Membangun Halaman dan Memanfaatkan Group Facebook

Membangun Halaman dan Memanfaatkan Group Facebook

Dalam facebook ada fasilitas yang disebut dengan group. Banyak pebisnis yang mencoba menjual produk atau jasanya dengan membuat group. Bisa dan boleh boleh saja, meski bukan hanya itu manfaatnya.

Group sebenarnya lebih kepada komunitas orang-orang tertentu yang memiliki minat yang sama. Oleh karena itu manfaat group facebook:
1. Mengumpulkan orang-orang yang tertarik dengan teman tertentu atau memiliki kesamaan. Bisa kesamaan profesi, hobi, masalah, dan sebagainya. Tentu saja ini bisa menjadi pasar yang tertarget.
2. Jaringan untuk berbagi info dan kerja sama dengan Anda.
3. Alat viral marketing. Saat sebuah group menarik dan bermanfaat, group tersebut akan berkembang dengan sendirinya.
4. Group juga bisa digunakan sebagai group master mind beserta mitra bisnis Anda. Anda bisa membuat sebuah group rahasia yang hanya bisa diakses oleh member saja. Hal ini sangat bermanfaat untuk mendiskusikan sesuatu yang bersifat rahasia.
5. Group juga bisa digunakan sebagai alat riset pasar. Anda bisa meneliti diskusi dan posting member sehingga Anda mengetahui masalah apa yang sedang berkembang dan menjadi peluang bagi Anda.
6. Group bisa digunakan untuk mendapatkan kontak bisnis Anda. Apakah Anda perlu desainer, perlu suplier, perlu distributor, dan sebagainya.

Jika Anda mengharapkan manfaat no 2 sampai 6, Anda bisa memanfaatkan group yang sudah ada dan Anda tinggal aktif di dalamnya. Ingat Anda perlu berkomunikasi dengan baik, jangan menjadi pengganggu, dan menjadi warga yang baik. Jika tidak, Anda bisa ditendang dan tidak mendapatkan apa yang Anda inginkan. Bertanyalah dengan baik, berikan bantuan, dan jawablah pertanyaan
orang lain dengan baik.

Untuk manfaat nomor satu, yaitu sebagai pasar tertarget, maka seharusnya Anda membangun group sendiri.

Membangun Halaman
Apa itu halaman? Masih banyak pebisnis yang belum sadar dengan kekuatan halaman. Awalnya saya hanya membangun group, namun setelah berdiskusi dengan teman, bahwa halaman memiliki kelebihan tertentu untuk bisnis. Dan memang disediakan oleh facebook untuk tujuan bisnis.

Salah satu kelebihan halaman ialah terindex oleh search engine. Sehingga dengan membuat halaman, kita pun sekaligus melakukan promosi di search engine.

Memiliki halaman dengam Google PR 5 jauh lebih mudah dibandingkan dengan blog atau website. Jadi bagi Anda yang bingung dengan SEO, Anda masuk melalui halaman facebook.

Kelebihan lain halaman dibandingkan dengan group ialah bisa memasukan FBML (Facebook Markup Language), yaitu bagaimana Anda memasukan kode HTML ke facebook. Dengan FBML Anda bisa memasukan opt-in, sales letter, dan sebagainya.

Halaman facebook bisa memiliki member tidak terbatas. Bisa sampai puluhan juta member. Bayangkan saat Anda memiliki halaman dengan jumlah member sebesar itu. Itu adalah pasar yang lebih besar dari sebuah kota, bahkan negara.

Sebagai contoh adalah Starbuck memiliki member 15.000.000 lebih. http://www.facebook.com/Starbucks Jumlah ini lebih banyak dibandingkan penduduk provinsi DKI dan 5 kali lipat dibandingkan negara Singapura.

Kelebihan ketiga dari halaman facebook ialah bisa diintegrasikan dengan aplikasi. Sementara banyak aplikasi yang mendukung untuk pemasaran atau memudahkan pekerjaan. Sebagai contoh adalah Anda bisa mengintegrasikan halaman facebook dengan twitter.

OK, sekarang kita akan bahas tentang manfaat halaman facebook. Mengapa kita harus membuat halaman facebook, tidak cukup dengan profil saja.

Manfaat #1: Visibilitas lebih besar untuk bisnis Anda.
Tidak ada cara lain selain menggunakan halaman untuk mendapatkan visibilitas lebih banyak dan
terhubung dengan klien potensial. Kemungkinannya tidak terbatas, Anda bisa terhubung sampai ke puluhan juta member bahkan sampai ratusan juta sesuai dengan perkembangan.

Lebih visibilitas berarti apa yang Anda posting akan dilihat oleh lebih banyak orang. Ini berarti bahwa Anda bisa mempromosikan ke lebih banyak orang.

Visibilitas juga akan membangun brand atau merk bisnis Anda sehingga dikenal oleh orang lain. Kesadaran akan merk bertambah.

Manfaat #2: Terhubung dengan orang dalam target pasar Anda lebih banyak.
Anda tidak dapat memiliki lebih dari 5.000 teman di Facebook, namun Anda dapat memiliki jumlah yang tidak terbatas orang bergabung dengan halaman Anda, menghubungkan dengan Anda dan belajar lebih banyak tentang bisnis Anda.

Manfaat #3: Membangun Mailing List Anda.
Undang penggemar halaman Anda untuk bergabung dengan mailing list Anda! Berikan informasi tentang cara mendownload hadiah gratis Anda dan bergabung mailing list Anda pada halaman Anda. Dengan cara ini, ketika seseorang bergabung halaman fan Anda, mereka juga dapat mengetahui lebih lanjut tentang newsletter atau mailing list Anda dan bergabung.

Manfaat #4: Mendatangkan pengunjung ke web atau blog Anda.
Anda bisa memanfaatkan halaman facebook untuk mendatangkan pengunjung ke blog dan
halaman penjualan Anda.

Sebagai contoh, Anda dapat memperbarui halaman (kirim link) posting blog terbaru. Sehingga, anggota halaman Anda dapat mengunjungi blog Anda dan membaca posting blog Anda.

Manfaat #5: Lebih banyak Klien.
Lebih banyak penggemar tentu saja memperbesar peluang mendapatkan klien lebih banyak. Kini saatnya Anda pun memiliki halaman facebook.
Share on Google Plus

About HASAN SHADIQ

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment