RAHASIA MENGHINDARI PAJAK IMPOR BARANG CHINA

RAHASIA MENGHINDARI PAJAK IMPOR BARANG CHINA

Tidak ada orang yang suka membayar pajak. Jadi, jika ada cara untuk mengurangi pajak, tentu saja Anda ingin mengetahuinya bukan? Pertama sekali, saya ingin menjelaskan perbedaan di antara "penghindaran pajak" dengan "tidak membayar pajak".

Tidak membayar pajak merupakan satu kesalahan di sisi hukum. Jadi, saya tidak ingin mengulasnya dengan lebih lanjut. Namun demikian, cara untuk "menghindari membayar pajak", ada beberapa cara yang sah di sisi hukum untuk melakukannya. Ini akan membantu untuk mengurangi pajak yang harus Anda bayar di dalam mengimpor barang sehingga Anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Di kebanyakan negara, ada nilai barang yang mana Anda tidak perlu untuk membayar pajak. Tapi Jika Anda adalah seorang importir kecil-kecilan, hal ini jadi sangat penting untuk Anda ketahui. Karena Ada juga barang yang sama sekali tidak dikenakan pajak oleh pemerintah karena ini dikecualikan.

Anda mungkin dapat menemukan beberapa kategori barang yang dapat Anda gunakan untuk mendeklarasikan barang Anda sehingga tidak dikenakan pajak. Saya tidak bisa memberikan penjelasan yang detail di sini, karena barang yang berbeda memiliki kategorinya masing-masing. Tugas Anda adalah untuk mengidentifikasi kategori tersebut yang mana Anda tidak perlu membayar pajak jika mengimpor barang yang ada di dalam kategori tersebut.

Jika Anda tidak dapat menemukan setiap pengurangan pajak untuk barang yang ingin Anda impor, setidaknya informasi yang diperoleh akan membantu Anda melakukan kesalahan di sisi hukum di kemudian hari.

Oke, Caranya:
Salah satu cara yang sering digunakan oleh importir untuk mengurangi nilai barang yang diimpor adalah dengan mencantumkan nilai yang rendah di dalam tagihan pengiriman dan faktur.

Maksudnya ??
Ada pengusaha yang mengirim barang dan mengistilahkan sebagai "gift" (hadiah) atau "sample" (contoh atau sampel produk). Misalnya, Anda membayar pengusaha USD100 untuk satu barang, tetapi Anda memberitahu pihak instansi beacukai kalau barang tersebut cuma senilai USD30. Dengan ini, Anda tidak perlu membayar terlalu banyak pajak untuk barang tersebut.

Hal ini memang sering terjadi dan sangat sulit untuk dipantau oleh pihak instansi beacukai. Jika faktur mejelaskan bahwa harga barang tersebut seperti yang tertera padanya, maka pihak instansi beacukai tidak memiliki alasan untuk menyangkalnya.

Tetapi Anda tidak harus melakukan hal tersebut dan saya menyarankan Anda untuk jangan melakukannya sama sekali. Karena, ada petugas bea cukai yang sangat berpengalaman di dalam menilai harga suatu barang. Maka dengan mudah mereka dapat menilai harga pasar untuk sesuatu barang yang telah diturunkan nilainya.

Dengan ini, pajak masih akan dikenakan kepada Anda pada harga asal barang. Meskipun barang Anda menyediakan faktur yang sah, namun, berdasarkan hukum, pihak instansi beacukai dapat memberikan nilai yang sesuai untuk barang tersebut. Jika Anda menggunakan jasa kurir untuk pengiriman barang, jika barang tersebut rusak atau hilang saat pengiriman, Anda cuma akan menerima kompensasi berdasarkan harga
yang telah Anda tentukan di dalam faktur.

Jika Anda telah membayar USD500 untuk barang tersebut dan menyuruh pengusaha untuk menempatkan harga USD50 pada faktur pengiriman, maka Anda cuma akan menerima kompensasi sebesar USD50 untuk kemasan tersebut jika itu rusak atau hilang di dalam perjalanan.

Nah...
Salah satu lagi cara yang sering digunakan untuk pesanan yang kecil adalah dengan menyuruh pengusaha untuk mengirim barang kepada Anda sebagai seorang perorangan dan bukan sebagai sebuah perusahaan. Dengan ini, pengusaha harus melabeli kemasan sebagai hadiah atau "gift". Tapi Hal ini tidak dianjurkan di dalam pempembelian barang komersial karena itu merupakan suatu bentuk penipuan di mata pihak instansi beacukai.

Walau apapun pendekatan yang Anda gunakan dalam penanganan pajak impor dan  deklarasi barang, saya ingin memberikan Anda satu pesanan:
meskipun informasi instansi beacukai diisi oleh vendor atau agen, ANDA adalah orang yang bertanggung jawab untuk keamanan barang sebagai seorang importir.

Oleh karena itu, jika pihak instansi beacukai menemukan Anda telah menipu dan memberikan informasi yang salah tentang sesuatu barang yang diimpor, maka mereka akan mengenakan pajak kepada Anda berdasarkan kemauan mereka.

Mereka mungkin akan melakukan tindakan-tindakan berikut kepada Anda:
 Pembayaran penalti
 Merampas barang tersebut
 Pendakwaan hukum

Ingat! Jangan mengambil risiko. Jika Anda tidak 100% yakin tentang sesuatu hal di dalam melakukan impor, hubungi pihak bea cukai di tempat Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment