Tujuh Rahasia Sukses Facebook Marketing

Tujuh Rahasia Sukses Facebook Marketing

Rahasia #1: Fokus
Ada ratusan situs jejaring sosial yang saat ini beroperasi di internet. Ada facebook, twitter, plurk, koprol, google buzz, dan sebagainya. Masing-masing memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing.

Dari banyaknya situs jejaring sosial, bisa menggoda Anda untuk menghabiskan waktu menggunakan terlalu banyak jejaring sosial dalam upaya pemasaran Anda.

Sepertinya akan membuka peluang yang banyak, namun pada kenyataanya hal ini bisa menjadikan proses pemasaran kita terganggu. Mengapa bisa merusak? Sebab banyak orang yang mulai “kecanduan” dalam menggunakan jejaring sosial sehingga dia banyak menghabiskan waktu hanya
untuk mengurus jejaring sosial. Padahal bisnis bukan hanya pemasaran, ada banyak hal lain yang bisa dilakukan selain hanya mengurusi jejaring sosial saja.

Yang kedua, saat kita tidak fokus, maka kita tidak bisa menyajikan sesuatu yang berkualitas. Kekuatan kita terbagi. Oleh karena itu, Anda harus tetap fokus pada aspek pemasaran dalam keterlibatan sosial Anda. Anda juga harus membatasi aktivitas jaringan sosial Anda. Pilih 1-2 saja dari situs jejaring sosial diatas untuk mencegah turunnya kualitas pemasaran Anda.

Saya sendiri tidak banyak mengikuti jejaring sosial. Fokus saya di facebook. Meskipun saya mengikuti jejaring social yang lain, namun perhatian saya utamakan ke facebook dan memberikan yang terbaik di facebook. Percuma memiliki akun banyak social network tetapi tidak bisa memberikan yang terbaik.

Selain fokus pada jejaring sosial tertentu saja (beberapa boleh), aktivitas kita juga harus fokus pada aktivitas marketing. Jangan sampai terjebak oleh aktivitas yang tidak bermanfaat seperti berdebat, main game, dan hanya berchatting ria tanpa membawa manfaat.

Rahasia #2: Kualitas
Rahasia kedua ialah kualitas dibandingkan kuantitas. Apa saja yang harus diperhatikan masalah kualitasnya?

Pertama kiriman yang Anda kirim baik di profil, halaman, maupun group. Jika Anda mengirimkan sesuatu yang berkualitas maka akan memberikan efek viral. Facebook adalah tempat yang bagus untuk saling berbagi. Jika seseorang menemukan sesuatu yang berkualitas mereka akan berbagi, sengaja atau tidak.

Saat seseorang memberikan komentar atau setidaknya menyukai kiriman kita, dia sebenarnya sudah berbagi kepada teman-temannya. Teman-temannya akan tahu kalau dia menyukai kiriman kita, kemudian penasaran untuk melihat. Dan terus seperti itu sehingga akan terjadi efek viral.

Facebook juga memiliki fitur berbagi atau share, ini adalah cara berbagi dengan sengaja. Biasanya berupa tautan atau catatan memiliki fitur untuk berbagi. Misalnya Anda menulis catatan (note) di halaman Anda. Jika mereka suka, mereka akan membagikannya sehingga akan muncul di profil dia. Jika halaman Anda memiliki 1.000 penggemar, kemudian semuanya berbagi dan rata-rata mereka
memiliki 1.000 teman, maka catatan Anda berpotensi muncul di 1.000.000 pengguna facebook.

Rahasia #3: Tertarget
Jika sebelumnya kita sudah membahas fokus pada beberapa jejaring sosial saja dan begitu juga dengan aktivitas kita. Selain itu kita pun perlu fokus pada target pasar tertentu. Karena membuat halaman dan group itu gratis, Anda bisa membuat masing-masing untuk satu target. Target berbeda akan memerlukan perlakuan yang berbeda pula.

Apa yang Anda kirimkan dan cara mengirimkannya akan berbeda untuk setiap target. Target remaja tentu akan berbeda dengan target dewasa. Target pebisnis akan berbeda dengan target pekerja. Begitu juga target laki-laki akan berbeda dengan target perempuan.

Rahasia#4: Jadilah Bagian Dari Komunitas
Selain mengurus komunitas yang dibuat sendiri, ada baiknya ada mengikuti berbagai komunitas yang ada diaktiflah disana. Selain untuk mendapatkan teman, aktif di komunitas juga bisa berguna untuk mendapatkan kontak bisnis.

Cara terbaik aktif di komunitas ialah dengan berkontribusi. Anda bisa mengirimkan sesuatu yang berguna atau menjawab berbagai pertanyaan yang muncul. Dengan cara itu Anda akan menjadi orang yang dipercaya, mudah akrab, dan dianggap ahli. Ini akan sangat berguna untuk bisnis Anda. Suatu saat Anda memerlukan sesuatu akan lebih mudah.

Jangan sekali-kali melakukan SPAM. Saya melihat banyak pebisnis pemula yang melakukan SPAM dengan cara bergabung dengan komunitas besar kemudian dia mengirimkan link promosi. Jangan lakukan seperti itu, sebab kredibilitas Anda akan turun dimata orang.

Luangkan waktu setiap hari untuk aktif di berbagai komunitas. Anda bisa bertanya, menjawab, atau mengirimkan sesuatu. Memang diperlukan konsistensi dan kesabaran. Namun hasilnya akan membayar. Hasil yang akan dapat akan jauh lebih besar dibandingkan Anda melakukan SPAM.

Mungkin Anda akan mendapatkan 1 atau 2 penjualan tetapi setelah itu Anda bisa diblok atau dibenci
orang. Namun jika Anda bersikap seperti warga yang baik, Anda akan mendapatkan peluang yang lebih baik.

Tujuan aktif di komunitas ialah untuk mendapatkan respek dan kepercayaan dari orang lain di komunitas tersebut. Hal ini bisa Anda dapatkan jika Anda memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi komunitas secara konsisten dan terus menerus.

Rahasia #5: Kreatif
Anda akan dituntut untuk terus aktif, baik pada group maupun halaman Anda sendiri maupun aktif di komunitas. Suatu saat Anda bisa kehilangan ide “mau melakukan apa”. Untuk itulah dituntut kreativitas tinggi agar Anda tetap eksis. Agar halaman dan group Anda tetap segar memberikan manfaat bagi audiens Anda.

Langkah awal sikap kreatif dimulai dengan bahan baku. Bahan baku itu ialah informasi. Jadi jangan malas untuk terus mengupdate informasi agar Anda tidak kehabisan ide. Teruslah membaca buku, membaca ebook, artikel, dan sebagainya sehingga Anda tidak kehabisan ide.

Saat Anda memiliki sebuah halaman, agar halaman Anda terus aktif dan berkembang, Anda harus rajin mengirimkan status, catatan, maupun link yang bermanfaat. Dengan cara itu halaman Anda akan terus berkembang secara viral. Ikuti juga halaman-halaman orang lain. Anda akan banyak menemukan ide untuk halaman Anda. Bukan berarti menjiplak, tetapi inspirasi yang bisa Anda lakukan untuk halaman Anda. Semakin kreatif Anda, akan semakin cepat pertumbuhan halaman Anda.

Rahasia #6: Berpikir Seperti Pembaca
Saat Anda akan mengirimkan sesuatu di halaman atau di group, pikirakan apa yang akan dipikirkan oleh pembaca. Kira-kira bagaimana reaksi mereka. Mungkin bakal ada yang marah, tersinggung, mendukung, memunculkan perdebatan, dan sebagainya. Kemungkinan itu harus diantisipasi sejak awal supaya Anda siap.

Atau jika sekiranya akan membawa akibat yang buruk, sebaiknya batalkan saja. Dari pengalaman, Anda akan mengetahui kiriman-kiriman seperti apa yang disukai atau tidak. Kiriman seperti apa yang memungkinkan memunculkan salah pengertian, termasuk kiriman seperti apa yang akan menjual. Semuanya akan ditentukan oleh target pasar Anda dan topik bahasan Anda.

Jangan karena merasa benar, Anda boleh mengirimkan sesuatu dengan bahasa yang seenaknya. Tujuan baik dengan bahasa yang tidak baik bisa menimbulkan sesuatu yang tidak baik yang akhirnya akan menjadikan halaman atau group Anda ditinggalkan.

Salah satu yang perlu dihindari ialah perdebatan tidak berujung. Bagaimana pun kita merasa benar, akan selalu ada orang yang membantah, meski pun dengan bantahan bodoh atau bantahan kosong. Justru orang macam ini tidak akan pernah berhenti untuk berdebat. Jadi hindari kiriman yang akan mengundang perdebatan. Jika terjadi stop sesegera mungkin.

Kenapa harus menghindari perdebatan? Perdebatan tidak akan menghasilkan penjualan tetapi akan menguras energi dan waktu Anda. Perdebatan adalah sesuatu yang tidak produktif di facebook. Fokuslah mengirimkan sesuatu yang bermanfaat dan menjual.

Rahasia #7: Komunikatif
Facebook adalah media untuk komunikasi. Pemasaran, promosi, dan menjual adalah komunikasi juga. Maka syarat sukses pemasar di facebook adalah harus komunikatif. Artinya harus mampu berkomunikasi dengan baik.

Komunikatif bukan berarti segala ditulis, bahkan menuliskan hal-hal yang tidak perlu. Komunikatif adalah mampu menyampaikan pesan sedemikian hingga penerima pesan mampu menerima maksud pesan tersebut. Sepertinya mudah.

Tetapi karena audien berasal dari berbagai kalangan, kesalahan pengertian mungkin saja terjadi.

Salah satu keterampilan yang dimiliki oleh orang yang komunikatif ialah mampu “mendengarkan” audiens. Dalam dunia facebook, tentu saja yang disebutkan mendengarkan ialah dengan membaca tulisan-tulisan audiens, kemudian dipahami, dan Anda mengirimkan pesan sesuatu dengan bahasa mereka.

Luangkanlah waktu untuk membaca komentar-komentar audiens Anda. Jika perlu catat jika ada sesuatu yang perlu di catat.
Share on Google Plus

About HASAN SHADIQ

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment