Strategi Twitter Marketing

Apakah Anda memiliki bisnis? Tapi budget untuk promosi masih sangat terbatas? Padahal Anda sangat ingin meningkatkan penjualan bisnis setiap harinya bukan? Jangan khawatir, strategi media sosial bisa menjadi alternatif promosi bisnis Anda dengan murah dan mudah. Sebelum saya memberitahukan caranya lebih lengkap, perkenankan terlebih dahulu saya mengungkap fakta-fakta menarik jika Anda melakukan promosi bisnis melalui media sosial.
1. Pengguna Internet di Indonesia
Strategi Twitter Marketing
Berdasarkan infografik diatas, dapat kita lihat bahwa populasi pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai angka 255,5 juta. Dan 72 juta diantaranya aktif di internet dalam menggunakan media sosial, dengan penggunaan terbanyak melalui smartphone mereka.

Fakta mengejutkan lainnya melihat jumlah rata-rata jam yang dihabiskan pengguna internet. Pengguna paling banyak mengakses internet dari smartphone dengan rata-rata menghabiskan waktu 3 jam perharinya.

Strategi Twitter Marketing
Bukankah ini bisa menjadi lahan potensial untuk melakukan promosi? Media sosial adalah tempat banyak orang berkumpul di dunia maya.

Anda bisa menjangkau mereka untuk memberitahukan perihal produk bisnis ataupun berkomunikasi langsung dengan calon konsumen. Bahkan, Anda bisa menjadikan media sosial sebagai pendongkrak sales untuk meningkatkan omset bisnis. Dan menariknya, semuanya bisa Anda lakukan tanpa biaya yang sangat besar.

Cukup investasikan waktu untuk membuat strategi dan menyiapkan sedikit dana agar Anda bisa terhubung dengan internet.

Di bawah ini bisa Anda lihat, 14% pengguna smartphone mengakses media sosial dari perangkat mereka.
Strategi Twitter Marketing
Apakah data-data di atas belum cukup meyakinkan Anda?

Mengutip dari pernyataan Kevin Walsh, direktur Forecasting di GFK bahwa indonesia pada tahun 2015 ini akan menjadi negara ketiga di dunia untuk pertumbuhan penggunaan smartphone.

Melihat fakta tersebut, prediksi pertumbuhan ini dapat kita sesuaikan dengan jumlah pengguna internet di Indonesia yang sudah menyentuh angka 94,3 juta pengguna. Hampir semua lapisan masyarakat sudah dapat menikmati akses internet, selain karena harga smartphone yang sudah semakin terjangkau, juga karena minat masyarakat terhadap Media sosial yang tinggi.

Global Web Index meyakini bahwa hampir semua pengguna internet di Indonesia memiliki semua akun di Media Sosial yang ada saat ini, seperti Facebook, Google+, Twitter, Youtube, Instagram, dan juga LinkedIn.

Kini saatnya bagi saya untuk membantu Anda bagaimana mengoptimalkan strategi media sosial untuk bisnis. Dengan terlebih dahulu fokus membahas twitter sebagai sarana promosi murah dan mudah untuk bisnis Anda. Kenapa twitter??

1. Hanya 140 karakter. Banyak orang mengeluh dengan batasan update status twitter yang hanya 140 karakter. Padahal itu malah menjadi salah satu ke unggulan twitter. karena dari jumlah karakter yang sedikit informasi yang Anda dapatkan akan lebih singkat, padat dan lebih mudah untuk dibaca, dan Anda bisa tetap membagikan link yang langsung mengarahkan pembaca menuju website jualan Anda.

2. Update Timeline cepat. Setiap detik ada ratusan bahkan ribuan tweet yang diupdate oleh pengguna. Bahkan pada saat momen-momen tertentu lonjakannya bisa meningkat drastis. Misalnya pada momen Piala Dunia yang lalu, jumlah tweet sempat tembus sebanyak 3.300 per detik. (sumber: Wikipedia)

3. Pertemanan Tidak terbatas Kalau Di jejaring sosial lain pertemanan terbatas, seperti Facebook yang tidak lebih dari lima ribu teman. Path tidak lebih dari 500 teman. Sedangkan di twitter jalinan pertemanan alias follower bisa sampai jutaan.

4. Tokoh dan selebritis di twitter

Jika di Facebook, biasanya orang-orang besar, seperti artis, model, pelawak, politisi, dan publik figure lainnya lebih banyak menggunakan fanpage di bandingkan akun pribadi untuk berinteraksi dengan fans mereka. Hal ini dikarenakan di Facebook akun pribadi hanya bisa menerima tidak lebih dari 5.000 teman dalam satu akun. Sedangkan di twitter, akun pribadi bisa menerima perteman sebanyak mungkin, bahkan sampai jutaan.

Maka tidak heran kalau orang-orang besar lebih memilih menggunakan Twitter dibanding Facebook. Di Indonesia, sebut saja Agnes Monica yang sudah mempunyai Lebih dari 12 juta Follower.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Twitter Sebagai Media Promosi?

Mungkin Anda berfikir bahwa untuk menggunakan twitter sebagai media promosi langkah pertama adalah dengan memperbanyak follower.

Padahal itu tidak selamanya benar. Mengapa?

Semua tergantung dari bagaimana Anda mendapatkan follower tersebut. Apakah mereka yang memfollow Anda memang target market potensial atau bukan?

Mengingat saat ini sangat banyak sekali penjual jasa penambah follower twitter dengan biaya yang sangat murah. Padahal kita tidak tahu apakah itu akun asli atau bukan.

Lalu bagaimana cara mengoptimalkan twitter untuk bisnis jika follower kita sedikit? Anda bisa mengubah twitter menjadi katalog online dan customer service pribadi Anda. Apa keuntungannya?

1. Anda memiliki katalog online, memudahkan menjangkau pelanggan melalui twitter (reach)
2. Tidak perlu menyewa admin untuk memanage akun twitter Anda, semuanya berjalan otomatis bahkan disaat Anda tidur siang.
3. Menghemat waktu. Anda tidak perlu standby seharian untuk update twitter
4. Menghemat uang. Karena semua aplikasi bisa Anda dapatkan secara gratis.
5. Berbagi konten positif untuk meningkatkan hubungan personal melalui direct message.

BERSAMBUNG KE BAGIAN 2
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment