Mempromosikan video di facebook

Mempromosikan video di facebook tentunya lebih mudah dari cara-cara sebelumnya. Sebagaimana yang kita tau, facebook merupakan social media terbaik saat ini. Nah silahkan langsung promosikan saja video yang kita miliki.
Ada cara khususnya ga nih? Ada donk hehe…Berikut caranya…

1. Membuat status santai
Ketika kita akan mempromosikan video di facebook, usahakan status yang akan kita buat membuat orang penasaran dan akhirnya memaksa mereka untuk mengklik link tersebut. Kata-kata pada status bisa agak konyol dan lainnya.
Contohnya statusnya bisa seperti ini…
Dinner di restoran mewah tuh dah biasa, gimana kalau “dinner di tengah danau?”. Lihat video ini https://www.youtube.com/watch?v=PkYMzzs8dN8 (Warning, 18+ only ya karena ada adegan plus-plusnya wkwkkwwk)
Status seperti di atas akan memancing banyak orang untuk mengklik link video tersebut karena ada hal yang membuat penasaran di statusnya. Yaitu dinner ditengah danau dan warning 18+, yang mesum langsung merapat kayanya haha =)). Agar statusnya lebih membuat penasaran, jangan aktifkan thumbnail atau gambar video tersebut ketika akan mempublish statusnya.
Dengan status di atas biasanya kita akan mendapatkan beberapa views. Tapi sayangnya untuk jualan, status seperti itu bisa dikatakan kurang tertarget. Gimana cara yang lebih baik untuk membuat status untuk jualan?, lihat point selanjutnya.

2. Membuat status khusus jualan
Banyak orang yang tidak tertarik melihat status jualan. Ya normal, karena tujuan utama facebook adalah social media yang digunakan sebagai tempat berinteraksi dengan yang lainnya. Sama seperti kehidupan sehari-hari, kita juga akan tidak tertarik jika ada orang yang datang ke rumah kita dan langsung menawarkan sebuah produk, tertarik ga kira-kira? haha.
Ada cara khususnya jika kita ingin membuat status jualan yang menarik, dan tentunya menghipnotis seseorang untuk melakukan pembelian. Berikut adalah penjelasannya…

Agar status jualan atau status promosi kita dilirik oleh orang lain…
- Menggunakan gambar yang menarik tapi tetap berhubungan dengan yang ditargetkan
Gambar yang menarik dapat memancing mata orang lain untuk semakin fokus ke status yang kita buat. Om dan tante bisa mencari gambar yang menarik dan sesuai dengan yang sedang di promosikan (atau bisa juga buat gambar sendiri). Contoh gambar untuk status…
Mempromosikan video di facebook
Mereka yang melihat status akan bertanya-tanya. Siapa bayi yang lucu itu dan kue apa yang sedang dipegangnya :D . Sekali dayung dua pulau terlewati. Dah bakal dipuji anaknya ganteng (secara ga langsung juga muji bapaknya nih wkwkwkwk), mereka mungkin juga akan tertarik untuk melakukan pembelian (karena merasa penasaran haha).

Contoh gambar lagi…
Mempromosikan video di facebook
Gambar di atas bisa kita gunakan untuk status jualan obat herbal pemutih. Contoh statusnya bisa seperti ini “Daripada pusing mikirin obat ganteng, mending coba Fimelia, terbukti bikin ganteng.

- Membuat status dengan struktur yang menarik
Masih di pembahasan membuat status untuk jualan. Selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah dengan membuat status yang memiliki struktur yang menarik.
Maksud struktur yang menarik adalah kita sudah memikirkan pola status yang akan kita buat. Yang mana di dalam status itu terdapat short story (cerita pendek permasalahan jika belum membeli atau menggunakan produk tersebut). Di status tersebut juga harus terdapat penjelasan singkat (tapi bikin penasaran) mengenai produk yang sedang kita promosikan.
Oya ketika membuat status, kita juga bisa menggunakan bahasa yang santai juga. Contoh statusnya seperti di bawah ini…
Menurut beberapa suvey, saat ini banyak orang yang menjomblo karena kurang Pd dengan penampilan mereka dan juga karena trauma setelah ditolak beberapa kali.
Jangan khawatir lagi…Dengan Fimelia, wajah kamu akan semakin bersinar dan tentunya semakin ganteng atau semakin cantik. Fimelia adalah obat herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami yang sudah terbukti khasiatnya. Fimelia juga sudah terdaftar di Depkes dan MUI, jadi ga perlu khawatir karena fimelia sangat aman untuk dikonsumsi.
Fimelia, obat ampuh untuk para jomblo. Biarkan diri kamu menjadi rebutan setelah menggunakan fimelia!. Info lanjut silahkan kunjungi www.fimelia.com .
Contoh strukturnya seperti di atas. Om dan tante tentunya dapat menentukan strukturnya sendiri ya. Silahkan brekrasi dan gunakan imajinasinya.
Usahakan untuk menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti dan kata-kata yang menarik. Syukur-syukur jika kemudian banyak orang yang berkomentar di status tersebut. Dengan banyaknya komentar yang masuk ke status itu maka status tersebut pun akan menjadi lebih mudah untuk tersebar ke orang-orang lainnya.

3. Membuat status yang menarik dan memancing orang untuk melakukan share
Selanjutnya yang bisa kita lakukan di facebook adalah membuat status yang menarik dan bermanfaat bagi orang lainnya. Status-status seperti ini biasanya akan memancing orang untuk men-share status tersebut (dan secara tidak langsung, mereka jg mempromosikan produk kita).
Contohnya seperti status video lucu, status informasi yang menarik atau informasi yang sedang ramai dibicarakan dan lainnya. Nah di status-status tersebut kita bisa memasukkan apa yang sedang kita promosikan. Tapi ingat, jangan terlalu sering juga ya hehe. Kalau terlalu sering nanti banyak orang yang akan bosan dengan apa yang kita lakukan.
Misal,
Carilah video-video unik atau video yang lucu. Contohnya video anak kecil yang jago main gitar atau video bayi sedang joget. Kemudian buat status dengan mengupload video tersebut dan masukkan apa yang ingin kita promosikan pada bagian akhir status tersebut.
Contohnya seperti ini…
Mempromosikan video di facebook
Anggap saja gambar di atas adalah video kucing lucu yang sudah kita upload di facebook. Misal kucing-kucing yang lagi pacaran. Nah pada bagian akhir status tersebut kita bisa menambahkan promosi kita, contohnya…
Kucing aja bisa punya jodohnya, masa kamu ga? Lihat disini (link)…
Semakin banyak orang yang menshare status kita maka tentunya akan semakin baik.

4. Membuat kontes kecil-kecilan di facebook
Hampir sama seperti yang pernah kita bahas sebelumnya. Kita juga bisa membuat kontes kecil-kecilan untuk mempromosikan video yang kita miliki. Hadiahnya ga perlu terlalu besar. Yang penting kontes yang kita adakan konsepnya harus tepat dan menarik.
Misal,
- Hadiahnya adalah sebesar Rp.500.000
- Syarat untuk kontes tersebut adalah memposting video yang kita miliki di status mereka
- Dan yang jadi pemenang adalah status yang paling banyak dikomentari
Misal lagi,
- Hadiahnya adalah sebesar Rp.1.000.000
- Syarat untuk kontes adalah memposting video yang kita miliki di status mereka
- Dan yang jadi pemenangnya adalah status yang paling banyak dishare oleh orang lain
Misal lagi lagi,
- Hadiahnya adalah sebesar Rp.2.500.000
- Syarat untuk kontes tersebut adalah membuat video yang berkaitan dengan yang sedang kita promosikan kemudian menguploadnya di youtube
- Setelah itu mereka wajib mengirimkan link video mereka ke kita
- Lalu kita membuat status untuk video-video tersebut (satu status untuk satu video)
- Status yang paling banyak komentarnya, maka pemilik video tersebutlah yang menang
Dengan melakukan kontes kecil-kecilan seperti ini mungkin apa yang sedang kita promosikan akan semakin tersebar nantinya. Om dan tante boleh melakukannya boleh juga tidak. Semua tergantung om dan tante saja ya. Jika ditanya apakah pasti hasilnya akan baik? Saya tidak bisa menjawabnya karena tidak ada yang pasti di dunia ini ;).
***
Sebelum kita lanjut ke pembahasan lainnya, saya ingin om tante mengetahui satu hal penting pada facebook. Yaitu sering-seringlah berinteraksi dengan teman-teman facebook lainnya. Misal me-like dan memberikan komentar di status orang lain dan balaslah komentar yang ada di status kita dengan kata-kata yang memancing komentar lainnya. Dengan demikian kita akan semakin dekat dgn teman-teman lainnya dan edge rank kita pada facebook akan semakin baik.

5. Memanfaatkan Grup dan Fanspage yang ada di facebook
Kita juga bisa melakukan promosi di grup atau fanspage yang ada di facebook. Silahkan dicari saja di kotak pencarian facebook. Misal yang sedang ingin kita promosikan adalah produk kecantikan, maka grup atau fanspage yang kita cari adalah grup dan fanspage yang masih berhubungan dengan kecantikan tersebut.
Biasanya grup dan fanspage yang berhubungan dengan kecantikan adalah yang membahas tentang wanita, grup dan fanspage tentang shopping, grup dan fanspage hangout dan lainnya.
Contoh gambar,
Mempromosikan video di facebook
Silahkan bergabung di grup atau fanspage tersebut. Oya jangan langsung melakukan promosi ya. Untuk melakukan percobaan silahkan buat akun facebook baru saja hehe.
Setelah bergabung di grup dan fanspage yang kamu inginkan. Selanjutnya usahakan untuk rajin memberikan komentar (tanpa link promosi). Jika kamunya sudah cukup aktif, barulah coba membuat posting promosi pada grup atau fanspage tersebut.
Untuk menghindari spam, om dan tante bisa melakukan promosi soft sales. Yaitu promosi secara tidak langsung. Buatlah post yang berhubungan dengan topic fanspage atau grup tersebut dan pada bagian akhirnya selipkan apa yang ingin kita promosikan.

6. Memasang iklan pada facebook
Kita juga bisa mempromosikan video kita dengan menggunakan facebook ads. Tapi Saya tidak akan membahas secara detail tentang cara memasang iklan di facebook ya. Bisa panjang juga kayanya kalau saya jelaskan secara detail ;)).
Yang perlu diperhatikan ketika memasang iklan di facebook adalah…
- Gambar yang digunakan
Gambar yang digunakan haruslah menarik serta membuat orang semakin penasaran dengan iklan tersebut. Gambar ini juga harus membuat orang terhipnotis untuk mengklik iklannya.
- Pengaturan judul dan deskripsi iklan
Judul dan deskripsi iklan pun harus menarik dan tentunya harus sesuai dengan yang sedang kita promosikan. Kita juga bisa membuat kata-kata yang konyol, membuat penasaran, memanfaatkan moment yang lagi ramai dan lainnya. Tujuannya agar mereka yang melihat iklan mau lebih fokus ke iklan tersebut dan akhirnya mengklik link yang ada di iklan.
- Menentukan target iklan
Target iklan juga sangat penting. Ketika menentukan target atau audience dari iklan tersebut, kita harus benar-benar memahami apa yang sedang kita promosikan. Anggap saja diri kita adalah orang yang menjadi target dari iklan produk yang kita promosikan. Apa yang akan kita suka, bagaimana karakter kita, berapa umurnya dan lainnya. Biasanya ketika melakukan analisa target atau audience, saya lebih sering menggunakan “nalar dan hati” hehe.
- Format iklan juga penting (Per klik atau per engagement)
Saya sih lebih suka iklan dengan system per engagement. Dan biasanya saya juga memilih auto optimized untuk harga iklannya. Tujuan saya memilih hal tersebut adalah agar harga iklan menjadi lebih murah jika banyak orang yang mengklik iklan tersebut. Ya saya sering mendapatkan harga $0,00. Gratis? Ga juga haha. Harga tersebut adalah hasil perhitungan facebook dari jumlah munculnya iklan dengan jumlah klik yang terjadi pada iklan tersebut.
Oya ada Tools yang bagus untuk yang ingin memasang iklan di facebook, yaitu social scrape. Tools ini akan membantu om dan tante untuk mendapatkan audience yang benar-benar tertarget. Untuk membeli tools ini silahkan kunjungi ratakan dan cari social scrape.

Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment