Cara Meningkatkan CTR Adsense

Traffik/Pengunjung
Menurut saya, ini adalah faktor yang paling sulit untuk kita optimasi. Pertama, banyaknya pengunjung yang menjadi faktor paling penting adalah hal yang tidak mudah didapatkan. Kedua, tidak banyak pengunjung yang mau mengklik iklan anda. Poin pertama, adalah syarat mutlak yang harus terus anda optimalkan karena bagaimanapun banyaknya pengunjung berbanding lurus dengan penghasilan. Jadi, optimalkan dulu jumlah pengunjung anda, baru lakukan ketiga langkah dibawah ini.

1. Buat pengunjung nyaman
Yap, buat pengunjung nyaman. Jangan sampai mereka meng-close situs kita sebelum mereka membaca konten blog kita. Banyak hal yang bisa membuat pengunjung nyaman. 2 hal yang paling penting adalah konten dan desain, yang mana juga dibahas secara khusus pada artikel ini. Hal lain yang bisa membuat pengunjung nyaman, adalah gaya menulis anda. Tata bahasa yang lugas, jelas tapi santai juga mempengaruhi kenyamanan pengunjung.

Kenyamanan pengunjung adalah untuk membuat pengunjung berlama-lama di blog kita dan mempertemukannya dengan iklan yang cocok bagi mereka.

2. Pengunjung dari mesin pencari lebih baik
Sumber traffik sebuah blog tentu saja berbeda-beda. Ada yang dari blogwalking, forum, media sosial dan mesin pencari. Dari semuanya, pengunjung yang paling berpotensi untuk klik iklan adalah pengunjung dari mesin pencari. Tanya kenapa? karena kebanyakan dari mereka datang
untuk mencari solusi yang mana solusi itu sangat mungkin ada pada iklan kita.

Alasan lainnya adalah mereka benar-benar tidak mengenal kita, sehingga mereka tidak akan segan-segan mengklik iklan jika iklan itu sesuai kebutuhan mereka. Berbeda dengan pengunjung dari blogwalking, forum atau media sosial yang notabene-nya datang karena kita berpromosi baik itu secara terang-terangan maupun tersembunyi. Mereka juga biasanya segan untuk mengklik iklan karena mereka tahu, kalau kita berpromosi. Jadi, optimalkan pengunjung yang berasal dari mesin pencari dengan optimasi SEO.

3. Karakteristik Pengunjung sangat menentukan
Ketahuilah bahwa karakteristik pengunjung setiap blog berbeda-beda. Ada pengunjung yang rela mengklik iklan karena respek dengan anda yang memberikan konten gratis, ada yang biasa-biasa saja, ada juga yang membenci anda karena ada iklan di blog anda. Semua karakteristik ini ditentukan oleh dari mana mereka berasal, Topik, konten dan desain blog anda, gaya menulis dan sebagainya.

Yang paling menentukan adalah topik blog anda. Blog dengan topik umum seperti kesehatan, olahraga dan pariwisata akan lebih mudah menerima klik iklan ketimbang blog dengan niche bisnis online atau tips blog. Hal ini karena pengunjung blog dengan topik umum, mereka hanya peduli dengan kebutuhan mereka. Sedangkan, pengunjung blog bisnis online dan tips blog,akan berpikir pikir dulu sebelum mengklik iklan karena mereka lebih kritis, - dan pelit

Desain Web dan Template
Desain yang saya sarankan dibawah berorientasi pada psikologi pengunjung agar perhatiannya tertuju pada iklan. Ditulis berdasarkan pengalaman dan analisa saya sendiri.

1. Layout Boxed dengan Lebar yang kecil
Jika anda melihat pada gambar, anda akan tahu apa yang saya maksud. Layout boxed dengan lebar 1000 piksel atau lebih kecil akan mempersempit dan memfokuskan area pandang pengunjung blog anda. Jadi, ketika ada iklan di samping konten, perhatian mereka hanya terbagi pada konten dan iklan, tidak pada elemen lain sehingga lebih mungkin untuk melakukan klik pada iklan tersebut.

2. Desain dengan dominasi warna dasar putih
Alasan desain anda harus didominasi warna putih, adalah jika ada elemen lain selain warna putih maka elemen tersebut akan lebih menonjol dan mendapat perhatian lebih daripada elemen lain. Nah, dalam hal ini iklanlah yang harus anda tonjolkan. Ketika area pandang pengunjung dipersempit dengan layout boxed, ditambah dengan menonjolnya iklan dari elemen lain tentu saja potensi klik iklan akan meningkat.

3. Gunakan left sidebar
Jika blog anda memiliki sidebar, maka tempatkan itu di sebelah kiri. Hal ini didasarkan pada fakta bahwa orang-orang membaca dan melihat sebuah blog dari arah kiri ke kanan, sehingga elemen di sebelah kiri akan lebih menonjol ketimbang di sebelah kanan. Kecuali jika bahasa di blog anda
adalah bahasa arab atau RTL (right to left), maka anda harus melakukan sebaliknya.

4. Kurangi elemen dan widget
Megurangi elemen-elemen dan widget yang tidak penting adalah langkah tidak ada "pesaing" iklan anda yang akan mencuri perhatian pengunjung. Jika terpaksa harus menggunakan widget tertentu karena navigasi, usahakan tidak menonjol dan desainnya mirip dengan konten.

Dengan begini, tidak akan ada fokus lain yang diperhatikan pengunjung selain konten dan iklan.

Resiko dari menggunakan 4 poin diatas adalah desain blog anda akan menjadi sangat simple.

Share on Google Plus

About HASAN SHADIQ

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment