Membuat Brand Menjadi Terkenal

Brand merupakan elemen yang memberikan identitas pada sebuah bisnis apakah itu bisnis baru atau yang sudah eksis sebelumnya. Brand bukan hanya sekedar logo atau nama perusahaan Anda, melainkan suatu perwujudan image atau persepsi seseorang tentang produk atau perusahaan Anda. Brand adalah kombinasi lengkap dari asosiasi yang orang bayangkan ketika mendengar sebuah nama perusahaan atau produk. Maka dari itu, Anda tidak bisa menganggap enteng brand, karena brand adalah aset terpenting yang bisa dimiliki perusahaan yang memberikan nilai, menciptakan diferensiasi dan memberikan hasil yang dapat dirasakan jangka panjang.

Untuk meningkatkan brand yang Anda miliki, Anda harus memastikan bahwa brand Anda mempunyai brand awareness yang baik. Brand awareness adalah salah satu tingkatan di mana brand yang Anda miliki dikenal oleh masyarakat atau target market.

Pada tahap awal memperkenalkan brand, Anda memerlukan nama dan desain logo yang berkualitas dan tepat untuk brand Anda. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan seperti mempekerjakan seorang freelancer,agensi desain atau melalui cara yang relatif baru namun begitu menarik yaitu crowdsourcing.
Membuat Brand Menjadi Terkenal

Dengan sistem crowdsourcing, permintaan Anda akan desain akan dikerjakan oleh komunitas desainer dan Anda akan mendapatkan pilihan desain yang sangat banyak. Perusahaan crowdsourcing desain yang ada di Indonesia seperti Sribu (www.sribu.com) akan memberikan Anda berbagai alternatif desain yang menarik dalam waktu singkat. Jika Anda coba menggunakan jasa desain melalui Sribu, Anda bisa mendapatkan 100+ desain atau nama yang Anda sukai dalam waktu kurang dari 7 hari.

Setelah mendapatkan desain logo dan desain lain yang Anda perlukan, selanjutnya Anda perlu membangun brand awareness melalui strategi marketing. Saat ini strategi marketing yang ada sangat beragam, salah satu diantaranya adalah talkable marketing atau yang disebut juga sebagai Word of Mouth Marketing (WOM).
Namun, Anda bisa menggunakan 10 langkah di bawah inI untuk meningkatkan brand Anda.
1. Buatlah Desain Logo yang Sesuai dengan Bisnis Anda
Brand Menjadi Terkenal
Sebelum Anda membuat brand untuk perusahaan, ada banyak hal yang Anda harus pertimbangkan, seperti menyesuaikan tema brand yang ingin Anda buat dengan bisnis Anda. Misalnya perusahaan Anda bergerak di bidang makanan, maka brand yang dibangun harus mencerminkan produk serta image perusahaan yang meliputi layanan yang akan diperoleh pelanggan. Tahap selanjutnya, Anda harus memperhatikan brand elements yang digunakan, seperti nama, logo, grafik, bentuk, warna, suara, aroma dan pergerakan.

Kini Anda telah memahami bahwa yang dimaksud dengan brand bukanlah sekedar logo atau nama atau tagline saja, melainkan semua atribut, termasuk kemasan, warna hingga perangkat pemasaran yang ikut menyatu dengan persepsi brand di benak masyarakat.

Brand yang efektif menciptakan persepsi bahwa tidak ada produk, layanan, organisasi atau komunitas lain yang menyerupai Anda, entah perbedaannya pada manfaat, bentuk, kemudahan penggunaan, harga atau prestise, yang pasti konsumen yakin bahwa Anda menawarkan sesuatu yang luar biasa. Untuk itu, banyak faktor yang memegang peranan, dan dapat berwujud maupun tidak berwujud, termasuk dekorasi kantor, pakaian personil, filsafat organisasi, kualitas layanan, desain materi cetak ataupun nilai tambah layanan.

Intinya semua yang konsumen Anda sentuh, lihat atau dengarlah akan membedakan Anda dari kompetisi.

2. Ciptakan Desain Logo Perusahaan Yang Baik
Bisnis Anda akan terlihat amat profesional di mata pelanggan Anda dengan menggunakan desain logo yang berkualitas, unik, menarik serta mudah diingat. Desain logo yang baik juga akan membuat bisnis Anda menonjol ditengah kompetisi antar brand dengan jenis produk yang sama.

Misalnya Starbucks, begitu mendengar brand tersebut, hal apa yang lantas terbayang dalam benak Anda? Kopi, hijau, ramah lingkungan, modern, casual, mahal, berkelas? Itulah identitas yang yang diciptakan Starbucks. Itulah branding Starbucks.
Membuat Brand Menjadi Terkenal

Selain itu desain logo yang terlihat profesional yang mudah diingat bisa menjadi inspirasi bagi orang-orang yang telah membeli produk Anda atau memakai jasa layanan perusahaan Anda. Jika calon pelanggan Anda melihat logo Anda untuk pertama kalinya dan mereka merasa tertarik serta percaya akan kesan yang diberikan tentu hal ini dapat menarik pelanggan baru untuk Anda. Jika desain logo Anda berhasil menanamkan kepercayaan di benak mereka maka mereka akan memilih brand Anda daripada brand lain dengan jenis produk yang sama. Maka desain logo yang baik adalah salah satu bentuk investasi yang penting seperti yang dilakukan perusahaan-perusahaan ini.

3. Pilih Alat Marketing yang Sesuai untuk Meningkatkan Brand Anda di Mata Publik
Dalam konten ini, kita akan membahas 2 alat marketing yang umum digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar dalam meningkatkan brand mereka di mata publik.
Membuat Brand Menjadi Terkenal

Alat marketing yang pertama adalah branding melalui website. Saat ini memang hampir segala jenis bisnis usaha baik skala besar maupun kecil sudah memiliki website. Walaupun skala usaha Anda kecil namun branding melalui sebuah website menjadi penting karena website adalah marketing tool yang memang diperlukan untuk meningkatkan kredibilitas usaha Anda. Dengan website, bisnis yang Anda jalankan dapat dikenal ditengah target market. Website saat ini sudah menjadi pintu gerbang masyarakat untuk mengenal bisnis Anda, mengenali produk Anda dan tentunya akhirnya berujung pada keputusan pembelian.

Kebanyakan orang berpikir bahwa hal utama yang penting pada website branding adalah dengan penggunaan logo dan permainan warna. Memang hal ini amatlah penting dalam pembentukan citra sebuah brand, namun tentunya bukan hanya hal tersebut yang dianggap penting. Hal-hal lain yang harus ditonjolkan di website Anda adalah konten/isi dari website Anda sendiri, apakah isi dari website Anda sudah mencakup semua perihal bisnis yang Anda jalankan?

Marketing tool yang kedua adalah menggunakan mobil branding. Mobil branding atau yang biasa disebut vehicle branding atau branding pada kendaraan seperti halnya mobil, bus atau truk merupakan salah satu strategi marketing dengan target market tertentu. Tujuan utama dari strategi marketing ini adalah untuk membuat pelanggan tertarik dan pada akhirnya membeli produk atau memakai jasa layanan Anda. Sama seperti kegiatan branding lainnya, tentu desain mobil branding harus menarik agar bisa menarik perhatian masyarakat menggingat setiap hari target market Anda dibombardir dengan banyak iklan.


Hal yang harus diperhatikan jika Anda memutuskan untuk memakai strategi vehicle branding maka desain branding harus stand out from the crowd yang berarti memiliki desain yang baik dan sangat mengundang perhatian.

BERSAMBUNG KE BAGIAN 2


Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment