apapun promosi dan strategi internet marketing yang Anda terapkan, jika pada saat proses menuju closing tidak ditangani dengan baik, kemungkinan terjadi sales bisa saja gagal.

 Voucher belanja
Saya lebih menyarankan pemberian voucher belanja daripada diskon (potongan harga). Misalnya, pembeli hari ini akan mendapatkan voucher belanja 30% untuk pembelian berikutnya. Dengan cara ini peluang repeat order bisa lebih besar. Karena ada voucher belanja yang pembeli dapatkan dari transaksi sebelumnya.
Pemberian voucher ini termasuk proses sederhana dalam upaya mengkonversi buyer menjadi consumer.

Buyer adalah orang yang baru pertama kali membeli, sedang consumer adalah buyer yang terjadi repeat order (membeli lagi).

Berikan batas waktu untuk setiap voucher yang Anda berikan kepada buyer. Agar mereka terpancing untuk kembali melakukan transaksi dalam waktu dekat.

 Konsisten
Kemauan keras untuk terus konsisten melakukan optimasi adalah kunci sukses Anda berjualan di instagram. Memang menjadi konsisten itu tidaklah mudah, akan tetapi cobalah Anda pikirkan kembali tujuan dari bisnis Anda. Mungkin saja Anda tidak punya passion tinggi dengan bisnis, tapi saya kira setiap orang memiliki passion yang sama tingginya terhadap uang. Hehe
Buatlah kesepakatan dengan diri Anda sendiri untuk secara teratur melakukan following, posting produk, dan melayani calon pembeli sebaik-baiknya. Ebook ini tidak akan memberikan dampak apapun tanpa adanya konsistensi tinggi dari diri Anda untuk mempraktekkannya, gak pake NANTI dan gak pake TAPI!
Aplikasi Tambahan

1. Followers Insight

Salah satu aplikasi buatan SkyFireApps yang dibagikan secara gratis di playstore google. Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk memantau statistik instagram Anda. Salah satu statistik yang harus Anda pantau adalah siapa saja orang yang sudah Anda follow akan tetapi tidak melakukan followback.
Silahkan Anda download aplikasinya, caranya:
 Buka aplikasi playstore
 Ketik pada kota pencarian “Followers Insight for Instagram”
 Lalu klik pada hasil pencarian teratas
 Silahkan klik install/pasang
 Selesai

Dengan aplikasi ini Anda dapat dengan mudah melakukan unfollow terhadap akun-akun yang tidak melakukan followback, dibawah ini adalah tampilan awalnya.
followback
Login menggunakan akun instagram Anda
instagram
Lanjutkan dengan klik authorize, lihat gambar di bawah
akun instagram
Dan inilah data statistik akun instagram Anda
instagram
Keterangan:
Followers gained = Informasi jumlah pertumbuhan followers
Followers lost = Informasi jumlah follower yang unfollow akun Anda
Blockers = Informasi jumlah akun yang memblock akun Anda
Non Followers = Orang yang Anda follow tapi tidak melakukan followback
Mutual Friends = Anda dan akun orang lain yang saling follow
Fans = Akun orang lain yang follow Anda tapi tidak Anda follow.


Sekarang silahkan Anda klik Non-Followers yang saya beri lingkaran merah pada gambar diatas untuk melakukan unfollow terhadap akun yang tidak melakukan followback.

Lihat, ada beberapa akun yang tidak follow Anda. Silahkan klik satu persatu pada tombol unfollow.
 follow
Mohon untuk selaraskan penggunaan aplikasi Followers Insight diatas pada saat Anda menjalankan strategi tak tik tuk. Jangan terlalu lama membiarkan following yang tidak melakukan followback. Lebih baik dicicil setiap hari, ini demi keamanan penggunaannya, jangan melakukan unfollow sekaligus dalam waktu singkat.

Referensi Aplikasi Premium
Bagi Anda yang berminat untuk mencicipi aplikasi premium, saya rekomendasikan instagress.com. Aplikasi yang berbasis web ini berfungsi sebagai bot yang dapat menggantikan tugas Anda untuk melakukan follow, like dan komen otomatis berdasarkan hastag yang Anda bidik.

Namun sayangnya aplikasi ini tidak dibagikan secara gratis. Bagi yang ingin mencoba bisa menggunakan fitur trial selama 3 hari. Berikut ini adalah tampilan aplikasinya.
 instagress.com

Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment