BUKAN SEO OFF PAGE YANG BIASA

Baiklah di artikel ini akan dijelaskan secara rinci bagaimana melakukan SEO OFF PAGE? Sebelum lebih jauh masuk ke dalam materi, mungkin Anda yang masih baru dalam dunia SEO bertanyatanya perihal, apa itu SEO Off Page. Dan bagaimana melakukan SEO OFF PAGE? Dan apa pula maksud penulis menjelaskan artikel Bukan SEO OFF Page Yang Biasa? Silahkan lanjut dilihat dan dibandingkan saja, lalu temukan 5 perbedaannya.

SEO Off Page adalah kegiatan yang paling penting dari SEO itu sendiri, jika SEO On Page mengurus lebih ke dalam rumah tangga website, mulai dari template yang seo friendly, halaman dengan konten berkualitas (sesuai dengan kaidah seo friendly, sudah di bahas di artikel sebelumnya), maka SEO Off page itu mengurusi semua yang berhubungan dengan diluar, seperti mencari backlink, promosi gencar-gencaran ke penyedia iklan, marketing ke website manapun, dan semua yang berhubungan dengan optimasi ke luar, hingga menghasilkan kedudukan yang baik di mata google. Salah satunya adalah dengan promosi yang gencar dan
tentunya juga menyebarkan backlink sebanyak-banyaknya.

Backlink itu seperti rujukan. Misalkan jika Anda punya toko, maka ketika Anda meletakkan brosur Anda di teman-teman Anda yang memiliki toko, maka secara otomatis akan banyak orang yang mengetahui keberadaan toko Anda. Namun dalam search engine yang bekerja adalah googlebot, sudah dijelaskan di artikel 2. Dan akhirnya menjadi rujukan untuk datang dan beli ke toko Anda. Nah bagaimana agar Anda memiliki kedudukan yang tinggi dimata google? Hal yang perlu dilakukan selain optimasi On Page adalah optimasi SEO OffPage. Bagaimana caranya? Itu yang akan kita pelajari di artikel ini.

Namun SEO Off Page bukan hanya sekedar meningkatkan PAGERANK semata, tapi juga bagaimana caranya agar produk atau jasa Anda itu dilihat oleh lebih banyak orang, tidak hanya dalam ruang lingkup google semata, tapi juga menggunakan berbagai cara, di berbagai tempat (situs/website) sehingga brand produk atau jasa Anda itu familiar di mata para visitor/netter.

Namun bagaimana sih caranya? Ada beberapa yang penulis anjurkan dalam bermarketing online, seo OFF Page. Yakni :
1. Optimasi Akun
2. Promosi Optimal Walking Dummy via Google Dork
3. Promosi Optimal di Blog Dummy
4. Promosi Optimal di Website Direktori dan Artikel Direktori
5. Promosi Optimal di Sosial Media
6. Promosi Optimal Untuk Layanan Video
7. Promosi Optimal via Iklan Baris
Kita akan bahas satu demi satu mengenai promosi optimal menggunakan 8 poin di atas.

1. Optimasi Akun
Optimasi akun di sini sebetulnya lebih kepada bagaimana jika orang itu menjadi yakin ketika Anda memberikan sebuah penawaran, penjualan. Misalkan, saya bernama loka dwiartara, kemungkinan tidak akan dipercaya oleh orang karena ketika saya mengirimkan email penawaran kepada Bapak Fikrul mengatas namakan nama saya pribadi pasti Pak Fikrul akan bingung, siapa sih itu loka dwiartara. Namun ketika menggunakan nama yang segmented yang sesuai dengan permasalah Pak Fikrul yang sedang mencari mobil baru murah sekali merk Xenia, maka saya secara otomatis harus menggunakan nama akun yang juga segmented misalkan, jualxeniamurah@gmail.com, nah Pak Fikrul pun akan tertarik. Betul begitu? Pastinya Anda bertanya-tanya bagaimana cara untuk mendapatkan data orang-orang yang sedang mencari tahu akan sesuatu? Akan dijelaskan di bawah ini... :)

2. Promosi Optimal Walking Dummy via Google Dork
Apa itu walking dummy? Apa itu Google dork? Mungkin Anda masih bertanya-tanya. Baiklah saya akan jelaskan sekelumit sebelum kita membahas secara dalam bagaimana memanfaatkan dork. Google Dork merupakan sebuah fasilitas dari google yang disediakan untuk mencari sesuatu yang lebih spesifik dari database google. Misalkan Anda akan mencari data berupa pdf, maka google menyediakan fasilitas filetype:pdf kemudian di tambahkan dengan nama atau judul dari dokumen yang akan Anda cari. Misalkan seperti ini.

Silahkan masuk ke google dan ketikkan
filetype:xls daftar ukm bogor
filetype:xls di tulis tanpa spasi. Maka hasilnya akan muncul file-file excel yang isinya mengandung kata-kata "info daftar ukm" bogor.
SEO OFF PAGE
Disini saya mendapatkan file xls yang berisi database UKM berisi 400 UKM dari berbagai jenis bidang UKM, beserta nomor kontak dan handphonenya, pada file berjudul Calon UKM Lomba Foto 2012. Bagaimana? Menarik bukan? Dari sini saja Anda sudah bisa dapat database para calon pembeli Anda.

Apa Anda sudah menyadari hal ini? Baiklah kita akan semakin masuk ke dalam google dork. Beberapa fasilitas dari google dork yang biasanya digunakan untuk proses optimasi SEO OFFPAGE walking dummy (kegiatan jalan-jalan ke website-website lain untuk melakukan promosi dan mencari backlink), adalah :
- intitle
- inurl
- site
- filetype
Sebelum saya bahas satu demi satu, saya akan bertanya kepada Anda terlebih dahulu. Apa yang Anda jual? Apa manfaat untuk orang yang memakainya? Saya akan mengambil beberapa contoh, yang akan dijadikan contoh kasus pada praktik menggunakan google dork. Jika Anda menjual boneka silahkan cari orang tua yang ingin membelikan anaknya sebuah boneka, atau mencari anak-anak perempuan gadis, maupun dewasa, yang menyukai boneka. Tapi jika Anda menjual herbal untuk kesehatan, maka Anda tidak langsung menjual herbal melainkan mencari dulu apa manfaat dari herbal tersebut untuk orang yang menggunakan.

Dari sinilah Anda harus mengetahui orang-orang yang pastinya memiliki penyakit, memiliki masalah, lalu Anda datang memberikan solusi. Karena memang, menjual sesuatu itu lebih laris kepada orang-orang yang membutuhkannya karena memang pada dasarnya orang yang membutuhkannya itu memiliki masalah dan ingin dicarikan solusi, ketimbang menjual secara random, secara acak.

Dalam menjual di internet marketing Anda harus mencari orang-orang yang memiliki masalah akan sesuatu, dan Anda beserta produk Anda adalah sesuatu yang tepat menjadi solusi untuk mereka. Balik lagi, jika Anda menjual herbal, apa yang bisa di ambil manfaatnya, misalkan Anda menjual herbal daun sirsak, maka pangsa pasar yang tepat adalah orang-orang yang memiliki masalah dengan kandungan, seperti keguguran, myom, kemudian orang yang terkena kanker dan tumor, asam urat, dan lain-lain.

Jelas? Oke anggap saja Anda sudah mengetahui apa manfaat dari produk Anda bagi orang yang membelinya, saya akan mengambil contoh kasus tadi adalah herbal daun sirsak.

Manfaatnya adalah obat tumor, kanker, asam urat, myom. Kita akan menggunakan fasilitas dari google yakni "intitle".

Dan kita akan mencari pasar yang segmented dengan herbal daun sirsak, orang-orang yang berpenyakit, misalkan sakit tumor. Masuk ke google dan ketikkan.
intitle:sakit tumor
apa yang muncul? Di dalam chrome browser saya terlihat seperti ini ...
SEO OFF PAGE
Ada alamat facebook di paling atas, yang pastinya jika sudah nongkrong di halaman pertama google, dan orang-orang akan mengkliknya, karena biasanya orang itu secara otomatis login facebook, maka kemungkinan besar, halaman yang muncul tadi di kunjungi dan dikomentari oleh banyak orang, orang yang bermasalah, yang ingin mencari solusi akan masalahnya yakni, sakit tumor.

Kita klik saja, link facebook yang paling atas tersebut hasilnya adalah seperti ini ... Dan ternyata memang betul, banyak orang ikut nimbrung mencari jawaban atas suatu permasalahan yang dialami, di sini Anda bisa langsung eksekusi, marketing secara personal, marketing kepada pasar yang segmented berisi orang-orang prospektif untuk membeli produk Anda. Bagaimana asik bukan?
SEO OFF PAGE
Fitur intitle ini juga bisa di terapkan menggunakan inurl. Silahkan beresplorasi. Kita akan gunakan herbal yang lain misalkan, herbal ramuan cacing dan buah naga merah yangsangat ampuh dalam menyembuhkan DBD. Keywordnya adalah misalkan dbd saja. Anda cukup mengetikan misalkan :
intitle:dbd
Maka Anda akan melihat banyak sekali hasil dari pencarian google, kita lihat :
SEO OFF PAGE
Misalkan kita masuk ke dalam permathic.blogspot.com , ternyata di dalamnya ada fasilitas komentar, Anda diperbolehkan untuk meninggalkan komentar. Anda bisa meninggalkan jejak yang mungkin orang-orang akan tertarik, yang tidak lumrah di lakukan oleh orang-orang. Mungkin Anda bisa melihat komentar lumrah dari orang-orang pada umumnya ...
BUKAN SEO OFF PAGE YANG BIASA
Yang jadi pertanyaan Adalah itu kenapa Ada yang namanya aneh, Yang lain nama orang kok ini namanya Cara Mengatasi Pengeroposan Tulang, kok? Nah ternyata mereka sedang mencari backlink, dan lucunya mereka tidak mengetahui backlink yang sesuai kriteria google itu seperti apa. Dan lebih aneh lagi adalah mereka Cuma berkomentar thanks banyak, seharusnya itu buat komentar provokatif tapi bermanfaat, misalkan, hai admin ini masih ada yang kurang, tolong dilengkapi seperti artikel di sini (alamat website Anda), pastinya Anda sudah membuat artikel yang menampung itu semua.

Tadi saya berbicara backlink, apa itu backlink ? dan sebetulnya backlink seperti apa yang baik?

Backlink itu adalah ketika Anda melihat suatu teks yang bisa melink ke dalam halaman lain, jadi tulisan tersebut melink ke halaman lain jika di klik. Anggaplah di website anda terdapat sebuah link, berisi teks google.com yang jika di klik maka akan mengarah kepada website www.google.com, maka bagi google teks tersebut adalah backlink untuk google, dan cara membuatnya adalah seperti ini
<a href="http://www.google.com">google.com</a>
Nah ketika ada di dalam nya terdapat atribut rel="nofollow" maka ini backlink yang akan dihindari oleh google, dan Anda melakukan yang sia-sia, nah daripada Anda melakukan hal yang sia-sia, maka tinggalkanlah komentar yang provokatif, dan mengundang orang untuk mengklik. Tentunya infonya harus bermanfaat. Bukan hanya langsung jualan semata, karena semua yang berbau bermanfaat dan gratis pastinya akan mengundang masa lebih banyak, dan pastinya lancar jualan, mengenai gratis bisa mendatangkan penjualan akan di bahas pada tips dari para mastah di bab ke 6.

Untuk membuat backlink dengan target keyword Anda adalah sebagai berikut :
<a href="http://www.websiteanda.com">Target keyword</a>
Misalkan
<a href="http://www.ilmuwebsite.com">belajar jquery</a>
Maka jika Anda ketikkan belajar jquery di google, ilmuwebsite akan ada di halaman pertama dan nomor pertama. :), itu semua dari hasil penyebaran backlink.

Bagaimana melihat backlink? Bagi anda pengguna firefox tinggal blok saja teks yang ingin di liat, kemudian klik kanan dan pilih view selection source.
Contohnya adalah seperti ini :
BUKAN SEO OFF PAGE YANG BIASA
Dan ternyata seperti dugaan saya, backlinknya tidak berguna karena mengandung rel="nofollow"
BUKAN SEO OFF PAGE YANG BIASA
Dan terakhir adalah kegunaan site, saya hanya membahas site karena sebelumnya kita telah membahas penggunaan filetype untuk mencari file excel data ukm. Silahkan dilihat kembali.

Nah site biasanya digunakn untuk mencari isi dari suatu konten yang berada dalam sebuah website, dan hanya terpatok kepada website tersebut, dan tidak menampilkan hasil dari website yang lain. Contoh penggunaannya adalah seperti ini
site:namawebsite.com apa yang ingin di cari
Misalkan kita akan mencari halaman dari situs forum terbesar kaskus.co.id, kita ingin mencari apakah ada orang yang sakit tumor, yang bisa kita tawarkan sebuah obat, kepada orang yang prospektif untuk membeli tersebut.
site:kaskus.co.id sakit tumor
Dan muncul semua halaman dari kaskus yang mengandung kata sakit tumor, di situ Anda bisa meninggalkan jejak dengan berpromosi artikel yang solutif bukan hanya jualan semata di website Anda, dan di dalam halaman website Anda yang sama Anda bisa meletakkan gambar yang menarik perhatian yang berisi jualan Anda. Kurang lebih begitu menggunakan google dork.

Untuk penyebaran backlink saat ini yang paling baik adalah dengan mengikuti forum-forum yang disana menyediakan kategori bidang yang ingin Anda pasarkan, karena saat ini sudah banyak blogger yang pandai dan menutup fasilitas komentar, atau paling tidak memberikan atribut rel="nofollow" pada komentar Anda yang mengakibatkan teks seperti <ahref="http://www.websiteanda">Keyword Anda</a> tidak akan dianggap sebagai backlink oleh google. Mengerikan sekali.

Bagaimana mencari forum yang sesuai untuk marketing Anda, silahkan ketikkan di google, misalkan
intitle:forum kesehatan
 BERSAMBUNG : BUKAN SEO OFF PAGE YANG BIASA 2
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment